Mengapa ukuran wiper kiri dan kanan dibuat berbeda?

  • Whatsapp
BisaOtomotif.net – Sekarang kita sudah memasuki musim penghujan, yang mana keberadaan dari wiper sudah mulai difungsikan, terutama pada saat hujan. Wiper ini akan menghapus air yang ada dikaca, sehingga pengemudi dapat melihat lebih jelas jalan di depannya.
Pada umumnya jumlah wiper dibagian kaca depan adalah dua buah, yaitu bagian kanan dan juga bagian kiri. Kalau anda perhatikan wiper yang kanan dan kiri itu ukurannya berbeda, wiper bagian kananlah (bagian pengemudi) yang lebih panjang khusus untuk mobil yang beredar di Indonesia.
Sebenarnya apasih alasannya mengapa wiper kiri dan kanan dibuat berbeda, kok ngak dibuat sama aja. Kan lebih enak dalam proses penggantian. 
Mengapa wiper kiri dan kanan dibuat berbeda?
Mengapa wiper kiri dan kanan dibuat berbeda?
Ukuran wiper sebelah kanan lebih besar karena digunakan untuk menghapus air pada kaca mobil yang berada di depan pengemudi, sehingga membutuhkan yang besar agar kaca benar-benar bersih dan pengemudipun dapat melihat jalan dengan sangat jelas.
Untuk contohnya kami ambilkan dari mobil Toyota Avanza, pada mobil ini ukuran untuk sisi kanan adalah 20 inchi, sedangkan untuk sisi kirinya adalah 16 inchi. Begitu juga dengan mobil lainnya seperti Honda Freed, sisi kanan berukuran 26 inchi dan sisi kirinya 14 inchi.
Ukuran pada setiap mobil berbeda-beda, jadi sebelum menggantinya perhatikan ukurannya. Jangan sampai salah, apabila salah maka dapat bermasalah. Kalau kepanjangan bisa jadi bertubrukan, bila terlalu pendek maka jangkauan wiper dalam membersihkan kaca juga semakin kecil.
Salah satu ciri karet wiper yang perlu diganti adalah sudah tidak bersih lagi dalam membersihkan kaca mobil dari air saat hujan. Ciri-cirinya terdapat garis-garis air yang tertinggal di kaca. Selain itu juga dapa diketahui dengan melihat kondisi karetnya. Karet yang rusak adalah karet yang tipis, getas, kaku dan tidak elastis.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar