6 Penyebab Stang Motor Goyang atau Oleng

  • Whatsapp
penyebab stang motor goyang

6 Penyebab Stang Motor Goyang – Pernahkah merasakan stang motor terasa goyang dan tidak stabil padahal kalian sedang melalui jalan yang lurus dan mulus? Stang motor yang goyang rupanya berisiko tinggi terhadap keselamatan pengendara.

Ada banyak alasan dan faktor penyebab stang motor goyang, salah satunya adalah pernah jatuh atau kecelakaan dan sering melalui jalan yang berlubang.

Muat Lebih

Penyebab Stang Motor Goyang

Untuk memastikan apa saja faktor penyebab stang motor tidak stabil dan goyang, kalian bisa melakukan pengecekan pada beberapa komponen motor. Berikut bagian pada motor yang harus kalian periksa ketika stang mulai terasa tidak nyaman dan tidak stabil.

1. Ban

Ban motor
Ilustrasi gambar ban motor & pelek

Ketika stang motor goyang dan tidak stabil, hal yang harus kalian periksa pertama kali adalah bagian ban motor. Kalian bisa memeriksa kondisi ban apakah sisi permukaannya sudah aus atau belum. Setelah memeriksa kondisi permukaan ban, kalian juga perlu memeriksa tekanan angin pada ban.

Jika ban motor kalian pernah mengalami kebocoran, cobalah untuk memeriksa bagian tambalan ban apakah mengalami benjolan atau tidak. Segera lakukan penggantian ban apabila kalian menemukan benjolan pada tambalan ban.

Selain berpengaruh pada kestabilan stang dan kenyamanan saat berkendara, penggantian ban perlu dilakukan untuk mengantisipasi dan menghindari kejadian buruk yang bisa membahayakan diri kalian. Pilihlah ban yang sudah memiliki standar keamanan dan kelayakan yang tepat.

Baca juga : Tips Mencegah Ban Bocor Saat Perjalanan Jauh

2. Pelek (Velg)

Ketika stang motor kalian goyang, cobalah untuk memeriksa pada bagian pelek (velg) roda. Pengecekan dilakukan untuk melihat apakah ada bagian pada pelek yang retak atau bengkok. Cara untuk memeriksanya adalah kalian bisa menggunakan standar dua, lalu putar rodanya.

Perhatikan gerakan rodanya. Jika kalian menemukan ada bagian dari pelek roda yang goyang, maka kemungkinan pelek roda motor kalian ada yang bengkok. Jika kalian menemukan ada bagian pelek yang retak, sebaiknya kalian segera melakukan penggantian dengan pelek yang baru.

3. Bearing Roda

Bearing roda
Bearing roda penyebab stang goyang

Salah satu penyebab stang motor goyang adalah kondisi bearing roda yang sudah longgar atau oblak, bahkan rusak. Bearing roda berhubungan langsung dengan roda dan terletak pada tengah roda. Apabila bearing roda longgar atau oblak, maka stang motor akan ikut goyang dan menjadi tidak stabil. Keadaan stang motor yang tidak stabil selain mengurangi kenyamanan, juga berdampak buruk pada keselamatan.

Cara mengatasi stang motor goyang adalah dengan melakukan pemeriksaan pada bearing roda apakah ada yang pecah pada bantalan pelurunya atau tidak. Kalian bisa menggoyang-goyangkan roda ke kanan dan ke kiri untuk mengetahui apakah bearing roda sudah oblak/longgar bahkan rusak.Jika bearing roda sudah dalam keadaan tidak layak pakai, kalian harus segera menggantinya dengan yang baru.

Baca juga : 6 Penyebab Motor Ngebul Asap Putih

4. Komstir

Komstir motor
Komstir motor. Sumber : astraotoshop.com

Letak komstir yaitu berada pada sumbu yang terdapat di antara segitiga garpu depan dengan rangka motor. Fungsi komstir sendiri adalah sebagai pemegang peranan dalam mengendalikan laju motor. Lamanya usia pemakaian akan mengakibatkan komstir terasa oblak atau longgar.

Komstir yang sudah usang juga biasanya menjadi susah untuk digerakkan, terasa kasar, dan susah dibelokkan saat dikendarai. Kerusakan pada komstir biasanya terjadi pada bola-bola dan mangkuk besi yang mengalami pengausan (pengikisan).

Untuk mengatasi kerusakan pada komstir, kalian harus menggantinya dengan yang baru agar stang motor kalian tidak goyang dan dapat kembali stabil saat digunakan. Stang yang goyang bisa berakibat fatal karena dapat menyebabkan motor oleng dan rawan mengalami kecelakaan.

5. Shockbreaker

Shock breaker motor penyebab motor goyang
Shock breaker motor penyebab motor goyang

Saat stang motor kalian terasa tidak stabil, cobalah untuk memeriksa keadaan shockbreakernya. Peranan shockbreaker motor sangat penting karena memiliki fungsi sebagai penyerap kejutan atau guncangan yang ditimbulkan oleh permukaan jalan yang bergelombang atau tidak rata.

Dengan adanya shockbreaker, pengendara motor akan menjadi lebih nyaman saat melalui jalan yang bergelombang, berbatu, atau tidak rata. Selain itu, fungsi shockbreaker juga untuk meningkatkan daya cengkeraman pada roda. Apabila kalian pernah terjatuh dari sepeda motor atau mengalami tabrakan, kemungkinan posisi shockbreaker akan mengalami pergeseran dan letaknya menjadi tidak lurus (presisi).

Faktor lain penyebab stang motor goyang adalah kondisi bantalan karet pada shockbreaker yang tidak rapat dan tidak solid. Apabila kalian menemukan masalah pada shockbreaker dan melihat adanya bantalan karet yang sudah renggang dan tidak solid, segera bawa motor kalian ke bengkel terdekat untuk diperbaiki.

Jangan biarkan kerusakan semakin parah dan menjalar ke komponen mesin lainnya. Jika dibiarkan begitu saja, stang goyang karena shockbreaker bermasalah, maka dapat berimbas buruk pada keselamatan diri kalian.

6. Segitiga Dudukan Stang Motor

Segitiga GL Pro
Segitiga GL Pro. Sumber : fjb.kaskus.com

Salah satu Penyebab stang motor goyang adalah segitiga dudukan stang motor yang bermasalah. Untuk coba saja periksa kondisi segitiga dudukan stang saat stang mulai terasa tidak nyaman saat dikemudikan. Segitiga dudukan merupakan penghubung antara stang motor dengan shockbreaker.

Biasanya yang sering terjadi adalah adanya ketidaksejajaran antara garpu bagian kanan dengan garpu bagian kiri yang menyebabkan laju kendaraan menjadi oleng.

Untuk memeriksa keadaan segitiga dudukan, kalian dapat melakukan pengukuran menggunakan fuller dengan meluruskan dan mensejajarkannya di tempat yang datar atau rata. Jika kalian menemukan adanya ketidaksejajaran pada segitiga dudukan stang, segera bawa motor kalian ke bengkel atau tukang press terdekat untuk diperbaiki.

Kalian juga bisa melakukan pemeriksaan sendiri terlebih dahulu, lalu mencoba untuk menyetel stang yang terasa goyang yaitu dengan memeriksa keseimbangan dan keselarasan pergerakan pada sistem kemudi atau stang. Letakkan dongkrak atau balok kayu di bawah mesin agar roda depan terangkat.

Belokkan stang ke kanan dan ke kiri perlahan-lahan sambil merasakan apakah gerakannya lancar atau tidak (seret). Sebelumnya, kalian juga bisa memerhatikan kabel-kabel terlebih dahulu. Pastikan jika kabel tidak ada yang menghalangi kebebasan sistem kemudi atau stang motor.

Jika stang terasa terlalu berat atau terlalu ringan, kalian bisa memutar mur pengikat sampai mencapai ketepatan dan pergerakannya pada stang lancar. Kalau kalian sudah memutar mur pengikat namun masih belum mencapai ketepatan pada pergerakannya, coba lepaskan roda bagian depan dan susunan pada stang. Perhatikan apakah ada poros kemudi yang bengkok.

Kesimpulan Penyebab Stang Motor Goyang

Penanganan di atas hanya sebagai langkah darurat saja untuk mengatasi ketidakstabilan pada stang motor. Jika kalian merasa ragu-ragu, tidak terlalu paham dengan mesin motor, dan merasa takut merusak komponen lainnya, langkah yang paling tepat untuk kalian lakukan adalah membawanya ke bengkel motor.  

Jangan pernah abaikan dan sepelekan stang motor yang goyang. Selain terasa tidak nyaman, stang motor yang goyang dan tidak stabil bisa menyebabkan laju kendaraan yang kalian kemudikan menjadi oleng. Akibat paling fatal dalam kasus ini yaitu sebagai penyebab kecelakaan yang tidak hanya berbahaya namun dapat merenggut nyawa.  

Untuk itulah sangat perlu untuk mengetahui penyebab stang motor goyang. Usahakan untuk selalu memeriksa kondisi motor sebelum digunakan sebagai langkah antisipasi menjaga keselamatan diri. Perhatikan dan periksa beberapa bagian mesin motor sebelum digunakan dan pastikan jika kondisinya dalam keadaan baik. Jangan lupa untuk selalu memanaskan kendaraan sebelum digunakan dan selalu utamakan keselamatan diri kalian.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *