Tips Merawat Kaca Helm Biar Awet dan Tetap Kinclong

  • Whatsapp
Yogyakarta, Bisaotomotif.com – Helm adalah salah satu aksesoris yang wajib dikenakan saat mengendarai sepeda motor, terutama bila mengendarainya di jalan raya atau di kota. Sudah pasti harus bahkan wajib, bila tidak memakai ya resikonya bisa kena tilang yang ujung-ujungnya hanya merepotkan diri sendiri saja.
Banyak masyarakat yang hanya menggunakan helm sekedarnya saja dan semata-mata karena aturan yang mengikatnya, yaa tujuannya biar ngga ditilang polisi, dah gitu aja. Padahal, yang jauh lebih penting dari itu adalah segi keamanannya. Helm digunakan ya untuk keamanan kepala kita saat kita berkendara.
Terkadang helm yang kita pakai jarang sekali dirawat, terutama kacanya. Helm saya sendiri juga demikian, sampai berdebu bahkan ada bercak atau goresan yang sudah membekas dan tidak bisa dihilangkan lagi.
Bercak atau goresan itu tentu saja akan menganggu, karena kaca helm sudah tidak jernih lagi. Ditambah kaca helm yang kurang bagus akan menimbulkan silau ketika terkena cahaya lampu dari arah depan.
Tips Merawat Kaca Helm Biar Awet
Tips Merawat Kaca Helm Biar Awet
Lalu, bagaimana sih tips merawat kaca helm biar awet dan tetap kinclong? Terutama buat kaca helm yang memiliki gradiasi warna nih bila dilihat dari luar helm. Simak aja deh tipsnya berikut ini :
1. Lepas kacanya dan bersihkan
Cara yang paling mudah untuk membersihkan kaca helm adalah dengan melepasnya, lalu membersihkannya dengan air yang ditaruh di dalam ember. Cukup dicelupkan dan di goyang-goyangkan saja. Tujuannya untuk menghilangkan debu-debu yang menempel pada kaca helm.  Atau bisa juga disiram menggunakan air yang bersih.
2. Biarkan kering dan kemudian lap
Helm yang sudah dicuci bersih (tanpa sabun ya), kemudian biarkan kering dengan cara diangin-anginkan. Jangan langsung dijemur dibawah terik matahari yaaa!. Setelah kering kemudian lap kaca helm tersebut dengan tisu halus atau karnebo yang bersih. Baca juga : Bagaimana cara menghilangkan bau pada helm
3. Jangan gunakan sabun
Iyaa, sabun memang kurang bagus untuk kaca helm. Terutama untuk kaca helm yang visor iridium (atau yang memiliki gradiasi warna bila dilihat dari luar). Sabun akan membuat lapisan warna tersebut cepat mengelupas.
Demikian artikel mengenai Tips Merawat Kaca Helm Biar Awet dan Tetap Kinclong, semoga bermanfaat dan terimakasih banyak.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *