8 Penyebab Busi Hitam Yang Biasa Terjadi

  • Whatsapp
penyebab busi hitam

Penyebab busi hitam beraneka ragam, namun pada dasarnya penyebabnya adalah karena pembakaran yang tidak sempurna di dalam silinder. Sehingga sisa-sisa pembakaran akan menempel pada busi.

Peristiwa ini dapat kita amati seperti pada saat memasak di dapur, jika apinya biru sempurna dia tidak akan meninggalkan “angus” berwarna hitam. Namun jika apinya kuning (menandakan pengapian tidak sempurna), maka akan meninggalkan “angus” berwarna hitam diarea yang bersentuhan langsung dengan api.

Muat Lebih

8 Penyebab Busi Hitam Yang Biasa Terjadi

Berikut ini akan kami sebutkan beberapa penyebap mengapa busi dapat berubah menjadi warna hitam ketika di cek.

1. Setelan terlalu boros

Penyebab busi hitam yang pertama adalah setelan bahan bakar terlalu boros. Kondisi ini sering terjadi pada mesin dengan sistem karburator. Dimana setelan pada karburatornya tidak tepat atau terlalu boros. Setelah yang terlalu boros akan membuat bahan bakar tidak terbakar sepenuhnya. Sedangkan pada mesin dengan tipe injeksi bisa disebapkan karena sensor- sensor yang bermasalah atau bisa juga karena injectornya yang sudah aus/rusak.

2. Sistem Pengapian Bermasalah

Sistem pengapian berfungsi untuk membakar campuran udara dan bahan bakar yang ada di ruang bakar. Apabila sistem pengapian ini bermasalah maka bahan bakar tidak terbakar secara keseluruhan. Akibatnya akan meninggalkan bekas di busi dan ruang bakar. Indah yang membuat busi berwarna hitam.

Sementara itu sistem pengapian yang bermasalah yang menjadi penyebab busi hitam bisa terdiri dari berbagai macam bentuk seperti, busi lemah, koil mati, kabel tegangan tinggi putus, setelan saat pengapian tidak tepat.

3. Busi Mati / Tidak Cocok

Setiap kendaraan memiliki tipenya masing-masing. Termasuk, dalam penggunaan komponen pada bagian pembakaran. Busi menjadi salah satu bagian yang harus diperhatikan. Jika anda menggunakan busi dengan tipe atau jenis yang berbeda, membuat pengapian tidak dapat sempurna.

Derajat panas yang kurang mengakibatkan proses pembakaran menjadi kurang sempurna. Sebenarnya, panas pada busi masih tetap bekerja. Hanya saja, untuk hasilnya tidak sesuai pada yang dibutuhkan oleh mesin. Disarankan, untuk bisa menggunakan busi yang sesuai dengan kualitasnya.

4. Koil Pengapian Lemah / Mati

Ignition coil berfungsi untuk membangkitkan tegangan baterai 12 volt menjadi tegangan tinggi (15kvolt atau lebih). Tegangan tinggi ini diperlukan agar busi dapat meloncatkan bunga api, ketika tegangan yang dibangkitkan tidak mencapai sebesar itu tentu loncatan bunga api yang dihasilkan juga tidak besar. Kalau apinya gak besar, kira-kira gimana ya nasib bahan bakarnya? Apakah terbakar sempurna? Jika tidak sempurna apa cirinya? Busi hitam.

5. Kabel Tegangan Tinggi Bocor/Putus

Pada beberapa jenis kendaraan ada yang masih menggunakan kabel busi atau kabel tegangan tinggi, kabel ini berfungsi untuk mengalirkan arus tegangan tinggi dari koil sampai ke busi. Ketika tahanannya terlalu tinggi, bocor, atau bahkan putus tentu penyaluran arus tidak maksimal.

Maksudnya bocor seperti apa? Bocor artinya, arus dapat loncat ke massa sebelum sampai ke busi. Hal ini bisa terjadi apabila kabel mengelupas atau kualitas isolatornya sudah buruk.

6. Saat Pengapian Terlalu Mundur

Saat pengapian merupakan waktu busi membakar campuran udara dan bahan bakar, umumnya terjadi sesaat sebelum piston sampai di TMA. Jika terlalu mundur, atau terlambat tentu akan berdampak pada tenaga dan hasil pembarannya kan? Penyebab busi hitam yang satu ini bisa terjadi pada semua kendaraan.

Baca juga : Akibat saat pengapian terlalu maju atau terlalu mundur

7. Sistem EFI Bermasalah

Pada sistem fuel injection, pengaturan jumlah bahan bakar di atur oleh ECU dengan memperhatikan kondisi dan beban kendaraan. Kondisi dan beban kendaraan tersebut dilihat dari sensor-sensornya, ketika sensor-sensor ini bermasalah tentu pembacaan kondisi kendaraan tidak tepat. Biasanya ditandai dengan menyalanya check engine.

8. Filter Udara Kotor

Filter udara yang kotor menjadi salah satu penyebab busi hitam. Filter udara berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke ruang bakar, ketika tersumbat karena terlalu kotor bisa membuat pasokan udara tidak lancar. Akibatnya tentu campuran udara dan bahan bakar menjadi gemuk (boros).

Begitulah ulasan lengkap mengenai penyebab busi hitam. Bagaimana, sekarang anda sudah paham secara lengkap mengenai penyebabnya ya? Jika sudah memastikan penyebabnya, maka harus dilakukan penanganan yang tepat. Jangan sembarangan dalam melakukan penanganan. Karena, jika salah justru bisa merusak komponen yang lainnya. Semoga bermanfaat!

Pos terkait