Pahami Perbedaan Air Aki dengan Air Accu Zuur Berikut Ini Agar Tidak Salah Dalam Perawatan Aki

  • Whatsapp
Bisaotomotif.com, perbedaan air aki dengan air accu zuur – Dalam perawatan aki ada beberapa penanganan yang perlu diperhatikan, seperti pada saat jumlah elektrolit berkurang maka perlu dilakukan penambahan. Penambahan apa nih? Penambahan menggunakan air aki. Air aki atau accu zuur? Nhoo kan sudah bingung, jadi yang ditambahin itu air aki atau accu zuur? Kita akan bahas dalam artikel ini secara lengkap dan jelas. Oh iya, kalau dirasa artikel ini bermanfaat jangan lupa share yaa..
Untuk membedakan kedua jenis cairan ini sangatlah mudah, kalian hanya perlu memahami karakteristik dari keduanya. Yang terpenting anda paham, air aki biasa untuk apa dan air accu zuur untuk apa. Karena masalahnya terletak pada pemanfaatannya. Masalah membedakan keduanya cukup simple, kalian baca artikel ini sekali saja, saya yakin sudah dapat membedakan kedua jenis air aki. Bagaimanakah caranya? Simak artikel berikut :

Perbedaan Air Accu dengan Accu Zuur

Perbedaan Air Aki dengan Air Accu Zuur
Perbedaan Air Aki dengan Air Accu Zuur

# Secara visual
Dari segi kemasannya berbeda apabila kita membeli di toko sparpart. Untuk air aki biasa biasanya dikemas dengan botol yang tutup dan stempelnya berwarna biru. Sedangkan accu zuur kemasannya menggunakan tutup dan stempel berwarna merah. Untuk accu zuur kemasannya terkadang berbeda, secara khusus dan lebih tebal. Karena accu zuur ini memiliki sifat keras, jadi harus dikemas menggunakan kemasan yang kuat dan tidak mudah bocor. 
# Tidak semua toko sparpart ada accu zuur
Perbedaan Air Aki dengan Air Accu Zuur selanjutnya Accu zuur lebih sulit didapatkan dari air aki, karena memang jarang sekali penggunaannya pada aki. Setiap kali jumlah elektrolitnya berkurang, maka ditambah dengan air aki bukan accu zuur. Accu zuur ini dapat kalian dapat di toko kimia atau coba di toko khusu penjual aki/baterai mobil.
# Sifatnya dan Baunya
Sara saya jangan sekali-kali mencoba mencium bau dari accu zuur, ingat!! Itu hal yang sangat berbahaya. Accu Zuur merupakan larutan asam sulfat (H2SO4) yang sangat keras, dapat membakar kulit dan membuat kulit melepuh. Sementara air aki tidak memiliki sifat apa-apa, hanya seperti air biasa.
Untuk membedakan dari sifatnya, accu zuur biasanya lebih mudah bergelembung. Dan dari jara beberapa cm sudah tercium bau yang sangat menyengat. 
# Kegunaan air accu dan accu zuur saat perawatan aki/baterai
Keduanya memiliki fungsi yang berbeda, air accu atau air aki digunakan saat jumlah elektrolit berkurang di pertengahan pemakaian. Sedangkan accu zuur digunakan untuk mengisi elektrolit baterai saat aki masih kosong (baru) atau saat aki direkondisi (dikuras). Jangan sekali-kali menambah accu zuur saat elektrolit berkurang, penambahan accu zuur diperbolehkan hanya dengan alasan yang jelas. Penambahan accu zuur ini berakibat pada naiknya massa jenis elektrolit, yang bila tidak sesuai dengan spesifikasi yang ada akan membuat baterai/aki cepat rusak.
Accu zuur bisa saja ditambahkan dalam elektrolit yang kurang, tapi pada saat massa jenis elektrolit baterai benar-benar berkurang. Bagaimana mengukur massa jenis elektrolit baterai? Yaitu dengan alat yang namanya hidrometer.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *