Perbedaan Oli MPX 1 dan SPX 1, AHM Oil Olinya Motor Honda

  • Whatsapp
Bisaotomotif.com, Perbedaan Oli MPX 1 dan SPX 1, AHM Oil Olinya Motor Honda – Hello guys, selamat datang di blog tentang belajar otomotif yang akan membahas topik-topik menarik. Sebagai salah satu produsen motor tersukses di Indonesia, AHM (Astra Honda Motor) juga mengeluarkan lubricant atau pelumas khusus untuk motor keluarannya. Yaa, itulah AHM Oil yang memang sudah diformulasikan secara khusus dengan motor-motor honda dan kondisi iklim di Indonesia.
AHM Oil sendiri terdiri dari berbagai macam dengan karakteristik masing-masing yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen, misal nih AHM Oil mengeluarkan MPX 2 yang digunakan khusus untuk motor matic harian. Ada juga MPX 1 yang didesain untuk montor bebek honda pada umumnya.
Itu baru sama-sama MPX, kita belum menyinggung masalah oli fully syntetic yang di Honda disebut dengan AHM Oil SPX (Superior Protection Expert). Oli syntetic keluaran honda ini ditujukan untuk motor-motor yang biasanya berperforma tinggi (digunakan dalam kecepatan tinggi).
Lebih lanjut Honda juga mengeluarkan oli khusus untuk motor keluaran lama atau yang sudah melebihi 10 tahun. Oli tersebut memiliki kekentalah yang lebih, sehingga perlindungannya akan lebih maksimal terutama pada mesin motor lama yang biasanya mulai terjadi keausan.
Perbedaan Oli MPX 1 dan SPX 1
Perbedaan Oli MPX 1 dan SPX 1
Kembali lagi ke topik utama kita tentang Oli AHM MPX 1 dan SPX 1. Jadi, keduanya itu bedanya apa sih. Kira-kira motor saya kalau menggunakan itu baik tidak ya? Nah, itu bisa terjawab kalau kamu membaca arrtikel ini sampai tutas, sehingga kamu dapat mengetahui ciri-ciri, karakteristik dan penggunaan dari masing-masing oli. Betul kan begitu guys??
Kita bisa melihat perbedaan dari keduanya, dengan melihat karakteristik masing-masing guys. Oke, simak nih penjelasan singkat tentang keduanya. Baca juga : Oli Yang Cocok Untuk Motor Honda Beat
Perbedaan Oli Honda MPX dan SPX
Perbedaan Oli MPX 1 dan SPX 1
Perbedaan Oli MPX 1 dan SPX 1
Oli honda MPX merupakan singkatan dari Maximum Protection Expert yang merupakan oli honda yang diformulasikan khusus sepeda motor yang digunakan untuk sehari-hari. 
Oli honda SPX(Superior Protection Expert) merupakan oli yang fully syntetic yang diformulasikan khusus untuk motor yang biasa digunakan untuk berbalap-balap ria, artinya yang biasa digunakan untuk kecepatan tinggi.
Klasifikasi Oli pada AHM Oil
Kita bisa melihat dibelakang MPX dan SPX di akhiri dengan angka 1, 2, 3. Nah itu sebagai klasifikasi untuk jenis oli motor honda. Angka 1 digunakan untuk oli yang khusus untuk motor bebek dan sport. Angka 2 digunakan untuk oli yang diformulasikan khusus motor matic. Dan angka 3 untuk oli yang memiliki kekentalah lebih, ini untuk motor yang sudah berusia lanjut, wkwk.
Persamaan Oli MPX 1 dan SPX 1
Kita bisa melihat bahwa oli MPX maupun SPX sama-sama digunakan untuk motor bebek seperti Supra X 125, Honda Blade, CBR 150 R, Sonix 150 R, Supra GTR.

Perbandingan Performa MPX 1 dan SPX 1

Kedua-duanya sama saja digunakan untuk motor bebek, tapi untuk yang SPX 1 dengan bahannya yang sudah Fully Synthetic maka akan membuat gesekan yang timbul lebih sedikit dan akan membuat tekanan pada temperatur tinggi lebih stabil. Oli jenis SPX ini sangat cocok digunakan untuk motor-motor sport yang digunakan untuk kecepatan tinggi. Sebagai contoh motor-motor seperti Honda CB 150 R, CBR 150 R, Sonix 150 R, Verza dll.
Berbeda dengan oli MPX yang masih murni, oli ini juga sama-sama digunakan untuk motor bebek. Hanya saja akan optimal bila digunakan pada motor-motor untuk harian, seperti berkendara di dalam kota. Motor yang cocok menggunakan oli ini seperti Supra 125, Honda Blade, Revo dll.
Dari segi performa kedua-duanya memang memiliki kelebihan, misal saja untuk kecepatan tinggi oli SPX 1 lebih unggul karena mesin lebih terasa halus dan lebih nyaman aja buat kecepatan tinggi. Tapi kelemahannya ketika digunakan di dalam kota pada jalan-jalan macet, mesin terasa lebih cepat panas.
Kebalikannya, oli MPX 1 yang memang dikhususkan untuk harian dan tidak memerlukan performa tinggi. Ketika di dalam kota atau jalan-jalan macet, oli ini sangat cocok, mesin tidak terlalu panas dan masih fine-fine aja. Tapi pada saat kecepatan tinggi, rasa-rasanya tidak sehalus saat menggunakan oli SPX 1.
Jadi kedua-duanya memang ada dibuat untuk masing-masing kebutuhan, tingga menyesuaikan kebutuhan kamu aja. Kamu menggunakan motor itu untuk kecepatan tinggi terus, atau kebanyakan untuk di jalan yang macet dengan kecepatan sedang.
Nah, semoga aja kamu bisa mempertimbangkan hal tersebut setelah membaca artikel ini yaa. Terimakasih sebelumnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar