Penyebab Lampu Sein Nyala Semua

  • Whatsapp
penyebab lampu sein nyala semua

Penyebab Lampu Sein Nyala Semua Perlu Anda Pahami – Lampu sein menjadi salah satu hal yang terpenting dalam berkendara. Jika fungsi dari lampu berjalan dengan baik maka berkendara menjadi lebih aman dan nyaman. Terkadang, masalah muncul yaitu lampu sein nyala semuanya. Padahal, anda menyalakannya hanya pada satu sisi saja. Sebelum anda memperbaikinya, lebih baik memahami penyebab lampu sein nyala semua.

Tentunya, bukan tanpa alasan lampu sein nyala semuanya. Ada hal yang salah pada rangkain komponen kendaraan. Jika hal ini tidak segera anda tangani, tentu sangat berbahaya. Bagaimana anda bisa memberikan informasi pada pengendara yang lainnya bahwa anda sedang ingin berbelok arah? Yuk, ketahui bersama penyebab lampu sein nyala semua pada artikel dibawah ini.

Beberapa Penyebab Lampu Sein Nyala Semua

Terdapat beberapa penyebab dari terjadinya lampu sein yang nyala semua. Berikut beberapa penyebab yang bisa saja terjadi:

1. Saklar

Sudahkah anda melakukan pengecekan pada bagian saklar? Ya, bagian saklar bisa menjadi salah satu penyebab dari lampu sein yang nyala semuanya. Saklar memiliki fungsi untuk bisa menyalakan salah satu lampu sein. Bagaimana jika saklar ini rusak? Akibatnya, salah satu sein tidak bisa menyala. Termasuk, bisa menjadi penyebab dari lampu sein nyala semua.

Biasanya, saklar yang sudah terlalu kotor bisa menjadi penyebab hal ini. Cobalah untuk bisa membersihkan bagian dari saklar. Atau, jika anda terlalu sering menggunakan saklar maka bisa menyebabkan rusak. Jika sudah demikian, ada baiknya untuk dapat diganti agar lampu sein menjadi normal dan kendaraan aman saat digunakan.

Baca juga : 7 Penyebab Lampu Sein (Reting) Tidak Berkedip

2. Kabel Rusak

Penyebab selanjutnya yang bisa saja mengakibatkan adanya lampu sein menyala semuanya yaitu kabel. Kabel memiliki fungsi untuk bisa menghubungkan lampu dengan saklar. Jika bagian dari kabel ada yang rusak, maka bisa mengakibatkan dua hal. Lampu menjadi tidak menyala, atau lampu sein justru menyala keduanya.

Jika dalam masalah ini anda mendapati lampu sein yang menyala keduanya. Maka, cobalah untuk menganti kabel dengan yang lebih baik. Kabel yang lebih baik akan membantu anda untuk bisa menyalakan lampu sein sesuai pada fungsinya. Pastikan, dalam pemasangan kabel juga dengan baik dan tidak ada yang saling menyambung satu sama lainnya.

3. Kerusakan Bagian Flasher

Kemungkinan selanjutnya yang terjadi dalam lampu sein menyala semua yaitu rusaknya bagian flasher. Tahukah anda fungsi dari flasher ini? Bagian ini berfungsi untuk membuat lampu sein dapat berkedip. Jika bagian ini rusak, maka dapat dipastikan jika semua sein tidak bisa menyala. Atau, bisa saja menyala tapi dua-duanya.

Lalu, bagaimana jika penyebabnya dari flasher ini? Cukup dengan menganti flasher sesuai dengan tipe kendaraanya. Pastikan anda menggunakan produk yang berkuliatas. Karena, sangat berpengaruh pada hasil kedipan sein lampu kendaraan. Kemudian, pasang dan sambungkan dengan benar. Dijamin, lampu sein akan kembali menjadi normal.

Baca juga : Penyebab Lampu Reting / Sein Berkedip Lebih Cepat dari Biasanya

4. Daya Terlalu Kecil

Pernahkah anda berpikir bahwa daya yang masuk juga harus di perhitungkan? Jadi, tidak semua lampu cocok dengan dayanya. Justru, penyebab hal ini paling sering diabaikan oleh banyak orang. Padahal, sangat penting untuk bisa mengetahui daya yang cocok digunakan. Jika dayanya tepat, maka dapat dipastikan bahwa lampu sein akan berjalan dengan baik.

Namun, jika sein menyala keduanya maka perlu anda perhitungkan. Daya yang diberikan bisa saja tidak cocok atau terlalu kecil. Banyak kasus yang terjadi yaitu lampu sein menyala keduanya, namun untuk cahanya begitu kecil. Untuk itu, anda pastikan dahulu apakah daya yang diberikan sudah sesuai dengan lampur bohlamnya. Jika tepat, seharusnya sein sudah bisa menyala dengan benar.

5. Bohlam Dan Flasher Tidak Cocok

Penempatan bohlam dan flasher juga tidak bisa sembarangan. Setiap kendaraan terkadang memiliki tempat flasher yang berbeda. Jadi, harus disesuaikan juga dengan bohlam yang anntinya akan dipakai. Jika bohlam yang dipakai tidak cocok. Hanya akan menyebabkan lampu sein menjadi tidak nyala. Atau, menyala tetapi justru keduanya.

Jika hal ini tetap dibiarkan, bisa menyebabkan bohlam menjadi rusak. Bahkan, bisa lebih parah lagi yaitu bagian saklar ikut terbakar. Jadi, cobalah mencari tahu terlebih dahulu mengenai model bohlam sein yang cocok untuk flasher pada kendaraan anda. Penggunaan komponen yang tepat akan sangat membantu untuk kenyamanan dalam lampu sein kendaraan anda.

Itulah beberapa penyebab lampu sein nyala semua pada kendaraan anda. Dengan memahami penyebabnya, maka anda bisa melakukan penanganan dengan tepat. Untuk itu, pastikan selalu cek kendaraan terutama lampu sein apakah sudah normal dan siap digunakan. Jika terjadi kendara, cek dulu dengan mencari penyebabnya. Semoga bermanfaat!

Baca juga : Fungsi Lampu Instrumen Panel (lampu meter)

Pos terkait