Mencuci Motor Dengan Sunlight, Aman atau Bahaya?

  • Whatsapp
amankah mencuci motor dengan sunlight

Mencuci motor dengan sunlight, amankah? Ini Kelebihan dan Kekurangannya – Menjaga kebersihan motor adalah hal yang sangat perlu diperhatikan untuk menjaga tampilan motor tetap awet, terjaga, dan terawat. Tampilan motor yang bersih juga akan membuat motor menjadi lebih sedap dipandang mata. Apakah di antara kalian mendengar bahkan mempraktikkan cara mencuci motor dengan sunlight?

Kalau pada umumnya sunlight atau sabun pencuci piring lazim digunakan untuk mencuci piring, bagi sebagian orang khususnya pengguna sepeda motor, sunlight dapat digunakan sebagai sabun pencuci motor. Mencuci motor dengan menggunakan sabun pencuci piring ini dipercaya membuat tampilan body menjadi lebih kinclong dan kesat.

Kelebihan dan Efek yang Ditimbulkan

Sebagai bagian dari penduduk yang tinggal di daerah tropis seperti di Indonesia ini, kita dituntut untuk lebih sering meluangkan waktu untuk mencuci motor. Cuaca yang panas akan membuat debu-debu beterbangan, sehingga berakibat membuat motor cepat kotor dan berdebu.

Sebaliknya, saat musim penghujan datang, kita juga diharuskan untuk membersihkan motor karena jalanan yang bece, berlumpur, dan membuat motor menjadi kotor. Jika kita malas mencuci, efek yang ditimbulkan adalah kotoran akan mengerak dan membuat tampilan motor menjadi kurang sedap dipandang mata.

Alasan lain yang mendasari munculnya sikap malas mencuci motor adalah karena keterbatasan alat dan ketersediaan sabun pencuci motor yang cukup sulit ditemukan di warung-warung kecil, terutama di beberapa pelosok daerah. Namun, beberapa di antara kalian mungkin sudah tidak asing lagi mencuci motor dengan sunlight.

Banyak yang percaya bahwa mencuci motor dengan sabun pencuci piring ini memiliki banyak kelebihan. Namun, pendapat ini cukup mendapat pro dan kontra dari beberapa pihak.

Ada yang mengatakan bahwa mencuci motor menggunakan sabun pencuci piring atau sunlight dapat memberikan hasil yang memuaskan karena dapat membuat tampilan body motor menjadi kinclong dan mengkilap.

Di sisi lain, ada pula yang membantah dan tidak setuju dengan penggunaan sunlight sebagi sabun pencuci motor.

Sebagian orang yang kontra beranggapan bahwa efek yang ditimbulkan karena kandungan kimia yang keras sehingga dapat mempercepat rusaknya lapisan cat.

Kelebihan Mencuci Motor Dengan Sunlight

Berikut ulasan mengenai kelebihan dari penggunaan sunlight sebagai sabun pencuci motor dan efek yang ditimbulkan.

1. Mudah Ditemukan

Salah satu kelebihan sunlight sebagai sabun pencuci motor adalah keberadaannya yang sangat mudah dijumpai. Hampir di semua tempat dan daerah, bahkan pelosok negeri, sunlight sangat mudah ditemukan.

Mulai dari warung kelontong kecil-kecilan, toko, pasar tradisional, atau supermarket dan swalayan menyediakan sabun pencuci piring ini.

Sunlight lebih mudah dijumpai dibandingkan dengan sabun khusus pencuci motor seperti Kit, Carrera, atau merk sabun pencuci motor lainnya yang cukup jarang bahkan sulit ditemukan, apalagi di toko dan warung kelontong kecil. Inilah alasan mengapa sunlight menjadi salah satu alternatif sabun yang banyak dipilih dan digunakan untuk mencuci motor.

2. Harga Murah, Terjangkau, dan Ekonomis

Kelebihan lain dari sunlight adalah karena harganya yang murah, terjangkau di kantong masyarakat, dan tersedia dalam kemasan ekonomis. Bagi kalian yang ingin menghemat uang, mencuci motor sendiri akan menjadi satu pilihan bijak dibanding membawanya ke tukang cuci motor. Kalian cukup mengeluarkan budget Rp2.000,00 saja untuk mendapatkan satu sachet sunlight. Sangat terjangkau, bukan?

Dengan mencuci motor sendiri di rumah, kalian juga bisa menyesuaikan tingkat kebersihan sesuai dengan yang kalian inginkan. Kadang-kadang tidak semua tukang cuci motor akan membersihkan motor kalian dengan bersih. Tak jarang masih ada beberapa bagian motor yang kotor, terutama pada bagian-bagian yang cukup tersembunyi.

3. Busa Melimpah

Sunlight banyak dipilih oleh masyarakat untuk mencuci motor karena banyaknya busa yang dihasilkan. Busa yang melimpah inilah yang dianggap bisa membuat motor menjadi lebih bersih dan kesat. Banyaknya busa yang dihasilkan juga membuat penggunaannya menjadi irit, karena kalian hanya memerlukan beberapa tetes saja.

4. Mudah Digunakan

Cara mencuci motor dengan sunlight sangat mudah dilakukan. Kalian hanya perlu menyiapkan air secukupnya. Masukkan beberapa tetes atau kira-kira setengah bungkus ke dalam air yang telah kalian siapkan. Banyaknya sabun bisa kalian sesuaikan sendiri dengan kebutuhan.

Aduk perlahan menggunakan tangan agar cairan sunlight larut ke dalam air. Kocok menggunakan tangan hingga muncul busa. Masukkan spons dan remas-remas hingga busa yang dihasilkan menjadi banyak dan melimpah. Usap body motor menggunakan spons yang sudah dipenuhi busa.

Bersihkan secara menyeluruh hingga ke bagian-bagian yang tersembunyi untuk mendapatkan tingkat kebersihan yang maksimal. Bersihkan daerah-daerah yang terdapat noda atau kotoran yang membandel. Guyur dengan air hingga busa menghilang.

Agar semakin kinclong, keringkan menggunakan kanebo atau lap yang bersih.

Baca juga : Cara merawat cat mobil agar awet

Amankah Mencuci Motor dengan Sunlight? Ini Kekurangannya

Mencuci motor dengan sunlight
Gambar ilustrasi mencuci motor dengan sunlight

Meski dapat memberikan hasil yang bersih dan mengkilap, beberapa orang bahkan pakar polish berpendapat bahwa pemakaian sabun pencuci piring atau sunlight dalam jangka panjang justru akan merusak cat pada body kendaraan. Mengapa bisa demikian? Hal ini dikarenakan kandungan cleaner yang tinggi pada sunlight atau sabun pencuci piring lainnya.

1. Merusak Cat Body Kendaraan

Tingginya kadar cleaner atau pembersih pada cairan pencuci piring akan berdampak pada pengikisan lapisan cat pada body kendaraan. Pada body kendaraan, cat yang digunakan biasanya terdiri dari beberapa lapis.

Saat kalian mencuci motor menggunakan sunlight, kalian akan melihat hasil yang mengkilap, bukan? Nah, inilah yang justru akan membuat lapisan cat akan cepat tipis.

Ketika kalian menggunakan sabun yang memiliki kadar cleaner yang tinggi, maka lapisan yang terancam akan cepat terkikis adalah bagian coating, sealent, wax, dan sejenisnya.

Kandungan cleaner yang ada pada sunlight tidak hanya mampu mengangkat kotoran saja, tapi juga ikut mengangkut lapisan cat yang terdapat pada body motor.

Selain kandungan pembersih (cleaner) yang tinggi, kandungan detergen pada sunlight juga terhitung tinggi. Hal ini dibuktikan dengan melimpahnya busa yang dihasilkan dari.

2. Timbul Jamur pada Kaca

Meski sangat memuaskan karena busa yang banyak, namun hal ini justru bisa berdampak buruk pada motor kalian. Apabila sunlight digunakan dalam jangka panjang, maka akan berimbas pada timbulnya jamur pada kaca atau waterspot.

Bagaimana Solusinya?

Lalu, bagaimana solusi agar motor tetap terjaga dan terawat? Kalian bisa menggunakan sabun khusus motor dan sunlight secara bergantian.

Usahakan untuk lebih sering menggunakan sabun khusus motor dibanding sunlight. Sebagai langkah pengiritan dan penghematan, penggunaan sunlight untuk mencuci motor tidak ada salahnya, namun jangan terlalu sering.

Formula pada sabun khusus motor tentunya sudah disiapkan sesuai dengan kebutuhan motor dan menjaga lapisan cat lebih baik dibanding sunlight.

Biasanya pada sabun khusus motor atau mobil sudah dilengkapi dengan kandungan wax carnauba, polimer, dan sejenisnya yang berfungsi untuk melembabkan, melapisi permukaan body kendaraan, dan membantu lapisan cat agar tidak cepat rusak.

Dapat disimpulkan, mencuci motor dengan sunlight yang dilakukan secara terus-menerus dan dalam jangka panjang justru akan merusak lapisan cat dan membuat tampilan body motor menjadi cepat kusam.

Jika kalian menggunakannya sesekali waktu tidak akan masalah. Jangan mengejar hasil instan dan murah saja, namun pertimbangkan efek ke depannya terhadap kondisi tampilan motor kalian.

Baca juga : Cara membuat bodi motor mengkilap

Pos terkait