Penyebab Bensin Tidak Mengalir Ke Karburator Mobil

  • Whatsapp
bensin tidak mengalir ke karburator
Sumber gambar : www.yourmechanic.com

Penyebab Bensin Tidak Mengalir Ke Karburator Mobil – Kendaraan berupa mobil memang harus dijaga dengan baik. Salah satu masalah yang paling sering terjadi yaitu bensin tidak mengalir ke karburator. Jika masalah ini terjadi, bisa saja mengakibatkan mobil menjadi mogok dan tidak bisa digunakan. Tentunya, andaharus mengetahui penyebab bensin tidak mengalir ke karburator mobil secara lengkap.

Bensin mobil yang tidak mengalir mengakibatkan mobil tidak bisa digunakan. Bahkan, hal ini bisa terjadi secara tiba-tiba. Sangat berbahaya, jika saat digunakan lalu mesin mobil mati secara mendadak dari hal ini. Sebenarnya, apa saja penyebab bensin tidak mengalir ke karburator mobil? Ketahui secara lengkap ulasannya dibawah ini.

Bacaan Lainnya

Beberapa Penyebab Bensin Tidak Mengalir Ke Karburator Mobil

Ada baiknya, anda memahami dengan benar mengenai penyebab dari bensin tidak mengalir ke karburator. Berikut beberapa penyebabnya:

1. Kelistrikan Mobil Bermasalah

Jangan salah, ternyata kelistrikan mobil juga bisa menjadi penyebabnya. Banyak para pengguna mobil yang mungkin belum mengetahui mengenai hal ini.

Sistem kelistrikan memiliki peranan yang cukup penting dalam bagian mesin. Termasuk, kelistrikan yang berkaitan dengan relay fuel pump. Jika kelistrikan tidak bekerja secara maksimal, tentunya bisa menyebabkan mesin menjadi mogok.

Untuk itu, anda harus mengatasinya dengan segera. Caranya, anda bisa mencoba dengan menggunakan aki mobil yang lainnya. Jika masalah ini masih saja terjadi, maka cobalah untuk menggunakan volt stabilizer.

Atau, anda juga bisa melakukan tune up untuk membersihkan mesin serta saluran dari bahan bakar. Jadi, semuanya akan di bersihkan agar lebih bisa menyalurkan dengan baik.

2. Rusaknya Relay Fuel Pump

Penyebab selanjutnya yang kemungkinan terjadi yaitu karena adanya kerusakan pada bagian relay fuel pump. Kendala ini banyak sekali terjadi pada mobil yang sudah berumur.

Namun, tidak menutup kemungkinan mobil baru juga bisa terjadi masalah ini. Untuk itu, harus dicek lebih dalam terlebih dahulu secara jelas. Kemudian, baru bisa diberikan penanganan yang tepat.

Terdapat beberapa hal yang bisa saja terjadi pada kasus ini. Seperti kontak relay hangus, atau terhalang oleh kerak. Plat pada kontak relay terputus, bahkan plat relay yang sudah mulai lemah.

Untuk memperbaikinya, maka harus diketahui terlebih dahulu bagian mana yang bermasalah. Jika sudah, dapat dilakukan pergantian. Namun, alangkah baiknya untuk bisa diganti semuanya untuk memberikan kenyamanan dalam berkendara.

3. Fuel Pompa Rusak

Fuel pump
Sumber : tokopedia.com

Sudahkah anda melakukan pengecekan pada bagian fule pompa? Pompa bahan bakar menjadi salah satu hal yang sangat penting. Karena, dengan tidak berfungsinya bagian ini membuat bensin menjadi tiak bisa mengisi pada karulator.

Akibatnya, mesin menjadi mati dan mobil tidak bisa digunakan. Bagian ini kerap kali rusak karena adanya kerak yang berasal dari air dalam tanki bensin.

Untuk itu, lebih baik dilakukan pengecekan terlebih dahulu. Apakah, memang terdapat kerak pada fuel pompa tersebut. Jika memang terdapat kerak, maka bersihkan sampai bersih.

Atau, bagian lainnya yang sudah rusak. Disarankan, untuk bisa menggantinya dengan yang baru untuk memberikan kenyamanan dalam berkendara.

4. Fuel Filter Kotor

Fuel filter (filter bensin)
Fuel filter – sumber (blibli.com)

Bagian dari fuel filter juga perlu untuk anda lakukan pengecekan. Karena, bagian ini bisa menyebabkan bensin tidak bisa naik ke karburator mobil. Masalah yang terjadi pada filter ini yaitu adanya kotoran begitu banyak. Jika sudah terjadi kotoran yang begitu banyak, maka harus dengan segera dilakukan pembersihan.

Untuk pembersihan berlaku jika filter belum terlalu banyak terkena kotoran. Namun, jika sudah terlalu banyak maka harus diganti dengan yang baru.

Karena, akan lebih mudah nantinya bensin agar bisa menuju ke karburator. Pilihlah filter yang sesuai dengan kebutuhan kendaraan mobil anda.

Pengaruh filter bensin mobil kotor jelas sangat terasa. Untuk itu, pastikan setelah diganti harus anda lakukan perawatan dengan rutin!

5. Bahan Bakar Habis

Bensin yang sudah mulai habis bisa menjadi sulit untuk mengalir ke karburator. Untuk itu, para pengguna kendaraan mobil sebaiknya memahami hal ini.

Alangkah baiknya, untuk selalu bisa memberikan bensin mobil dalam posisi yang baik. Jangan sampai, bensin pada mobil selalu di ambang batas bawah pengisian.

Karena, akan menyulitkan proses untuk mengalir ke karburator. Terutama, pada model mobil yang lama. Maka, harus bisa memperhatikan hal ini.

Sebaiknya, selalu usahakan bensin pada posisi setengah untuk lebih aman dalam berkendara. Serta, tidak macet jika nantinya melakukan perjalanan.

Ternyata, cukup banyak penyebab bensin tidak mengalir ke karburator mobil. Tentunya, setelah anda memahami penyebab tersebut sudah lebih bisa melakukan penanganan yang tepat.

Jangan sampai, anda salah dalam melakukan penanganan. Sebaiknya, jika anda kurang paham mengenai masalah tersebut bisa dibawa ke bengkel. Semoga bermanfaat!

Baca juga : 7 Komponen Sistem Bahan Bakar Bensin Konvensional + Fungsinya Lengkap !

Pos terkait