10 Penyebab Motor Boros Bensin Yang Harus Diwaspadai

  • Whatsapp
penyebab-motor-boros-bensin

Apa Penyebab Motor Boros Bensin? – Pernahkah kalian merasa motor yang kalian miliki setelah beberapa tahun terasa seperti boros bensin? Sebagian dari kalian pasti menyalahkan kualitas mesin motornya yang jelek, bukan?

Ternyata penyebab motor boros bensin dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Simak ulasan berikut ini agar kalian tahu faktor penyebab dan cara mengatasinya.

Muat Lebih

Penyebab Motor Boros Bensin

Borosnya bensin pada motor dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut penjelasannya secara lebih rinci.

1. Karburator

Karburator motor
Karburator motor

Salah satu penyebab motor boros bensin adalah karburator. Settingan pada karburator yang kurang tepat dapat menyebabkan bensin menjadi cepat habis. Karburator sendiri adalah komponen mesin motor yang berfungsi mencampur bensin dengan udara.

Pada karburator, terdiri dari 2 buah sekrup yaitu sekrup yang mengatur angin dan sekrup yang mengatur idle RPM. Pada pemasangan kedua sekrup ini harus kalian pasang dengan tepat dan disesuaikan dengan settingan dari pabriknya.

Apabila kalian memasang kedua sekrup ini pada posisi yang kurang tepat, maka akan menghambat masuknya udara ke venture karburator.

Pemasangan sekrup yang kurang tepat akan membuat aliran bensin menjadi terlalu banyak dan tidak terbakar seluruhnya. Untuk mengatasinya, kalian bisa melakukan pengecekan dengan memutar sekrup pengatur angin ke level maksimal dan sekrup idle RPM ke level minimal.

Jika kalian kurang paham dan takut salah, kalian bisa membawa motor kalian ke bengkel resmi supaya dilakukan pengecekan oleh tenaga ahli. Pemasangan sekrup dengan tepat dan perbandingan setelan yang sesuai akan membantu bensin motor menjadi lebih hemat dan irit, serta mesin motor tidak mudah mati.

2. Busi

Busi sebagai salah satu penyebab bensin boros
Busi sebagai salah satu penyebab bensin boros

Kondisi sistem pengapian sangat memengaruhi pemborosan bensin. Tidak hanya berpengaruh pada sistem pemanasan saja, sistem pengapian pada motor juga berperan penting pada boros-tidaknya bensin. Salah satu komponen penting sistem pengapian pada motor adalah busi. Busi bertugas untuk mengatur sistem pengapian.

Jika kondisi busi tidak terlalu bagus, maka percikan api yang dihasilkan akan kecil. Hal ini akan membuat proses pengapian menjadi kurang maksimal, sehingga tenaga yang dihasilkan pun juga kecil. Karena tenaga yang dihasilkan kecil, kalian pasti akan menarik gas dalam-dalam, inilah yang menyebabkan motor kalian menjadi boros bensin.

Untuk mengatasi masalah ini, kalian bisa melakukan pengecekan secara rutin dan jangan biarkan busi motor kalian aus atau berkarat. Kalian bisa melakukan pengecekan pada kondisi busi dengan memasang busi pada chopnya dan hidupkan mesin dengan kick starter atau electric starter. Jika terjadi percikan api, maka menandakan bahwa busi motor kalian masih dalam kondisi baik dan masih layak pakai.

3. Filter Udara

Filter udara motor

Kondisi filter udara yang kotor dan tersumbat oleh debu kotoran menjadi salah satu penyebab motor menjadi boros bensin. Terhambatnya udara yang masuk ke mesin akan membuat proses pembakaran menjadi tidak maksimal.

Udara yang bercampur dengan bensin menjadi tidak seimbang. Karena udara terhalang oleh kotoran dan debu yang mengerak pada filter udara, maka akibatnya jumlah bensin yang dibutuhkan untuk proses pembakaran pun menjadi lebih banyak dan boros.

Cara mengatasinya adalah jangan malas untuk melakukan pengecekan secara rutin. Pada saat kalian pergi ke bengkel untuk servis, filter udara pasti akan diperiksa dan dibersihkan. Jika kondisinya sudah tidak layak untuk dipakai, segera lakukan penggantian filter udara agar motor tidak mengalami rembet dan tidak boros bensin.

