Ini 10 Penyebab Motor Tersendat pada Putaran Tinggi

  • Whatsapp
penyebab motor tersendat pada putaran tinggi

Ini 10 Penyebab Motor Tersendat pada Putaran Tinggi – Apakah kalian pernah mengalami kejadian motor yang kalian kendarai tersendat atau rembet saat digas pada putaran tinggi? Mungkin sebagian dari kalian dan para pengguna motor lainnya tentu pernah mengalami ini. Untuk mengatasi masalah ini saat terjadi pada motor kalian, kalian perlu mengetahui penyebab motor tersendat pada putaran tinggi terlebih dahulu.

Motor tersendat pada putaran tinggi dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Kalian bisa mulai dengan pengecekan awal pada kualitas bahan bakar yang kalian gunakan, apakah berkualitas baik atau kurang baik. Berikut penjelasannya secara lebih rinci.

Muat Lebih

Faktor Penyebab Motor Tersendat pada Putaran Tinggi

1. Kualitas Bahan Bakar

Motor tersendat dapat disebabkan oleh kualitas bahan bakar yang kurang baik, entah itu kotor yang dapat menghambat saluran bahan bakar atau karena tercampur dengan air yang akan mempengaruhi pembakaran dalam ruang bakar.

Untuk menghindari motor kalian tersendat, sebaiknya kalian menggunakan bahan bakar jenis pertamax. Pertamax memiliki nilai oktan dan berkualitas bagus. Ada baiknya juga untuk membeli secara langsung pada pom bensin bukan di penjual eceran yang nakal untuk menghindari campuran-campuran bahan lainnya.

Meskipun tidak semua penjual eceran seperti itu, kalian harus tetap waspada dan mengantisipasinya agar motor kalian tidak tersendat pada putaran tinggi. Namun, jika motor kalian masih mengalami rembet atau tersendat padahal kualitas bahan bakar sudah menggunakan yang terbaik, sebaiknya kalian melakukan pengecekan pada komponen lainnya.

2. Air Masuk Ke Ruang

Kandungan air pada bahan bakar dapat memengaruhi laju sepeda motor. Air bisa saja masuk ke dalam tangki bensin saat kalian mencuci motor atau saat kalian kehujanan. Tanpa sadar, air akan masuk ke tangki dan bercampur dengan bensin.

Air juga dapat masuk melalui filter udara yang basah, ini sering terjadi pada saat kalian menerobos banjir. Ketika melewati genangan air yang agak tinggi, air bisa saja ikut tersedot dan membuat filter udara basah terkena air. Beruntungnya kalian tidak macet saat itu juga, he he.

Adanya air ini dapat mengakibatkan pembakaran tidak bisa berjalan dengan sempurna, akhirnya menyebabkan motor kalian menjadi tersendat.

Cara mengatasinya adalah dengan menguras bensin dan memisahkan bensin dengan kandungan air. Pada dasarnya, air dan bensin tidak akan bisa menyatu, sehingga kalian bisa memisahkan air yang terkandung di dalam bensin agar pengapian pada motor bisa sempurna. Atau jika itu filter udaranya, bisa langsung kalian ganti dengan yang baru.

3. Busi Bermasalah

Penyebab motor tersendat pada putaran tinggi dapat disebabkan karena kondisi busi yang bermasalah. Kalian bisa melakukan pengecekan pada busi dan perhatikan percikan api yang dihasilkan apakah normal atau tidak. Jika kondisi busi masih bagus, maka percikan bunga apinya akan terlihat putih kebiru-biruan dan fokus pada ujung tengah busi atau tidak menyebar pada sisi-sisinya.

4. Koil Panas

Salah satu faktor penyebab motor kalian tersendat juga dapat diakibatkan kondisi koil yang terlalu panas pada motor kalian. Bisa juga karena kualitas koil sudah buruk. Setelah dipastikan kondisi busi masih baik dan motor kalian masih tersendat, cobalah untuk melakukan pengecekan pada koil.

Kalian bisa menguji kondisi koil apakah masih bagus atau sudah harus diganti dengan melihat percikan api yang keluar dari koil. Jika koil motor kalian masih bagus, maka percikan api yang ditimbulkan akan berwarna putih kebiru-biruan dan api yang ditimbulkan akan besar.

5. CDI (Capasitor Discharge Ignition)

Jika tidak ada gangguan dan masalah pada komponen busi dan koil, cobalah untuk mengecek CDI pada motor kalian. Cara mengecek kondisi CDI adalah dengan mencabut socket kabel yang menancap pada koil. Setelah tercabut, tempelkan ke massa, dan coba nyalakan mesin motor. Jika kondisi CDI masih bagus dan masih layak pakai, maka akan timbul percikan api dengan bunga api yang tidak terlalu besar.

6. Pulser

Untuk melakukan pengecekan pada pulser, kalian bisa menggunakan alat multitester. Nyalakan alat multitester pada hambatan ohm meter, lalu tempelkan salah satu ujung kabel multitester pada massa dan salah satunya melalui kabel yang terdapat pada pulser.

Jika kalian menemukan pergerakan pada jarum multitester, maka pulser masih hidup atau masih berfungsi. Namun, jika jarum pada multitester tidak ada pergerakan sama sekali, maka bisa dipastikan jika pulser telah mati. Kalian bisa membawanya ke bengkel terdekat untuk dilakukan penggantian pulser.

7. Aki (Accu)

Bagi kalian yang motornya menggunakan sistem pengapian DC (Direct Current), kondisi aki sangat berpengaruh. Jika aki bermasalah atau kondisi tidak normal, maka motor kalian akan mengalami rembet atau tersendat saat dikemudikan. Jika hal ini dibiarkan, maka bisa berakibat buruk pada komponen lainnya.

Dalam jangka panjang, komponen lainnya seperti CDI akan ikut mati dan tidak berfungsi. Hal ini dikarenakan pada motor bersistem pengapian DC diharuskan untuk menggunakan aki. Tentunya, kondisi aki yang buruk akan memengaruhi laju sepeda motor dan rawan mengalami sendatan.

8. Spull

Jika motor kalian mengalami brebet atau sendatan pada putaran tinggi, coba lakukan pengecekan pada bagian spull. Carilah kabel dari spull yang berwarna hitam merah bagi kalian yang memiliki motor sistem pengapian AC (Alternating Current) atau arus bolak-balik. Tempelkan pada massa, lalu hidupkan mesin motor.

Apabila spull masih mengeluarkan percikan api, hal itu menandakan bahwa spull masih dalam kondisi bagus dan berfungsi dengan baik. Namun, jika spull sudah tidak memercikan api, tandanya kalian harus melakukan penggantian spull.

9. Main Jet pada Karburator Tersumbat

Ketika kalian mengegas sepeda motor, maka jumlah udara yang masuk dan bensin ke dalam mesin motor akan meningkat. Idealnya, perbandingan antara suplai bensin dan udara adalah 14-15:1. Namun, apabila perbandingan lebih dari 15:1 atau kurang dari 14:1, maka motor akan tersendat bahkan mati. Adanya perbedaan perbandingan bensin pada karburator saat motor digas dipengaruhi oleh main jet.

Tersumbatnya main jet menjadi penyebab motor tersendat atau rembet. Fungsi dari main jet sendiri adalah sebagai ujung saluran bahan bakar pada karburator. Jika saluran ini tersumbat, maka jalur suplai bahan bakar juga akan terhambat sehingga menjadikan motor kalian tersendat pada putaran tinggi.

Cara mengatasi motor tersendat akibat tersumbatnya main jet adalah dengan membersihkan main jet menggunakan bensin. Kalau kalian memiliki pengetahuan lebih tentang mesin motor, kalian bisa mencoba untuk membongkarnya.

Langkah praktis membersihkan sumbatan pada main jet yaitu dengan menyumbat saluran udara sebelum karburator menggunakan telapak tangan. Langkah selanjutnya kalian bisa menghidupkan motor dengan menyela atau menstarter mesin motor. Hisapan piston akan membantu mengeluarkan kotoran penyebab main jet tersumbat.

10. Filter Udara Kotor, Tersumbat atau Basah

Filter udara pada motor sangat berpengaruh pada kinerja mesin motor kalian. Kondisi filter udara yang sudah terlalu kotor akan menjadi penghalang dan hambatan bagi keluar dan masuknya udara ke ruang bakar atau ruang pengapian.

Debu-debu yang dibiarkan memenuhi filter udara akan menumpuk dan menimbulkan kerak sehingga menjadi faktor penyebab motor tersendat pada putaran tinggi. Debu dan kotoran yang mengerak akan menghambat aliran udara yang masuk ke dalam mesin dan membuat motor mengalami sendatan. Untuk mengatasinya adalah dengan melakukan pembersihan filter udara secara rutin.

Kepedulian kalian terhadap kondisi mesin motor dan komponen lainnya sangat memengaruhi kinerja. Mulailah untuk melakukan pengecekan secara rutin dan berkala pada motor kalian. Perluas pengetahuan dan pahami komponen-komponen yang ada pada motor untuk membantu menghindari dan mengatasi kendala/masalah yang bisa timbul sewaktu-waktu seperti rembet atau sendatan pada putaran tinggi.

Pos terkait