Pengalaman PKL di Bengkel Mobil: Hari Pertama Masuk

  • Whatsapp
Bisaotomotif.com, Pengalaman PKL di Bengkel Mobil: Minggu Pertama adalah Perkenalan – Hayoo siapa nih yang bentar lagi ada PKL (Praktek Kerja Lapangan) di bengkel mobil? Ngomong-ngomong tentang PKL pasti tidak jauh-jauh dari anak SMK (Sekolah Menengah Kejuruan).
Berhubung dulunya saya juga sekolah di SMK jurusan Teknik Kendaraan Ringan, maka pernah mengalami masa-masa praktik industri atau yang lebih familier kita kenal sebagai PKL. Waktu itu saya praktik industrinya di salah satu Bengkel Mobil yang lumayan besar yang ada di Jln Laksda Adisucipto, bengkel itu adalah Grand Racing. Sebuah bengkel mobil yang melayani servis, tune up, ganti oli, salon mobil, service ac dll.
Selama PKL sih seru banget, walaupun ada beberapa ketelodoran yang bisa dibilang fatal. Tapi ya maklum, namanya juga lagi belajar. Penasaran dengan ceritanya? Baca terus ya guys sampai akhir.
Sebelum Memutuskan di Bengkel Mobil Grand Racing
Masih teringat dibenak saya dulu, ketika itu ada beberapa pilihan bengkel mobil yang akan saya tempati selama 3 bulan untuk praktik industri, beberapa bengkel tersebut antara lain di Nasmoco dan Borobudut Oto (Mitsubishi Motor).
Tapi, karena sudah penuh, maka terpaksa mencari tempat PKL yang lain. Ketemulah di pinggir jalan Laksda Adisucipto atau Jalan Solo. Bengkel mobil tersebut adalah Grand Racing, salah satu bengkel mobil di Jogja yang melayani servis, tune up, spooring and balancing, ganti oli, salon mobil, cuci mobil dll.
Kebetulan juga dan tak disangka-sangka, kepala bengkel di Grand Racing merupakan teman baik dari bapak saya. Alhasil, keyakinan saya semakin mantap karena merasa lebih deket ada yang ngajarin.
Waktu itu, kami bertiga bersama dua temanku yang bernama Ade dan Lukman. Kedua-duanya enak sih diajadikan temen, saling support dan saling ngebantu.
Satu bulan sebelum hari masuk PKL, saya bersama ketiga temanku memasukkan surat permohonan agar diterima untuk praktik Industri. Masih ingat dulu, manajernya adalah wanita, dan wuhhh cantik maksimal dan kelihatan masih muda, tapi lebih tepatnya dibilang tante-tante sih. Tapi sumpah, wajahnya bikin asololee.
Karena saya dan temenku terbilang punya tampang yang agak lumayan, wkwk langsung deh diterima. Dan pas bulan maret kalau ngga salah, langsung masuk deh.
Pengalaman PKL di Bengkel Mobil: Hari Pertama Masuk
Pengalaman PKL di Bengkel Mobil: Hari Pertama Masuk
Hari Pertama Masuk
Hari pertama masuk saya berangkat dari rumah pagi-pagi sekali dengan pakaian yang biasa, kemudian saya jemput temenku lagi ke TKP. Saat di TKP langsung diarahkan untuk parkir motor di tempat parkir yang biasa digunakan oleh para karyawannya di situ.
Karena kami cuma PKL, jadi ngga dapat kamar untuk istirahan dan ganti. Paling kalau ganti di WC atau di tempat khusus yang tersembunyi. 
Setelah ganti baju dan persiapan lainnya, kami kemudian ketemu dengan Bu Rahma, ciahh. Untuk tanya-tanya seperti apa teknisnya nanti.
Tapi, kemudian saya bersama kedua temenku disuruh untuk bertemu dengan Pak Maryono yang merupakan kepala bengkel di Grand Racing.
Setelah ketemu, langsung deh dibariskan dan di breafing sebentar. Waktu itu tidak hanya kami bertiga, tapi ada juga siswa lain dari sekolahan yang berbeda.
Ketika breafing kami dibagi menjadi tiga, ada yang ke blog A, ada yang ke blog B dan ada yang ke blog C. Setelah dibagi, kami kemudian menyalami satu-satu mekanik yang ada di situ, total ada sekitar 15 an orang yang bekerja disitu. Yaa, ibaratnya buat perkenalan lah.
Langsung deh cuss, kami menuju ke-tempat masing-masing, karena kebetulan waktu juga sudah pukul 9.45 WIB.
Setiap blok juga memiliki pemimpin atau kepala bagian, cuman sayang banyak mekanik yang sudah saya lupa namanya. Kalau wajahnya sih masih ingat, sosoknya seperti apa juga masih ingat. Jadi mungkin nanti akan ada inisial untuk menggambarkan orang yang saya maksud.
Di hari pertama ini tidak banyak yang kami lakukan, masih banyak melihatnya. Kadang juga diajari tentang perbaikan dan perawatan komponen mobil, seperti membersihkan busi, membersihkan filter udara, dll.
Jadi pekerjaan di hari pertama terbilang sangat simple, hanya melihat dan memperhatikan apa yang diajari oleh mekanik. Pekerjaan-pekerjaan di hari pertama antara lain :
1. Isi oli (cuma mengisi)
2. Mengambilkan kunci/alat khusus
3. Memeriksa air aki
4. Membersihkan busi
5. Dongkrak
6. Membersihkan filter udara
7. Membersihkan kampas rem
Nah itu sedikit cerita pertama kali saya masuk PKL di bengkel. Ada beberapa tips buat kamu yang akan PKL dan pertama kali masuk.
Tips Masuk Pertama Kali di Bengkel Mobil Saat PKL (Praktik Kerja Lapangan/Praktik Industri)
1. Sebelum masuk pastikan baju dan peralatan sesuai dengan yang diminta.
2. Temui manajer yang dulu menerimamu, atau langsung temui kepala bengkel agar diberi arahan.
3. Jangan lupa bersikap ramah dan kenalan dengan mekanik-mekanik yang ada. Sopan santun dijaga yaa.
4. Jangan banyak tanya, tanya seperlunya aja. Terlebih lagi apabila ada konsumen atau pemilik mobil yang melihatnya.
5. Lakukan sesuai perintah, dan perhatikan saat mekanik memberikan instruksi.
6. Jangan malu untuk bertanya bila tidak tahu atau menemui kesulitan
7. Ngobrol santai saat saat istirahat, misal tanyai asalnya, anaknya berapa, sudah kerja berapa lama, dll.
8. Disiplin dan jangan terlambat
9. Tampilan rapi dan jangan sembrono
Oke, ditunggu edisi keduanya yaaa 🙂 Terimakasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *