Penyebab Tarikan Ninja R Berat Perlu Anda Pahami!

  • Whatsapp
penyebab tarikan ninja r berat

Penyebab Tarikan Ninja R Berat Perlu Anda Pahami! – Siapa sih yang tidak mengenal Ninja? Motor yang dikenal memiliki kecepatan dan sangat keren ini tentu menjadi dambaan banyak orang.

Namun, meskipun dikenal cepat terkadang memiliki masalah. Salah satunya, tarikan motor yang terasa berat. Untuk itu, anda perlu mengetahui secara lengkap penyebab tarikan ninja R berat.

Permasalahan mengenai hal ini memang cukup banyak terjadi. Sudah pasti, penyebabnya tentu sangat banyak. Banyak dari pengendara ninja R merasakan tarikannya menjadi lebih berat.

Sebelum melakukan penanganan,ada baiknya anda memahami mengenai penyebab tarikan ninja R berat. Setelah itu, anda bisa melakukan penanganan yang sesuai.

Beberapa Penyebab Tarikan Ninja R Berat

Motor yang cukup populer ini memang banyak yang mengeluhkan tarikannya terasa berat. Ini dia beberapa penyebabnya:

1. Mesin Overheat

Hal pertama yang bisa saja menjadi penyebab dari tarikan berat yaitu mesin overheat. Setiap mesin motor tentu bisa mengalami hal ini. Overheat terjadi karena terlalu panas sebuah mesin.

Serta, untuk sistem pendingin yang tidak bekerja dengan baik. Tidak hanya itu saja, oli samping yang tidak bekerja secara benar juga bisa menjadi penyebab ini

Jika dirasa mesin overheat, maka anda bisa melakukan beberapa penanganan. Seperti cek untuk air radiator apakah sudah seharusnya diganti.

Serta, jika pendingin sudah tidak bekerja maka perlu untuk diperbaiki. Jika disarankan, dapat diganti dengan yang baru agar lebih nyaman saat digunakan.

Baca juga : Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas Berlebihan (Over Heating)

2. Setelan Karburator Tidak Benar

Untuk anda yang telah melakukan modifikasi dan mengakibatkan tarikan menjadi berat. Sebelumnya, apakah anda melakukan penyetelan pada bagian karburator?

Jika YA, maka anda harus melakuakn setel ulang dengan benar. Karena, karburator yang tidak disetel dengan baik akan membuat tarikan dari ninja R menjadi berat.

Pastikan, bahwa anda melakuakn perubahan setelan karburator dengan tepat. Atau, jika memang karburator sudah dalam kondisi yang kurang baik.

Ada baiknya untuk diganti dengan yang baru. Tentunya, yang original dan memiliki kualitas yang baik. Dijamin, tarikan dari ninja R anda akan menjadi lebih enteng!

3. Piston Rusak

Penyebab selanjutnya yang mengakibatkan motor ninja menjadi tarikan berat yaitu piston. Piston memiliki fungsi yang sangat penting pada kendaraan anda.

Jika piston rusak, dapat dipastikan mesin dari motor menjadi kurang bekerja. Selama ini, apakah anda pernah kehabisan oli? Bisa saja itu menjadi penyebabnya.

Jika dipastikan piston rusak, alangkah baiknya untuk segera di ganti. Hindari penggunaan piston yang tidak sesuai pada kendaraan anda.

Karena, bisa menyebabkan piston menjadi baret bahkan jebol. Selalu pastikan anda menggunakan produk yang berkulitas untuk kendaraan.

4. Busi Perlu Di Ganti

busi-perlu-diganti
Busi perlu diganti

Tarikan yang berat pada motor ninja R memang akan menyulitkan pengendara. Terutama, saat ingin dalam kecepatan yang tinggi dan tidak bisa dilakukan.

Busi yang perlu diganti, bisa menjadi penyebabnya. Mungkin, anda sudah terlalu lama dalam penggunaan busi tersebut. Jadi, perlu diganti dengan yang baru.

Anda bisa menggunakan busi racing NGK 2 tak agar menjadi lebih berkualitas. Atau, bisa juga menggunakan produk yang original. Keduanya bisa anda coba untuk melihat kesesuaian pada tarikan yang diinginkan.

Serta, jangan lupa untuk selalu memberikan perawatan pada motor.
Ternyata, cukup banyak penyebab tarikan ninja R berat. Dengan mengetahui penyebabnya, maka anda bisa memastikan mengenai penanganan yang sesuai.

Karena, dengan penanganan yang tepat akan membuat tarikan ninja R akan menjadi enteng. Hasilnya, motor menjadi mudah dan nyaman saat digunakan berkendara!

Pos terkait