4. Tutup Tangki

Saat cuaca panas, penguapan pada bahan bakar akan menjadi tinggi. Bensin adalah salah satu benda cair yang sangat mudah untuk menguap. Bahkan pada suhu yang tidak terlalu tinggi, bensin juga bisa mengalami penguapan. Salah satu cara agar bahan bakar tidak banyak menguap adalah dengan menutup rapat-rapat tangki bensin.

Meski bisa tertutup dengan rapat, komponen pada tangki bensin ini juga memiliki mekanisme ventilasi yang berfungsi untuk menetralkan tekanan. Jika kondisi katup ventilasi tangki rusak, maka sangat memungkinkan uap bensin akan keluar sehingga bensin menjadi cepat habis.

Cara untuk mengatasinya adalah dengan memeriksa ventilasi tangki bensin. Kalian bisa mencari ujung ventilasi yang biasanya mengarah pada karburator.

Apabila kalian menemukan jumlah tetesan bensin yang cukup banyak, maka bisa dipastikan kalau mekanisme pada ventilasi tangki bensin motor kalian sudah rusak dan perlu diganti dengan yang baru.

5. Suhu Mesin

Suhu pada mesin dapat memengaruhi borosnya bensin. Jika suhu mesin cenderung rendah dari suhu luar, maka bensin dan udara tidak tercampur dengan sempurna. Akibatnya, proses pembakaran menjadi kurang maksimal.

Apabila suhu di luar mesin cenderung lebih tinggi dari suhu mesin, maka yang terjadi bensin akan mengalami pengendapan pada dinding intake manifold dan tenaga yang dihasilkan kecil.

Jika tenaga yang dihasilkan kecil, kalian tentunya akan lebih sering menarik gas. Hal ini yang membuat bensin yang digunakan menjadi lebih banyak dan boros, karena pendingin pada mesin akan otomatis bekerja saat mesin dalam keadaan hidup meski suhu mesin masih dingin.

Cara mengatasi agar motor tidak boros bensin adalah dengan memanaskan mesin motor sekitar satu menit sebelum digunakan.

6. Rem

Rem motor macet
Rem motor macet

Tahukah kamu, kalau ternyata rem yang rusak juga menjadi salah satu penyebab borosnya bensin? Kerusakan yang terjadi pada master rem cakram atau kaliper dapat membuat kampas rem tidak bisa mengendur dengan baik.

Akibatnya, piringan pada rem akan tertekan dan putaran pada roda akan menjadi lebih berat. Jika hal ini terjadi, maka kinerja mesin pada motor menjadi berat dan konsumsi bensin menjadi lebih banyak.

7. Ban Kempes

Penyebab pemborosan bensin dapat disebabkan oleh keadaan ban yang kempis. Ban yang kurang udara atau kempis akan membuat putaran pada roda menjadi berat karena gesekan antara permukaan ban dengan aspal menjadi lebih besar.

Mesin motor akan bekerja lebih keras dan membutuhkan tenaga yang lebih besar pada saat ban kalian kempis, sehingga konsumsi bahan bakar pun akan ikut meningkat.

8. Jalan Macet

Kondisi jalan yang macet dapat memengaruhi konsumsi bensin yang digunakan. Hal ini dikarenakan pada situasi macet, putaran mesin tetap berjalan meskipun motor yang kalian kendarai berhenti/tidak bergerak.

9. Kondisi Jalan

Kondisi jalan yang menanjak, bergelombang, dan rusak akan membuat kalian lebih sering menarik gas untuk menghasilkan tenaga pada mesin dan mengerem. Hal ini dapat menjadi penyebab motor boros bensin karena dapat mengakibatkan putaran pada mesin menjadi lebih tinggi sehingga konsumsi bahan bakar juga akan ikut meningkat.

10. Cara Pemakaian

Bagi kalian yang memiliki kebiasaan kebut-kebutan, mengerem secara mendadak, dan sering memainkan gas meski sedang dalam keadaan berhenti, sebaiknya kebiasaan ini mulai dikurangi, dihindari, bahkan ditinggalkan agar kinerja pada mesin motor kalian tidak terlalu berat dan konsumsi bensin menjadi lebih hemat.

Kini kalian sudah mengetahui faktor apa saja yang dapat memengaruhi borosnya bensin pada motor, bukan? Mulai sekarang kalian bisa lebih memerhatikan dan lebih peduli dengan kondisi motor yang kalian miliki.

Jangan malas untuk melakukan pengecekan secara rutin dan berkala agar performa motor tetap prima dan perhatikan komponenen-komponennya.

Pos terkait