Mengapa Kendaraan Harus Perawatan dan Servis Berkala?

  • Whatsapp
mengapa kendaraan harus diservice

Mengapa Kendaraan Harus Perawatan / Servis Berkala? – Sebuah pertanyaan yang cukup bagus terutama bagi para pemilik kendaraan maupun bagi mahasiswa yang sedang belajar tentang teknik kendaraan ringan.

Mengapa mobil itu perlu di rawat? Agar awet, agar tidak mudah rusak, agar performanya maksimal dan agar aman. Yaa jawabannya benar semua, mobil itu seperti tubuh manusia. Jika kita rajin merawatnya seperti rajin olahraga dan makan makanan bergizi tentu tubuh kita akan lebih sehat.

Begitu juga dengan kendaraan, harus selalu dijaga kondisinya dan diperiksa secara rutin. Pemeriksaan secara rutin ini bertujuan untuk menjaga agar performa mesin maksimal, selain itu juga memastikan komponen krusial dalam kondisi aman.

Komponen krusial itu apa saja? Komponen yang rusak bisa membahayakan seperti rem, mesin, aki, oli, radiator, kaki-kaki dan lain sebagainya.

Agar semakin paham tentang tujuan pemeriksaan dan service rutin untuk kendaraan. Berikut adalah beberapa tujuan mengapa kita harus melakukan service rutin :

Mengapa Kendaraan Harus Perawatan dan Servis Berkala?

1. Kendaraan Selalu dalam Keadaan Optimal dan Siap

Pernahkah Anda mengalami mobil ketika akan dipakai ternyata tidak bisa hidup? Padahal Anda sedang terburu-buru dan harus segera sampai di tempat tujuan karena sudah ditunggu oleh klien atau teman Anda.

Tentu tidak mau bukan terjadi hal seperti itu? Solusinya adalah dengan rutin melakukan service atau perawatan rutin. Mobil tidak mau hidup bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti aki/baterai tekor, busi mati, pompa bensin rusak dll.

Tidak hanya tidak mau hidup, tapi permasalah seperti rem tidak pakem, mesin susah hidup, tarikan berat, suara mesin kasar juga menjadi beberapa masalah yang diakibatkan karena malasnya service rutin.

2. Biaya Perawatan Yang Hemat

Tahukah Anda jika melakukan perawatan secara rutin justru membuat biaya perawatan semakin hemat, sebagai contoh dalam hal penggantian oli. Jika Anda melakukan penggantian oli secara rutin, mesin Anda akan aman dan terjaga. Anda hanya butuh mengeluarkan biaya penggantian dan beli oli saja.

Tapi jika Anda malas mengganti, bisa jadi mengakibatkan kerusakan pada mesin seperti aus, overheat, sampai macet. Jika dihitung-hitung biaya perbaikan bisa 10 kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan penggantian oli secara rutin.

Dengan melakukan perawatan juga membuat umur kendaraan semakin panjang.

3. Keamanan dan Keselamatan

Perawatan dan service rutin bertujuan juga demi keselamatan dan keamanan pengendara, terutama yang berkaitan dengan hal-hal vital seperti rem, aki, lampu kepala, mesin, radiator, abs, dll.

Coba bayangkan jika rem tidak berfungsi dengan normal akibat jarang diservis? Tentu bahaya bukan? Begitu juga dengan aki yang tekor, lampu kepala mati, mesin tidak mau hidup, radiator bocor atau abs tidak berfungsi?

4. Kenyamanan

Kerusakan atau masalah dalam kendaraan bisa membuat ketidaknyamanan, sebagai contoh kaki-kaki kendaraan yang sudah aus. Paling banyak membuat kendaraan susah dikendalikan, bunyi abnormal hingga ketidaknyamanan ketika melewati jalan tertentu seperti jalan bergelombang atau tidak rata.

Ketidaknyamanan ini tentu tidak Anda harapkan kehadirannya, apalagi jika Anda melakukan perjalanan jauh pasti tidak enak. Maka dari itulah pentingnya untuk melakukan servis dan perawatan rutin pada kendaraan.

Kurang lebih itu adalah 4 tujuan melakukan perawatan dan servis rutin. Jangan lupa share artikel ini ke teman-teman kalian ya. Terimakasih.

Pos terkait