Penyebab Piston Baret, Cek 5 Hal Ini

  • Whatsapp
penyebab piston baret

Penyebab Piston Baret – Piston merupakan salah satu bagian yang paling penting dalam sebuah kendaraan. Fungsi piston yaitu untuk memindahkan tenaga pembakaran mesin ke Crank Shaft. Jika terjadi masalah pada piston, maka bisa menjadi kendala dalam kendaraan anda. Salah satu hal yang paling sering terjadi yaitu piston baret. Tentunya, anda harus paham mengenai penyebab piston baret.

Masalah yang satu ini memang paling sering terjadi pada setiap kendaraan. Jika piston baret maka bosa mengakibatkan banyak hal. Mungkin, banyak dari anda yang menganggap sepele hal ini ya? Padahal, akibatnya justru sangat berbahaya. Seperti performa dari kendaraan yang menjadi lebih rendah, motor sering mati atau suara mesin yang kasar. Agar lebih jelas, anda bisa memahami apa saja penyebab piston baret pada artikel ini.

Muat Lebih

Beberapa Penyebab Piston Baret

Terdapat beberapa penyebab dari terjadinya piston baret pada kendaraan anda. Berikut beberapa penyebabnya:

1. Setelan Klep Kurang Tepat

Penting! Bagi anda untuk melakukan pengecekan apakah terdapat masalah pada bagian klep. Bisa saja, masalahnya yaitu piston yang bertabrakan dengan klep. Hal ini disebabkan karena bagian dari klep yang belum di pasangkan dengan benar. Jika terus terjadi, maka bisa mengakibatkan bagian dari piston menjadi baret.

Lebih parah lagi, bisa mengakibatkan piston menjadi rusak. Dengan begitu, anda harus mengantinya dengan yang baru. Jadi, pastikan terlebih dahulu apakah setelan klep sudah benar. Posisi harus tepat agar piston dapat berjalan dengan baik. Dijamin, bagian piston tidak akan menjadi baret dan mesin kendaraan nyaman untuk digunakan.

2. Modifikasi Yang Salah

Apakah anda pernah melakukan bore up pada motor? Ternyata, hal ini bisa menjadi penyebab piston baret atau tergores. Karena, penggunaan piston yang tidak cocok pada kendaraan anda. Untuk itu, ada baiknya anda memahami mengenai pentingnya penggunaan piston yang tepat. Karena, setiap kendaraan sudah di tentukan ukuran dari pistonnya.

Mungkin anda berpikir, bahwa penggunaan piston yang modifikasi akan membuat kendaraan lebih cepat. Bisa saja, namun lebih berpotensi dalam merusak piston kendaraan. Jika anda ingin melakukan modifikasi, lebih baik dipikirkan semuanya secara matang. Perhitungan dan selalu teliti agar tidak membuat piston baret.

3. Oli Mesin Habis

Kapan terakhir kali anda melakukan pergantian pada oli mesin? Jika oli mesin habis, bisa menjadi penyebab piston baret. Fungsi dari oli mesin yaitu untuk penyekat antar komponen sekaligus membuat dingin mesin. Setiap oli sudah dibuat secara khusus untuk melakukan fungsinya tersebut. Jadi, jika tidak digunakan maka akan sangat berbahaya bagi mesin kendaraan.

Jika anda kehabisan oli, bisa menjadi masalah pada bagian dari pisotn. Karena, kinerja dari piston menjadi mudah terbentur dengan komponen lainnya. Gesekan dari piston menjadi kurang baik dan mudah tergores. Hasilnya, piston baret dan sangat berpengaruh pada mesin kendaraan anda. Untuk itu, selalu cek kondisi oli mesin apakah sudah sesuai untuk keperluan mesin kendaraan.

4. Menggunakan Oli Palsu

Penggunaan oli palsu ternyata sangat berbahaya untuk mesin kendaraan. Piston motor baret bisa disebabkan dari penggunaan oli palsu. Banyak dari para pengguna kendaraan yang tidak sadar telah menggunakan oli palsu. Biasanya, banyak yang tergiur akan oli dengan harga yang sangat murah. Padahal, bisa saja itu oli aspal atau yang telah digunakan. Di era sekarang ini, anda harus lebih waspada dalam memilih oli.

Karena, telah beredar banyak sekali oli palsu. Untuk mamastikannya, anda harus paham mengenai perbedaan dari tempat oli palsu dan asli. Itu hanya salah satu cara termurah untuk membedakannya. Jika anda tidak ingin piston menjadi baret, ada baiknya untuk selalu menggunakan produk yang original. Meskipun harganya relatif mahal, namun lebih baik untuk kendaraan motor anda!

5. Kendaraan Sudah Tua

Tidak dapat di pungkiri, jika usia dari kendaraan menjadi salah satu penyebab piston baret. Dikarenakan, kondisi dari komponen yang ada sudah menjadi lebih rendah. Terutama, untuk usia kendaraan yang sudah cukup tua. Tarikan dari motor akan sangat terasa perbedaannya. Hal ini sebenarnya sangat wajar.

Namun, jika usia kendaraan sudah tua anda bisa tetap melakukan perawatan. Terlebih, di bagian piston yang harus dirawat dengan baik. Sudah pasti,anda tidak ingin megeluarkan banyak uang hanya untuk menganti piston terlalu sering bukan begitu? Jadi, alangkah baiknya untuk tetap memberikan perawatan yang terbaik. Jangan biarkan,motor tua anda tanpa perawatan!

Baca juga : Penyebab Mobil Turun Mesin

Itulah beberapa penyebab piston baret pada kendaraan anda. Sekarang, anda sudah jauh lebih paham ya mengenai penyebabnya? Jika sudah paham, alangkah baiknya untuk lebih waspada lagi agar tidak terjadi baret pada piston. Semoga bermanfaat!

Pos terkait