Review Suzuki XL7, Mobil Gagah Impian Kaum Muda

  • Whatsapp
review mobil suzuki xl7

Review Suzuki XL7, Mobil Gagah Impian Kaum Muda – Setelah sempat mati suri dari tahun 2006 akhirnya Suzuki menghidupkan lagi nama XL7 pada tahun 2020. Pertama kali dikenalkan tahun 2003 sebagai salah satu pionir SUV 7 penumpang.

Namun hingga saat ini para konsumen masih melekat, hingga pada tahun 2020 mulai diluncurkan Suzuki XL 7, sehingga mobil gagah ini menjadi mobil impian kaum muda.

Berbeda dengan Grand Escudo XL7 yang pernah diluncurkan pada 17 tahun yang lalu, Suzuki XL7 ini mengambil rangka dari Allah New Ertiga yang diubah menjadi SUV.

Tipe ini dianggap unik karena hanya menggunakan dua atau tiga huruf, hal ini diambil dari kawanan serigala. Sekumpulan serigala memiliki urutan Alpha, Beta dan Zeta. Seringkali seri ini dianggap sebagai Ertiga yang hanya berganti wajah. Namun ini dianggap salah karena menurut Suzuki Indonesia ada sekitar 211 komponen yang berbeda.

Suzuki XL7 Bukan Hanya Ertiga Yang Ganti Tampilan

1. Eksterior Suzuki XL7 2020

Memiliki desain gagah karena terlihat dari grill, kap mesin serta headlamp hingga bumper yang cukup berotot. Disebut dengan desain muscular, yang memiliki kesan tebal serta gagah dan tentunya sangat berbeda dengan Ertiga.

Ditambah lagi dengan kelir two tone yang ada dalam Alpha tentunya menambahkan kesan tangguh.

Memiliki lampu bohlam jenis LED ini dilengkapi dengan fitur auto on, jika sensor mendeteksi gelap lampu akan menyala dengan otomatis. Akan sangat cocok untuk menembus kabut tebal karena lampu ini berwarna kuning.

Pada bagian samping memiliki body over fender yang berwarna hitam membuat mobil menjadi lebih SUV. Memiliki lingkar roda yang besar dan memiliki ban yang lebih tipis, namun gantungan suspensi nya masih lembut karena menggunakan ban DUNLOP yang lentur.

Memiliki dimensi mobil yang lebih panjang dari seri Ertiga, Allha menjadi tipe yang paling mahal dari tipe lainnya. Memiliki harga yang lebih mahal ini dikarenakan terdapatnya berbagai aksesoris resmi dari Suzuki.

Bagian belakang yang tampak lebih kekar karena menggunakan bumper yang lebih sporty, dan juga terdapat mata kucing untuk visibilitas lebih baik saat digunakan malam hari. Lampu belakang yang menggunakan bohlam led dan tentunya lebih terang dan hemat daya.

Memiliki cladding pada bagian bawah bumper yang semakin membuat mobil ini menjadi SUV, memiliki jarak terendah lebih dari seri Ertiga. Suzuki apda seri ini telah merubah sokbreker stopper dan spring rate, namun handling masih nyaman untuk dikendarai.

2. Interior Suzuki XL7 2020

Pada seri ini masih tetap mempertahankan dashboard dari seri Ertiga, yang sedikit membedakan yaitu pada warna yang lebih dicat hitam untuk menambah kesan sporty. Selain itu pada bagian tengah yang menggunakan serat karbon yang terlihat lebih sporty.

Pada stir telah dibalut dengan kulit agar menjadi lebih mewah dan lebih nyaman dengan menggunakan desain yang lebih flat bottom seperti mobil mewah. Selain itu setir dapat diatur naik turun meskipun belum bisa telescopic. Terdapat juga tombol pengatur audio dan bluetooth pada setir.

Menggunakan kombinasi dari kulit sintetis serta fabric pada kursi mobil membuat tampilan semakin mewah. Para pengguna akan semakin nyaman karena joknya lebih empuk saat menyangga tubuh, dan dilengkapi dengan Height adjuster.

Namun pada kursi kedua tidak terdapat Height adjuster namun terdapat seatbelt pada baris 2 dan juga 3 kursi dan juga terdapat cup holder pada kursi bagian belakang.

Bagasinya yang cukup luas dan kursi dapat dilipat secara rata akan sangat memudahkan Anda. Yang menarik dari bagasi yaitu terdapat kompartemen tambahan di bawahnya sehingga akan sangat banyak menampung barang bawaan.

3. Fitur Suzuki XL7 2020

Pada tipe Alpha menjadi tipe yang lebih mahal dari yang lain karena terdapat banyak fitur didalamnya. Terdapat Smart E – Mirror yang multifungsi dapat digunakan sebagai spion atau dashcam dan juga dapat dijadikan untuk kamera parkir.

Serta dilengkapi dengan head unit touchscreen 8 inch, didalamnya para dapat melakukan banyak hal selain itu kualitas suaranya yang bagus karena telah menggunakan 4 speaker dan juga dua tweeter.

Pada fitur keselamatan telah dilengkapi dengan ABS untuk mencegah tempat mengunci secara mendadak. Lalu ada EBD untuk membagi tekanan rem kepada roda roda, HHC untuk menjaga mobil saat tanjakan, ESP untuk menjaga mobil pada jalurnya.

Perkiraan Harga Suzuki XL7

Terakhir, saya akan memberikan informasi terkait perkiraan harga lengkap dari Suzuki XL7 berdasarkan website resmi dari Suzuki Indonesia, akan tetapi perlu dicatat bahwa harga sewaktu-waktu dapat saja berubah.

  • XL7 ZETA M/T kisaran harga Rp 236.500.000
  • XL7 ZETA A/T kisaran harga Rp 247.000.000
  • XL7 BETA M/T kisaran harga Rp 253.000.000
  • XL7 BETA A/T kisaran harga Rp 263.500.000
  • XL7 ALPHA M/T kisaran harga Rp 263.000.000
  • XL7 ALPHA A/T kisaran harga Rp 273.500.000

Demikian review singkat mobil suzuki XL7. Anda dapat membaca review mobil yang lain berikut ini :

Pos terkait