Tips Merawat Kaca Mobil Saat Musim Hujan Tiba

  • Whatsapp
cara merawat kaca mobil

Tips Merawat Kaca Mobil – Indonesia setiap tahunnya mengalami musim hujan selama setengah tahun, bagi Anda para pemilik mobil harus terus melakukan perawatan dengan rutin. Salah satunya adalah kaca mobil yang mudah muncul baret apalagi jamur jika tidak dirawat dengan benar.

Air hujan seringkali membawa debu pasir halus yang bisa menimbulkan baret. Sedangkan air hujan yang menempel bisa menimbulkan bekas yang sulit dibersihkan. Apakah selama ini Anda sudah melakukan perawatan dengan benar?

Jika belum, simak tips merawatnya agar kaca mobil tetap kinclong walaupun saat musim hujan.

5 Tips Perawatan Kaca Mobil Tetap Kinclong Saat Musim Hujan

Kaca mobil memiliki peranan yang sangat penting bagi pengendara. Ketika kaca mobil kotor Anda tentu akan merasa kesulitan untuk dilihat jalanan baik saat hujan atau malam hari.

Kondisi seperti tetesan air yang tidak hilang dengan baik walaupun sudah menggunakan wiper perlu diwaspadai. Perlu Anda ketahui ketika kaca mobil berjamur akan menimbulkan tampilan buram dan pantulan sinar lampu mobil di arah berlawanan sangat mengganggu.

Jamur pada kaca mobil lebih cepat muncul pada musim hujan, lebih baik untuk menghindari pertumbuhan jamur dengan merawatnya secara rutin. Beberapa tips berikut ini bisa Anda lakukan untuk merawat kaca mobil saat musim hujan tiba nanti.

1. Cek Kekenyalan Karet Wiper

Karet wiper mobil harus tetap terjaga kekenyalannya karena mempengaruhi kemampuannya untuk menghalau air hujan yang menempel di kaca. Kondisi karet yang baik adalah kencang, tidak terlalu longgar.

Air hujan yang turun dari atap mobil biasanya yang sering mengganggu pandangan dan perlu dihalau oleh karet wiper dengan baik. Kekenyalan karet ini bisa dijaga dengan mengaplikasikan cuka yang dicampur air perbandingannya 1:1.

Setelah itu oleskan juga cairan khusus untuk karet wiper sehingga usianya lebih panjang. Karet wiper terletak di bagian luar sehingga membuatnya lebih cepat mengeras. Jika melakukan perawatan dengan benar maka akan lebih awet.

2. Isi Ulang Reservoir Wiper

Walaupun musim hujan, reservoir wiper harus tetap terisi karena air hujan tidak akan bersih jika Anda tidak membersihkannya dengan air wiper. Dibutuhkan cairan khusus yang akan membuat air hujan hilang dan kaca tetap bersih.

Ketika Anda kehabisan cairan khusus ini Anda bisa memanfaatkan air yang dicampur dengan sedikit sabun cair. Pastikan sabun yang digunakan bersifat lembut seperti shampo mobil. Hanya saja campurkan dengan air sedikit saja agar tidak terlalu berbusa.

3. Jangan Lupa untuk Rajin Cuci Mobil

Ketika mobil sering digunakan kala hujan, Anda harus semakin rajin mencucinya. Bukan hanya kaca mobil saja yang terjaga kebersihannya tetapi juga body mobil. Ketika dicuci, pastikan Anda menggunakan air bertekanan sehingga semua kotoran seperti lumpur rontok.

Hal ini juga akan menghindar noda air hujan muncul pada kaca dan juga body mobil. Dengan begitu resiko jamur tumbuh semakin berkurang. Begitu juga setelah mencuci, Anda juga harus segera mengeringkan mobil supaya tidak ada noda air lagi.

4. Manfaatkan Rain Repellent

Tips selanjutnya adalah memanfaatkan rain repellent pada kaca. Cairan ini akan menjaga supaya kaca mobil jernih walaupun terkena air hujan. Rain repellent juga membantu kaca supaya tidak muncul goresan yang membuat cahaya menjadi lebih silau.

Berikan rain repellent setelah mobil usai dicuci secara rutin. Anda bisa mengaplikasikannya saat musim hujan saja.

5. Hindari Menjemur Mobil

Apakah Anda sering menjemur mobil setelah mencucinya? Hindari menjemur karena langkah ini akan membuat kaca mobil semakin buram. Selain merusak kaca, karet mobil juga akan lebih cepat rusak karena panas matahari.

Jangan Lupa Cek Kondisi Mobil di Bengkel Resmi Suzuki Nusantara Sentosa

Selain memperhatikan soal kaca mobil, cek juga secara rutin kondisi mobil Anda di bengkel resmi Suzuki terdekat. Bagi Anda yang tinggal atau sedang berada di wilayah Bandung bisa mengunjungi dealer dealer resmi Suzuki Nusantara Jaya Sentosa.

Jika Anda merasa kebingungan untuk mencari lokasi bengkel, bisa mengakses website suzukinjs.co.id terlebih dahulu. Selama menggunakan website ini pastikan fitur GPS aktif sehingga Anda akan mendapat rekomendasi lokasi bengkel terdekat.

Melalui situs resmi terbaru Suzuki ini Anda juga bisa booking jadwal servis jadi tak perlu antri lagi. Anda juga bisa juga memesan sparepart serta mendapatkan informasi mengenai mobil Suzuki di website ini.

Suzuki menciptakan website terbaru ini demi kenyamanan Anda dalam merawat mobil kesayangan. Jangan sampai lupa untuk telat servis, karena prosesnya kini semakin mudah melalui website.

Baca juga artikel yang lain berikut ini :

Pos terkait