Supaya Tidak Gagal Mudik, Yuk Lakukan Servis Ringan dan Tips Mudik Bersama Hunter Indonesia Berikut Ini

  • Whatsapp
Tak terasa kita sudah memasuki bulan yang penuh berkah, bulan yang penuh dengan kedamaian, bulan dimana para karyawan mendapatkan THR, intinya semua bahagia. Bahagia juga karena sebentar lagi kita akan memasuki momen mudik tahun 2018, momen dimana orang yang merantau akan kembali ke-kampung, momen dimana stasiun televisi isinya berita mudik semua. momen dimana waktu banyak dihabiskan dijalan dan pastinya momen yang begitu membahagiakan karena sebentar lagi akan berkumpul bersama keluarga tercinta.

Agar perjalanan mudik aman dan nyaman pasti perlu persiapan tertentu, terutama bagi mereka yang menggunakan jalur darat sebagai pilihan mudik tahun ini. Apakah anda salah satunya? Jika iya, simak tips berikut ini ya, agar selamat sampai tujuan. Ingat !! Dibalik perjalanan jauh kalian ada keluarga yang menanti.

Tips Mudik Aman dan Nyaman Bersama Hunter Indonesia – Himawan Putra

1. Periksa Barang Bawaan
Sebelum berangkat pastikan periksa barang bawaan anda, pastikan tidak ada yang tertinggal. Jangan lupa logistik selama perjalanan juga disiapkan, ngga mau kan selama perjalanan kelaparan. Oleh-olehnya juga.

2. Kondisi Driver dan Penumpang
Kondisi jalan tidak dapat kita prediksi, maka dari itu kalian harus menjaga kesehatan agar mudik kalian dapat berjalan dengan lancar.

3. Kelengkapan Kendaraan
Kelengkapan kendaraan juga perlu dipersiapkan nih, apa saja nih kira-kira? Sparepart cadangan, ban cadangan, serta alat-alat penting seperti dongkrak dan tool box set.

4. Service Kendaraan
Sebelum mudik siapkan mobil anda sebaik-baiknya dari mulai kebersihan sampai ke mesin-mesinnya. Persiapannya antara lain, service rutin mesin (tune up), cek rem, spooring dan balancing.

Khusus dalam artikel kali ini kita akan bahas tuntas tentang seberapa penting spooring dan wheel balancing untuk kendaraan kita. Salah satu faktor utama pentingnya sporing dan balancing adalah kenyamanan dalam berkendara, memangnya kalau tidak di sporing atau dibalancing mobil tidak nyaman? Iyaaa tentu, dapat anda lihat pada gambar dibawah ini ciri-ciri mobil yang perlu dilakukan sporing dan balancing.

Ciri-ciri-mobil-yang-perlu-dibalancing
Ciri mobil yang perlu di sporing

Item-item diatas juga merupakan indikator bahwa anda perlu melakukan sporing dan balancing. Misal ketika anda menemukan ban mobil anda keausannya tidak normal, maka anda perlu melakukan pemeriksaan lebih lanjut, salah satunya melakukan spooring dan balancing.


#Bukan hanya nyaman yang di dapat tapi juga Aman

Bukan hanya nyaman tapi juga aman


Sporing yang bagus akan menciptakan kestabilan dalam pengemudian, ketika setelan komponen wheel alignmentnya (nama lain spooring) tidak beres maka akan berdampak pada ketidakstabilan pengemudian, di jalan lurus misalnya. Apabila tangan kita lepas dari kemudi, maka kendaraan akan tidak stabil, maunya belok ke kanan terus misalnya. Tentu ini hal yang membahayakan bukan bagi anda dan keluarga anda. So, lebih baik anda lakukan spooring dan balancing sebelum mudik lebaran tahun ini agar mobil anda aman dan nyaman untuk dikemudikan. Ngga mau kan gagal mudik?


#Dimana kita bisa melakukan spooring dan balancing?

Butuh teknologi pasti untuk ketahui kondisi kaki-kaki
Butuh teknologi pasti untuk ketahui kondisi kaki-kaki


Untuk melakukan spooring dan balancing tidak semua bengkel mobil bisa melakukannya, hanya bengkel-bengkel tertentu saja yang dapat melakukan spooring dan balancing. Karena proses pemeriksaannya ini membutuhkan peralatan khusus dan tidak bisa dilakukan dengan tangan kosong atau secara manual. Salah satu teknologi khusus yang digunakan untuk memeriksa sporing dan kaki-kaki adalah hunter. Dengan hunter proses pemeriksaan kaki-kaki dan wheel aligment semakin cepat, bahkan dalam video dibawah ini pemeriksaannya hanya membutuhkan waktu 70 detik saja. Wow.

Jadi memeriksa wheel aligment tidak bisa dilakukan dengan menebak-nebak atau berdasarkan perkiraan/feeling. Tetapi harus dengan alat khusus atau teknologi yang mutakhir yang dirancang untuk mengukur dan menyetel point-point wheel alignment (toe, chamber, caster) dll.

Alat khusus untuk memeriksa kaki-kaki dan wheel aligment bermerk hunter ini di distributori oleh PT. Himawan Putra yang merupakan distributor tunggal yang ada di Indonesia. Anda dapat melihat proses wheel aligment dan wheel balancing dibawah ini :

70 Second Aligment Check 
sumber : www.hunter.com
Wheel Balancing
Sumber : www.hunter.com

Pastikan anda ke-bengkel yang memiliki alat seperti yang ada di video tersebut yaa, karena hanya dengan alat tersebut roda anda akan benar-benar balance. Untuk melihat bengkel mobil maupun bengkel modifikasi mobil yang sudah menggunakan alat khusus dengan brang Hunter Indonesia dapat mengunjungi website berikut ini www.himawanputra.com/partners.

Salam otomotif :). Jangan lupa di servis mobilnya yaa, biar ngga gagal mudik gara-gara mobilnya bermasalah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar