Penyebab Setelan Angin Karburator Tidak Berfungsi

  • Whatsapp
penyebab setelan angin tidak bekerja
Sumber gambar : www.justcar.com

Penyebab Setelan Angin Karburator Tidak Berfungsi – Karburator menjadi salah satu bagian yang sangat penting pada kendaraan. Termasuk, untuk setelan anginnya yang sangat penting untuk bisa menjalankan mesin.

Masalah yang paling sering terjadi yaitu setelan angin karburator tidak berfungsi. Jika hal ini terjadi, tentu sangat menganggu performa dari mesin pada kendaraan.

Bacaan Lainnya

Masalah berupa setelan angin karburator yang tidak berfungsi bisa menyebabkan banyak hal pada mesin. Penyebab dari masalah ini tentu cukup banyak. Untuk itu, anda harus mengetahuinya secara benar. Setelah mengetahui penyebabnya, maka bisa melakukan penanganan yang tepat.

Lalu, apa sjaa penyebab setelan angin karburator tidak berfungsi? Simak selengkapnya dibawah ini.

Beberapa Penyebab Setelan Angin Karburator Tidak Berfungsi

Banyak dari anda yang belum mengetahui secara jelas mengenai penyebab dari setelan angin karburator tidak berfungsi. Ini dia beberapa penyebabnya :

1. Sil Karet Sekrup Angin Rusak

Bagian sil karet sekrup angin perlu anda cek terlebih dahulu. Karena jika sil karet ini rusak, bisa mengakibatkan setelan angin karburator tidak berfungsi.

Ada baiknya, anda melakukan pengecekan semuanya. Sil karet sangat perlu untuk anda cek secara rutin. Jika anda tidak cek, bisa saja rusak dan sudah seharusnya diganti.

Semakin lama usia dari sil karet, maka akan semakin longgar juga. Karenanya, selalu perhatikan apakah sudah waktunya diganti atau tidak. Jika ya, maka ganti dengan yang baru dan original. Serta, sesuaikan dengan kendaraan anda!

2. Manipol Aus

Agar karburator bisa berjalan sesuai dengan fungsinya, maka harus dalam keadaan yang baik. Termasuk, tidak ada kebocoran angin sedikitpun. Jika terjadi kebocoran, maka dapat membuat karburator tidak bekerja secara utuh. Tentunya, hal ini yang membuat setelan angin karburator menjadi tidak bekerja sesuai fungsinya.

Untuk itu, lakukan pengecekan terlebih dahulu. Apakah benar manipol sudah aus? Jika ya, anda bisa menuju ke tukang bubut untuk membatkan drat ang baru. Namun, jika masalahnya aus dibagian mesin maka anda harus membongkar bagian dalamnya dan melakukan pergantian yang baru.

Baca juga : 8 Penyebab Karburator Banjir Yang Paling Sering Terjadi

3. Peer Sekrup Kendur

Pada bagian setelah angin karburator, ada satu hal yang tidak boleh anda abaikan. Apa itu? Bagian peer skrup. Bagian ini penting, untuk membantu agar setelan angin bisa bekerja dengan baik. Masalah yang sering terjadi yaitu peer skrup kendur. Atau, bisa saja peer sudah tidak bekerja dengan baik.

Maka dari itu, anda bisa melakukan pengecekan terlebih dahulu. Apakah peer sudah perlu di ganti atau hanya perlu di kencangkan saja. Jika perlu diganti, maka lebih baik dengan yang berkualitas. Karena, performa dari karburator akan bekerja dengan lebih maksimal.

4. Kebocoran Karburator

Jika sudah terjadi karburator yang bocor, maka tidak bisa digunakan lagi. Kerusakan ini banyak terjadi karena berbagai hal. Seperti ruang berkerak, saluran ada yang bermasalah dan lainnya. Tentunya, jika karburator sudah bocor maka tidak bisa digunakan. Untuk itu, anda bisa menggunakan karburator yang baru.

Dengan menggunakan karburator yang baru, memungkinkan agar bisa mendapatkan performa yang lebih baik. Serta, berkendara anda akan menjadi lebih aman dan nyaman. Pastikan, selalu menggunakan produk yang original agar terjamin kualitasnya.

Bagaimana, sekarang anda sudah paham ya mengenai penyebab setelan angin karburator tidak berfungsi? Untuk itu, sangat penting bagi anda agar mengetahui segala penyebabnya. Jika sudah paham penyebabnya, maka bisa dilakukan penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat!

Baca juga : Ini 10 Penyebab Motor Tersendat pada Putaran Tinggi

Pos terkait