Rahasia Cara Menjual Mobil Bekas Cepat Laku

  • Whatsapp

Cara Menjual Mobil Bekas – Kegiatan menjual mobil yang lama dan membeli baru merupakan hal umum terjadi. Paling tidak, uang hasil penjualan dari mobil yang lama bisa digunakan untuk menambah biaya membeli mobil baru.

Namun sebelum membeli mobil baru, Anda diharapkan telah menjual mobil lama terlebih dahulu. Lalu bagaimana cara menjual mobil bekas cepat laku? Salah satu caranya bisa menjual ke dealer.

Cara menjual mobil bekas ke dealer bisa menjadi alternatif penjualan apabila mobil tidak laku-laku. Menjual mobil bekas bukan perkara mudah, hal ini dikarenakan konsumen harus cocok terlebih dahulu dengan barang yang Anda jual.

Diperlukan strategi jitu yang bisa dan faktor-faktor penunjang agr pembeli menginginkan mobil Anda untuk dibeli. Hal tersebut berhubungan dengan cara menjual mobil yang efektif dan efisien. Selain itu, cara tersebut juga menjadi cara menjual mobil bekas cepat laku agar biaya penjualan mobil bekas tersebut bisa digunakan untuk tambahan membeli mobil baru.  

Trik Jitu! Cara Menjual Mobil Bekas Cepat Laku 

Perkara menjual mobil tidak semuah menjual barang biasa pada umumnya. Mobil sendiri harganya sering naik turun, kadang nominalnya tinggi dan kadang rendah. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara menjual mobil bekas cepat laku yang bisa dilakukan. Di bawah ini akan dijelaskan trik atau cara jual mobil bekas:  

1. Pastikan Kondisi Mobil dalam Keadaan Baik

Sebelum Anda jualan mobil bekas, maka langkah awal yang perlu dilakukan adalah dengan mengecek kondisi mobil baik ekterior maupun interior. Jika ditemukan bagian-bagian mobil yang sudah tidak lagi baik, maka Anda bisa memperbaiki atau menggantinya terlebih dahulu.

Periksa hingga hal-hal kecil seperti bagian dasbor, mesin, ban, tempat duduk, hingga bagasi agar tidak luput dari pengecekan kondisi.  

Gantilah semua bagian yang perlu untuk diperbarui atau diganti. Hal ini dilakukan supaya calon pembeli bisa melihat kondisi mobil dalam keadaan yang baik dan tidak ada complain ke depannya pasca mobil terjual. Pastikan juga body mobil sudah dibersihkan agar pembeli semakin tertarik untuk membelinya.

Dari situ, pembeli tidak akan segan untuk merogoh kocek membeli mobil bekas yang terawat dengan baik. Bersihkan juga bagian dalam mobil secara berkala agar terjaga bersihnya.  

2. Cek Harga Pasaran

Jika kondisi mobil bekas yang akan dijual terjaga baik kondisi dan kebersihannya, maka selanjutnya yang perlu dilakukan adalah dengan cek harga pasar. Pengecekan harga pasar ini bisa dilakukan di internet, koran, maupun majalah.

Hal ini berguna bagi Anda agar mengetahui patokan harga agar tidak terkesan memberi harga yang terlalu tinggi atau terlalu rendah. Apabila Anda memasang harga terlalu rendah, maka akan rugi. Namun, jika memasang terlalu tinggi, maka mobil susah laku.

3. Pasarkan Mobil Bekas yang Akan Dijual

Cara utama yang harus Anda lakukan agar mobil cepat laku adalah dengan pemasaran yang tepat dan jitu. Saat ini ada banyak cara pemasaran mobil bekas, bisa memasang iklan di koran atau majalah dan bisa juga melalui sosial media.

Jangan lupa untuk memasarkan di forum jual beli mobil bekas, karena di sana banyak orang bergabung untuk mencari atau membeli mobil bekas. Selain itu, Anda juga bisa memarkirkan mobil di tempat strategis dan banyak dilihat orang serta pasang stiker DIJUAL di mobil.

