Penyebab Lampu Reting / Sein Berkedip Lebih Cepat dari Biasanya

  • Whatsapp
Bisaotomotif.com, penyebab lampu reting berkedip lebih cepat –  Lampu sein pada mobil dan motor memiliki kegunaan yang sangat penting, fungsinya yang digunakan untuk memberikan kode kepada pengendara di depan dan di belakang bahwa akan berbelok ke kanan maupun ke kiri. Tak jarang terjadi kecelakaan akibat pengendara lupa untuk menyalakan lampu sein, tak jarang juga ada yang salah dalam menyalakan lampu sein, misalnya di reting kanan tapi beloknya kiri. Ada juga yang karena kerusakan lampu sein seperti tidak nyala dan menyalanya kurang terang, sehingga pengendara yang dibelakangnya tidak memperhatikannya.
Lampu sein berbeda dengan lampu yang lainnya, karena lampu reting ini memiliki tempo atau ritme dalam berkedip. Tujuannya agar lebih diperhatikan oleh pengendara lain. Nah seringkali ada trouble pada lampu reting yang menyebabkan tempo lampu reting berkedip lebih cepat atau lebih lambat. Nah khusu kali ini akan kita bahas tentang penyebab lampu reting berkedip terlalu cepat.
Nah, bila lampu reting sobat mengalami masalah tersebut, segera diatasi ya karena lampu sein memiliki peran yang sangat penting seperti yang saya sebutkan diatas. Cara mendeteksinya mudah kok, baca aja sampai akhir. 

Penyebab Lampu Sein Berkedip Lebih Cepat

Lampu Reting/Sein
Lampu Reting/Sein
Lampu reting yang berkedip lebih cepat biasanya disebabkan oleh watt lampu yang berbeda, umumnya sih lebih besar dari standarnya. Sehingga membuat arus yang mengalir untuk menyalakan lampu tersebut lebih besar, arus yang melewatu flashe (komponen yang berfungsi untuk mengedipkan lampu) juga akan lebih besar. Otomatis akan lebih cepat berkedip.
Bisa juga voltnya berbeda, saya perna mencoba-coba memasang lampu reting dengan lampu yang digunakan untuk 24 volt, padahal aki tersebut memliki teganagan 12 volt. Hasilnya lampu reting berkedip lebih cepat.
Jadi bila lampu sein kamu mengalami kedipan yang tidak normal setelah dilakukan penggantian, mungkin saja spesifikasi lampunya berbeda.
Ada juga jenis flasher yang bisa disetel, seberapa cepat lampu sein akan berkedip. Nah bila tiba-tiba kedipan lampu reting motormu lebih cepat dari biasanya mungkin juga disebabkan karena setelannya berubah atau karena flashernya yang mulai eror.
Kesimpulannya, ada dua yang bisa kamu lakukan jika lampu sein berkedip lebih cepat yaitu :
1. Cek semua lampu, spesifikasinya termasuk mati atau tidak.
2. Cek kondisi flaseher, bila bisa di setel coba disetel.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *