7 Penyebab Lampu Sein (Reting) Tidak Berkedip

  • Whatsapp
penyebab lampu sein tidak berkedip

Penyebab Lampu Sein Tidak Berkedip – Kendaraan yang aman selalu memperhatikan semua hal dalam berkendara. Termasuk dengan lampu sein yang memiliki fungsi sangat penting. Jika lampu seinnya rusak, tentu akan sangat berbahaya bagi para pengguna jalan lainnya bukan begitu? Jika anda sedang menghadapi masalah ini, maka harus tahu penyebab lampu sein tidak berkedip.

Masalah berupa lampu sein yang tidak berkedip memang kerap sekali terjadi. Ternyata, penyebabnya juga cukup banyak dari masalah ini. Untuk itu, jika anda ingin memperbaikinya maka harus mencari terlebih dahulu penyebabnya. Apa saja penyebab lampu sein tidak berkedip? Yuk, cari tahu secara lengkap pada artikel ini.

Beberapa Penyebab Lampu Sein Tidak Berkedip

Dibawah ini, ada beberapa penyebab dari adanya lampu sein yang tidak berkedip. Berikut beberapa penyebabnya:

1. Cek Bagian Flasher

Flasher rusak
Flasher rusak

Penyebab pertama lampu sein tidak berkedip adalah Flasher yang sudah rusak. Satu hal yang sangat penting untuk anda cek yaitu dibagian flasher. Jadi, fungsi dari bagian ini yaitu berguna untuk menyalakan lampur sein. Anda bisa mencari terlebih dahulu bagian flasher. Kemudian, cek di bagian socket atau penghubung arus apakah terdapat masalah atau tidak. Biasanya, masalah ini dikarenakan kabel bagian socket putus atau kurang kencang menyambungkannya.

Namun, beberapa kemungkinan lain yang mungkin saja terjadi yaitu flasher perlu diganti. Hal ini dikarenakan penggunaan flasher yang sudah terlalu lama dan membuat flasher tidak bisa digunakan lagi. Saat anda ingin menganti flasher, pastikan yang sesuai dengan kendaraan anda. Jangan pilih yang sembarangan atau tidak cocok. Karena, bisa menyebabkan lampu sein menjadi tidak berkedip atau menyala!

2. Bohlam Sein Putus

Bohlamp putus
Bohlamp putus

Penyebab selanjutnya dari lampu sein tidak berkedip yaitu bisa karena bohlam sein putus. Umumnya, hal ini terjadi karena bohlam yang digunakan tidak pernah anda ganti. Karena, semakin lama penggunaan tentu menjadi semakin lebih lemah. Untuk itu, pastikan apakah anda sudah menganti bagian daribohlam sein secara rutin?

Selama ini, seberapa sering anda mengganti bagian bohlam sein? Maslah ini sangat sering terjadi dan harus dengan segera diatasi. Caranya, cobalah untuk menganti bohlam sein dengan yang baru. Gunakan bohlam yang original dan memiliki kualitas yang baik. Dengan begitu, proses berkendara anda akan menjadi lebih aman dan nyaman.

3. Cek Saklar

Saklar lampu sein rusak
Saklar lampu sein rusak

Ya, bagian dari saklar juga bisa menjadi penyebab dari lampu sein tidak berkedip. Karena, fungsi dari saklar sendiri berguna untuk menyalakan lampu sein baik kiri atau kanan. Lalu, bagaimana jika saklar rusak? Sudah pasti, bagian dari lampu sein akan menjadi tidak berkedip. Jika penyebabnya hal ini, maka anda bisa melakukan penangannan.

Caranya, cobalah cek bagian dari plat saklar yang kotor. Anda bisa mengamplasnya saja sampai bersih. Kemudian, pasang kembali semuanya sampai dengan tepat. Lalu, cek apakah lampu sein sudah bisa berkedip lagi? Dapat dipastikan, lampu sein akan menjadi berkedip!

4. Kabel Yang Putus

Kabel putus penyebab lampu sein tidak berkedip
Kabel putus

Sering di anggap sepele, ternyata kabel yang putus juga bisa menjadi masalah. Termasuk, mengakibatkan bagian dari lampu setin menjadi tidak berkedip. Tanpa disadari, kabel yang mungkin terkelupas, putus atau rusak bisa menyebabkan hal ini. Jadi, disarankan untuk anda mengecek terlebih dahulu semua kabel yang terhubung ke lampu sein.

Jika sudah di cek dan ternyata benar kabelnya, maka lakukan penanganan. Jika kabel yang terkelupas anda bisa menggunakan isolasi untuk kabel listrik biasanya berwarna hitam. Namun, jika kabelnya putus sangat disarankan untuk diganti sekaligus. Karena, kendaraan anda akan dibawa untuk melakukan perjalanan. Jadi, lebih baik menjaga keamanan.

5. Sekering Putus

sekering mobil
Sekering mobil

Sekering merupakan pengaman kelistrikan, ketika terjadi konsleting atau hubungan arus pendek sekering akan putus sebagai pengaman agar tidak merusak komponen sekaligus saklar.

Bisa jadi lampu sein yang tidak berkedip disebabkan oleh sekering putus. Jadi periksa sekering terlebih dahulu ya di kotak sekering.

Baca juga : Penyebab lampu motor mati dan cara mengatasinya

6. Massa Lemah

Penyebab lampu sein tidak berkedip selanjutnya adalah massa lemah. Dengan kata lain, arus listrik tidak tersalurkan ke massa dengan baik. Sehingga arus yang mengalirpun juga kecil. Penyebabnya bisa karena kendur, kotor atau bidang sudah berkarat.

Ini juga yang sering saya temukan di berbagai kendaraan. Rata-rata disebabkan karena besi sudah berkarat, sehingga massa tidak tersalurkan dengan baik.

7. Baterai Rusak

Penyebab terakhir yaitu karena baterai pada kendaraan anda rusak. Seberapa sering anda mengecek baterai untuk terus bisa bertahan? Apakah sudah memastikan bahwa kondisi baterai dalam keadaan yang baik. Biasanya, hal ini muncul saat kendaraan susah dinyalakan. Jika kendaraan bermotor,maka untuk menyalakannya harus menggunakan starter manual.

Tidak bisa menggunakan starter yang listrik.

Sama halnya untuk kendaraan berupa mobil, akan susah untuk melakukan starter kendaraannya. Untuk itu, alangkah lebih baiknya agar bisa dipastikan terlebih dahulu penyebabnya.

Cek bagian dari baterai apakah sudah habis dan perlu pengisian ulang. Atau, justru perlu di ganti dengan yang baru. Jika anda bingung, cobalah bertemu dengan bengkel untuk menyelesaikan masalah ini. Jika disarankan diganti, maka lebih baik diganti untuk memberikan kenyamanan dan keamanan dalam berkendara nantinya.

Baca juga : Penyebab lampu reting berkedip lebih cepat

Bagaimana, sekarang anda sudah memahami penyebab lampu sein tidak berkedip pada kendaraan. Jika anda sudah mengetahui penyebabnya, maka bisa dilakukan penanganan yang tepat. Sekali lagi, jangan sembarangan dalam melakukan penanganan yang tidak sesuai fungsinya. Dijamin jika nada menanganinya dengan benar, lampu sein akan menyala sesuai pada fungsinya. Semoga bermanfaat!

Pos terkait