4. Perlengkapan

Jangan lupa untuk mempersiapkan segala perlengkapan mobil meskipun hal ini merupakan hal sepele. Dari sini, terkadang bisa menjadi daya tarik kuat yang bisa menarik pembeli untuk melakukan pembelian terhadap mobil yang dijual.

Perlengkapan mobil yang bisa dipersiapkan antara lain: kunci roda dan dongkrak serta segitiga merah pengaman. Setiap mobil tentu memiliki alat ini, namun Anda bisa ceritakan ulang kepada calon pembeli jika mobil ini masih dilengkapi alat-alat tersebut.

5. Tunjukkan Bukti Riwayat Perawatan Rutin

Bukti riwayat perawatan rutin ini bisa meyakinkan calon pembeli untuk membeli mobil Anda meskipun harga yang ditawarkan lebih mahal dari rata-rata harga pasaran.

Hal ini bisa terjadi apabila Anda sudah melakukan perawatan dibengkel resmi secara berkala sesuai dengan anjuran dibuku pedoman. Tunjukkan label atau stiker bukit perawatan rutin oleh bengkel resmi.

6. Sambut Calon Pembeli Anda Dengan Baik

Ketika Anda sudah janjian dan akan bertemu dengan calon pembeli, maka jangan lupakan budaya kekeluargaan dan ramah tamah. Apabila Anda bisa menunjukkan sikap persaudaraan dengan calon pembeli Anda, maka membuat calon pembeli tersebut untuk melakukan deal dengan harga yang pantas.

7. Menentukan Harga Penawaran

Tawarkan harga mobil bekas dengan harga yang pantas dan jujurlah dengan kondisi mobil Anda. Dengan kejujuran tersebut, maka harga yang Anda tawarkan terdengar rasional. Dengan itu, maka bisa diketahui berapa harga rata-rata mobil bekas dipasaran untuk jenis mobil Anda dan kondisinya.

Tawar menawar merupakan hal yang lazim dilakukan dalam kondisi jual beli, apalagi barang yang dijual adalah mobil bekas. Anda bisa antisipasi ketika calon pembeli mulai menawar harga. Apabila calon pembeli mulai menawar, Anda bisa tunjukkan kelebihan yang bisa didapatkan jika membeli mobil bekas tersebut.

Ambil salah satu contoh, katakana kepada pembeli apabila kilometernya masih sedikit. Katakan juga apabila mobil tersebut merupakan milik pribadi bukan sewaan. Katakan juga jika mobil Anda full variasi dan baru perpanjang STNK. Kemas perkataan tersebut dengan kata-kata yang menarik agar calon pembeli tertarik untuk membeli mobil.

8. Jangan Terburu-Buru

Dalam kasus jual beli, ada saja calon pembeli yang sudah berpengalaman. Biasanya hal seperti ini adalah oknum pedagang yang tujuannya untuk dijual kembali. Ciri-cirinya orang yang seperti ini biasanya mencari kekurangan mobil untuk menjatuhkan harga yang ditawarkan. Jika Anda menemui calon pembeli ini, maka sulit untuk menjual kepada mereka dengan harga yang pantas.

Hal ini disebabkan karena akan ada saja yang dipermasalahkan. Biasanya mereka menawar dengan mempermasalahkan harga awal dan memberi informasi bahwa mobil jenis ini sedang turun dipasaran. Jika Anda menemuinya, tetaplah bersikukuh dengan harga yang Anda tawarkan. Hal ini bertujuan supaya mereka cepat menentukan pilihannya untuk membeli mobilnya atau tidak.

Jadi bersabarlah dalam menjual mobil bekas. Akan sangat disayangkan apabila mobil yang sebenarnya bisa laku dengan harga sesuai rata-rata pasaran harus jatuh banyak.  

Jadi bagaimana? Sudah mengerti dan jelas tentang apa saja cara menjual mobil bekas cepat laku. Anda bisa mencoba untuk menggunakan cara diatas dalam melakukan penjualan mobil bekas.

Menjual mobil harus dikerjakan dengan sabar, dan bila perlu lakukan dzikir jual mobil cepat laku. Sekian pembahasan mengenai artikel jual mobil bekas cepat laku, sampai bertemu dipembahasan lainnya!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *