Penyebab Rem motor bunyi cit cit setelah berkendara saat hujan

  • Whatsapp

Penyebab Rem motor bunyi cit cit setelah berkendara saat hujan – Musim penghujang mengharuskan pemilik motor untuk memberikan perhatian lebih pada motornya, selain harus rutin mencuci motor agar bersih juga perlu dilakukan perawatan seperti mulami rantai motor, memeriksa tekanan ban dan masih banyak lagi.

Perawatam ini bertujuan agar masalah atau problem tidak muncul, nah salah satu masalah yang paling sering muncul ketika musim penghujan adalah rem motor yang berdecit.  

Bunyi berdecit ini tentunya sangat mengganggu pendengaran, terlebih lagi membuat kita merasa minder atau kurang percaya diri. Lalu apa sih penyebab rem bunyi cit cit setelah berkendara saat musim hujan?  

Rem berdecit pada motor disebabkan oleh adanya debu yang terkena air yang menempel pada kanvas rem ataupun cakram pada rem motor. Debu yang menempel ini akan bergesekan dan menhasilkan bunyi cit cit yang sangat menganggu. Bunyi ini akan terdengar keras pada saat dilakukan pengereman.  

Selain adanya debu yang menempel pada kanvas atau rem, bunyi ini juga bisa disebabkan oleh ausnya kanvas rem.   

Maka dari itu, untuk menghilangkan bunyi ini maka anda harus mengetahui terlebih dahulu penyebabnya.

Kalau disebabkan karena kampas rem yang sudah aus maka langkah perbaikannya adalah penggantian kanvas rem. 

Sedangkan bila penyebabnya adalah komponen rem yang kotor, maka perlu dilakukan pembersihan.

Anda dapat membersihkan kanvas rem dengan amplas, kemudian cakram jangan lupa juga dibersihkan. Biar semakin bersih, gunakan sabun untuk membersihkan cakram rem motor anda.  

Ketika musim penghujan anda harus rutin melakukan servis di bengkel, hal ini dikarenakan pada musim penghujan motor membutuhkan perawatan yang lebih. Perawatan yang diperlukan seperti pengecekan rem, tune up ringan, ban, rantai motor dan masih banyak lagi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *