Pengaruh Sudut Dwell Terhadap Pengapian Mobil

  • Whatsapp
pengaruh sudut dwell terhadap pengapian
Gambar ilustrasi sebuah mesin

Ini Pengaruh Sudut Dwell Terhadap Kemampuan Pengapian Mobil – Dwell angle dapat diukur dengan menggunakan alat yang bernama dwell tester, juga dapat dilakukan dengan menggunakan alat engine tuner. Dwell angle merupakan sudut yang dibentuk selama platina menutup atau selama arus primer mengalir.

Sudut dwell dapat disetel dengan jalan merubah celah platina, bila celah platina diperbesar maka sudut dwell akan semakin kecil. Sebaliknya bila celah platina dikecilkan sudut dwell akan semakin besar.  

Muat Lebih

Sudut dwell yang terlalu besar atau kecil akan berpengaruh pada kemampuan pengapian suatu mobil. Maka dari itu dwell angle ini harus diperiksa dan disetel sampai sesuai dengan spesifikasi yang terdapat pada buku pedoman reparasi atau buku manual.

Baca juga : Cara Mengukur Sudut Dwell dengan Dwell Tester

Pengaruh Sudut Dwell Terhadap Kemampuan Pengapian Mobil

Untuk memudahkan dalam menjelaskan, kita bagi menjadi dua. Satu bila sudut dwell terlalu besar dan yang satunya lagi jika sudut dwell terlalu kecil.  

Pengaruh sudut dwell terlalu kecil terhadap kemampuan pengapian mobil

pengaruh sudut dwell terlalu kecil terhadap pengapian
Gambar ilustrasi pengaruh sudut dwell yang terlalu kecil terhadap pengapian moil

Dwell angle yang kecil berarti celah platinanya terlalu besar, ini artinya platina lebih cepat membuka. Atau platina menutup (arus primer mengalir) dalam waktu yang singkat.

Arus primer berguna untuk menciptakan kemagnetan pada ignition coil, dan ignition coil berperan untuk membangkitkan tegangan dari 12 volt menjadi 20 K volt.

Jika arus primernya hanya mengalir dalam waktu yang singkat, maka kemagnetan di ignition coil khusunya kumparan primer tidak dapat maksimal, sehingga induksi tegangan tinggi yang dihasilkan juga tidak optimal.

Kemampuan engapian akan kecil, dan mobil akan sulit dihidupkan.   Lebih lanjut lagi apabila kemampuan pengapian kecil, maka akan berpengaruh pada kandungan zat pada gas buang.

Karena pangapian tidak bekerja dengan semestinya banyak bahan bakar dan udara yang tidak terbakar. Sehingg ketika di cek emisi gas buang maka kandungan HC pada gas buang akan tinggi. Mungkin akan melebihi spesifikasi yang ada.   

Pengaruh sudut dwell terlalu besar terhadap kemampuan pengapian mobil

pengaruh sudut dwell terlalu besar terhadap pengapian
Gambar ilustrasi pengaruh sudut dwell terlalu besar terhadap pengapian

Begitu juga dengan apabila dwell angle terlalu besar, pasti tidak akan baik untuk bagi kemampuan pengapian mobil. Sudut dwell yang terlalu besar berarti celah platinanya terlalu kecil.

Kondisi seperti ini celah platina akan lebih cepat menutup (menutup lama) yang mana arus primer akan mengalir dalam waktu yang lama. 

Mungkin kemampuan pengapian dalam menghasilkan percikan bunga api akan baik, akan tetapi kontak pemutus atau platina akan mudah panas yang menyebapkan cepat aus, disamping itu juga koil akan panas.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 Komentar

  1. Platina itu unuk memutus arus primer, TCI juga untuk memutus arus primer,, saya belum pernah dengar penggabungan antara platina dengan TCI.. Kalau tci sudut dwellnya sudah diatur secara elektronik juga..

    1. Lihat buku manual, spesifikasinya berapa.. Tapi pada umumnya sudut dwell tersebut terlalu kecil.. Sehingga perlu diperbesar dengan cara mengecilkan celah platina..