Mengapa Helm Cakil Untuk Motor Trail Berbeda? Apa Kegunaan dari Moncongnya Yang Panjang?

  • Whatsapp
Bisaotomotif.com – Seringkali saya melihat olahraga motor trail, dan saya kepengen banget suatu saat bisa ikut mengendarai motor trail beserta helmnya yang unik itu. Yes, kalau dilihat-lihat helm khusus trail memang berbeda dari helm full face atau helm cakil lainnya, lihat saja dengan seksama.
Pasti kalau helm untuk motor trail dia tidak punya kaca, dan moncong mulutnya lebih panjang. Kira-kira untuk apa ya guys? apa hanya untuk variasi saja, atau untuk ciri khas agar beda dari helm-helm yang lainnya.
Tapi dibalik itu semua pasti tujuannya sama, yaitu demi keselamatan kepala. Helm adalah salah satu peralatan yang wajib dikenakan saat berkendara, ya kan? Termasuk helm untuk motor sport itu.
Jadi, kegunaan helm pada umumnya adalah untuk melindungi kepala apabila terjadi benturan/jatuh atau hal semacamnya. Apalagi kalau motor trail kan rawan sekali terjatuh, dan terkadang medannya tidak hanya aspal tapi juga bebatuan dan jalan yang tidak rata.
Pada helm untuk motor trail biasanya ada kanopi (semacam topi untuk helm) yang berguna dalam menghalau ranting-ranting pohon maupun kotoran yang menghalangi pandangan mata.
Helm Motor Trail / Motor Cross
Helm Motor Trail / Motor Cross
Nah, perihal helm untuk motor trail tidak memiliki kaca itu tujuannya agar pernafasaan si pengendara lancar. Namanya olahraga pasti butuh tenaga, dan ngos-ngosan, sehingga butuh sirkulasi udara yang lebih lancar. 
Begitu juga dengan moncongnya yang panjang. Tujuannya agar diperoleh ruang untuk bernafas dan sirkulasi udara.
Berbeda bila pada helm full face untuk dikendaraan umum, maka tidak perlu sirkulasi udara yang lebih karena mungkin tidak se ngos-ngosan seperti saat naik motor trail. 
Perihal tidak ada kaca pelindungnya, pengendara motor trail lebih memilih untuk menggunakan kacamata untuk melindungi mata dari tanah-tanah atau kotoran yang loncat dan masuk ke helm.
Kalau sudah tahu kegunaannya kan jadi lebih enak, dan yakin. Pasalnya helm untuk motor trail ini juga digunakan oleh pengguna motor sport di jalan umum.
Oh iyaa sekedar tips, pastikan juga memilih helm yang sesuai dengan ukuran kepalamu ya. Jangan sampai terlalu sempit atau terlalu longgar, biar nyaman dipakainya.
Semoga saja artikel ini dapat menjawab pertanyaan Anda tentang Mengapa Helm Cakil Untuk Motor Trail Berbeda? Apa Kegunaan dari Moncongnya Yang Panjang?. Terimakasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *