Mengapa Perlu Penyesuaian Volume Penyemprotan Pada Mesin Diesel?

  • Whatsapp
Mengapa Perlu Penyesuaian Volume Penyemprotan Pada Mesin Diesel? – Pompa injeksi dalam sistem bahan bakar mesin diesel berfungsi untuk menyediakan bahan bakar dalam tekanan tinggi yang kemudian akan disalurkan ke injector nozle untuk dikabutkan.
Masalah waktu dan volume penyemprotan juga diatur oleh komponen yang ada pada pompa injeksi. Waktu atau timing penyemprotan di atur oleh automatic centrifugal timer, atau advans sentrifugal yang akan menyesuaikan waktu penyemprotan dengan putaran mesin.
Sementara itu untuk volume penyemprotan juga di atur, komponen yang mengatur volume penyemprotan pada mesin diesel adalah governor. Governor ini akan mengatur banyak sedikitnya bahan bakar yang disemportkan oleh injector/nozle sesuai dengan kebutuhan. Governor mengatur volume penyemprotan dengan menggeser control rack. Governor ini terdapat dua tipe yaitu Simple mechanical centrifugal governor dan combined yang merupakan kombinasi antara pneumatic governor dengan mechanical centrifugal.

Mengapa sih volume pnyemprotan perlu diatur? Ini jawabannya :

Pengaruh Kecepatan Terhadap Isi Silinder
Pengaruh Kecepatan Terhadap Isi Silinder

Pada putaran rendah, terjadi kerugian isi silinder, karena terjadi kebocoran pada cincin torak, karena terjadi penyemprotan sedikit, moment putar juga rendah

Pada putaran menengah, isi silinder maksimum, volume penyemprotan maksimum, maka moment putar juga maksimum.
Pada putaran tinggi, isi silinder menjadi jelek, karena waktu untuk langkah hisap menjadi pendek, sedangkan volume penyemprotan maksimum, maka gas buang berwarna hitam.

Pada putaran tinggi, volume penyemprotan harus disesuaikan

Jadi sudah tahu kan mengapa volume penyemprotan pada mesin diesel itu perlu diatur? Artikel selanjutnya adalah tentang bagaimana Governor mengatur volume penyemprotan. Jadi jangan sampai ketinggalan ya, untuk tetap update dapat like fanspage kami dan SUBCRIBE Channel YT kami ya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *