Peringkat IndustrI Otomotif Indonesia, Jadi Terbesar Kedua se-Asia Tenggara

  • Whatsapp
Bisaotomotif.com – Industri otomotif adalah salah satu industri terpotensial di Indonesia, dengan total penduduk hingga 260 juta jiwa, ditambahbah kesejahteraan yang sudah mulai mampu untuk membeli mobil. Tidak heran apabila Indonesia menempati posisi kedua setelah Thailand dengan negara yang memiliki Industri manufaktur mobil terbesar di Asean.
Industri mobil memang menjadi industri manufactur yang sangat penting bagi Indonesia, banyak perusahaan-perusahaan mobil di dunia membuka pabrik di Indonesia, mengingat Indonesia adalah pasar potensial yang sangat besar.
Tidak hanya dijual didalam negeri, tapi nyatanya mobil yang di produksi di Indonesia juga di ekspor ke-beberapa negara di wilayah Asia Tenggara. 
Peringkat IndustrI Otomotif Indonesia, Jadi Terbesar Kedua se-Asia Tenggara
Peringkat IndustrI Otomotif Indonesia, Jadi Terbesar Kedua se-Asia Tenggara
Bahkan Indonesia menduduki peringkat kedua terbesar di wilayah Asia Tenggara, setelah Thailand yang menguasai hingga 50 % produksi mobil di Asean. Walaupun demikian, pertumbuhan ekonomi Indonesia yang mengarah ke arah positif, bukan tidak mungkin akan menggeser Thailan di posisi pertama. 
Saat ini Indonesia masih mengandalkan investasi dari asing, terutama dari Jepang yang merupakan negara dengan pabrik mobil yang paling laris manis di pasaran Indonesia. Kita bisa tengok, di Indonesia didominasi oleh mobil pabrikan jepang. 
Di posisi kedua ini, kapasitas produksi industri mobil negara kita mencapai 2,2 juta/tahun untuk di tahun 2017.
Namun, dalam hal ukuran pasar, Indonesia merupakan pasar mobil terbesar di Asia Tenggara dan wilayah ASEAN, menguasai sekitar sepertiga dari total penjualan mobil tahunan di ASEAN, diikuti oleh Thailand pada posisi kedua. Indonesia tidak hanya memiliki populasi besar (258 juta jiwa), tetapi juga ditandai dengan memiliki kelas menengah yang berkembang pesat. Bersama-sama, kedua faktor ini menciptakan kekuatan konsumen yang kuat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *