5 Penyebab Motor Tidak Ada Pengapian

  • Whatsapp
pengapian busi

Di antara kalian pasti pernah mengalami motor tidak ada pengapian. Jika hal ini terjadi, motor kalian tidak akan bisa jalan karena pengapian ini berfungsi untuk menghidupkan mesin motor. Penyebab motortidak ada pengapian karena adanya komponen pada mesin motor yang bermasalah, tidak berfungsi dengan baik, atau mengalami kerusakan sehingga harus diganti dengan yang baru.

Untuk menghindari motor mogok atau tidak ada pengapian, kalian harus rutin melakukan pengecekan secara berkala. Pengecekan juga harus dilakukan secara menyeluruh dan urut, karena panjangnya proses pengapian yang dibutuhkan agar mesin dapat menyala. Berikut adalah penyebab motor tidak ada pengapian dan cara mengatasinya.

Bacaan Lainnya

5 Penyebab Motor Tidak Ada Pengapian

1. Busi

Penyebab motor tidak ada pengapian juga bisa berasal dari keadaan busi. Dalam pengapian busi berperan untuk menghasilkan loncatan bunga api, yang dibutuhkan oleh mesin untuk membakar campuran udara dan bakar.

Seandainya motor kalian mogok padahal daya aki masih penuh dan bensin juga masih dalam keadaan cukup, kemungkinan disebabkan oleh busi. Kalian bisa melakukan pengecekan pada busi dengan melepasnya dari rumahnya dan melakukan uji coba. Keluarkan busi dari mesin motor kalian, lalu masukkan kembali kabel businya.

Tempelkan pada blok mesin dan cobalah untuk nyalakan starter motor atau kick starter (engkol) motor. Lihatlah apakah ada pengapian yang terjadi pada busi atau tidak. Jika terjadi pengapian dengan ditandai adanya api berwarna biru, maka busi masih dalam keadaan bagus. Jadi, bisa kalian simpulkan jika motor kalian mogok bukan karena keadaan busi yang bermasalah, namun ada komponen lainnya yang rusak.

2. Kabel Busi

Selain busi, kabel busi juga bisa menyebabkan tidak adanya pengapian. Kabel ini berfungsi untuk mengalirkan arus tegangan tinggi dari koil ke busi. Ketika kabel ini rusak, putus atau bocor maka tegangan tinggi tidak sampai ke busi yang menyebabkan tidak timbulnya loncatan bunga api alias pengapian.

Biasanya permasalahan pada komponen ini dimulai dari sulitnya kendaraan dihidupkan di pagi hari, dan ada suara tik-tik-tik yang merupakan loncatan bunga api ke dinding mesin (kabel busi bocor).

Solusi dari permasalahan ini adalah mengganti kabel busi dengan yang masih baru.

3. Stop Engine

Bagi kalian yang memiliki motor dengan merk tertentu seperti Megapro, CB150R, atau Vixion dan mengalami motor mogok, kalian bisa melakukan pengecekan pada sistem stop engine. Pada motor yang memiliki sistem stop engine, komponen ini sangat berpengaruh pada hidup dan matinya mesin motor.

Cara mengatasi jika motor tidak mengalami pengapian adalah dengan membuka dan membersihkan penutup stop engine. Jika kalian sudah membersihkannya dan ternyata sistem stop engine pada motor kalian sudah rusak, sebaiknya menggantinya dengan baru.

4. Koil – Penyebab Motor Tidak Ada Pengapian

Komponen yang perlu kalian cek jika motor tidak ada pengapian padahal sudah distarter adalah koil. Namun, apabila kalian sudah mencoba untuk melakukan kick starter dan mesin motor masih tidak menyala berarti bukan komponen koilnya yang bermasalah atau rusak.

Fungsi koil sendiri adalah untuk melipat gandakan arus listrik yang dihasilkan oleh aki sebanyak 12 volt menjadi berlipat-lipat bahkan hingga mencapai ribuan volt. Arus listrik inilah yang akan disalurkan ke busi untuk memercikkan api.

Apabila penyebab motor kalian tidak mengalami pengapian dan berakibat mogok karena komponen koil rusak, cara mengatasinya adalah dengan membawa motor kalian ke bengkel dan melakukan penggantian koil yang baru. Coba periksa kabel pada koil apakah terlepas/terputus karena lepasnya atau putusnya kabel pada koil dapat menjadi salah satu faktor penyebab tidak ada pengapian pada motor.

5. CDI

Setelah melakukan pengecekan pada komponen yang telah disebutkan, namun mesin motor kalian masih tidak bisa dihidupkan, cobalah melakukan pengecekan pada komponen CDI. CDI sendiri merupakan salah satu komponen utama pengapian pada sepeda motor.

Meski jarang ditemukan kerusakan pada komponen ini, tidak menutup kemungkinan CDI pada motor kalian ternyata bermasalah yang berakibat pada tidak ada pengapian pada sepeda motor. Jika kalian sudah melakukan pengecekan dan kondisi CDI ternyata masih bagus, kalian bisa melakukan pengecekan pada komponen sepul dan Electronic Control Unit yang disingkat ECU.

Untuk mengecek sepul, kalian bisa menggunakan multi tester. Untuk mengecek ECU, kalian bisa melihatnya dari lampu indikator MIL-nya. Kalau ECU-nya bermasalah, maka lampu indikator MIL akan menyala. Kalian juga bisa memeriksa tegangan input daya dan saluran massa.

Jangan panik saat motor kalian tidak ada pengapian atau mogok. Sebagai langkah awal antisipasi dan penanganan pada mesin motor yang mogok, kalian bisa menerapkan cara-cara di atas dengan melakukan pengecekan pada komponen mesin motor. Untuk menghindari masalah pada motor dan hal-hal penyebab motor tidak ada pengapian, sebaiknya kalian melakukan pengecekan rutin dan berkala.

Pos terkait