Cara Memilih Oli Motor Matic Yang Berkualitas

  • Whatsapp
cara memilih oli motor matic

Cara Memilih Oli Motor Matic Yang Berkualitas – Kendaraan sepeda motor yang telah digunakan setiap hari alangkah baiknya untuk diganti olinya secara rutin. Memilih oli yang akan digunakan untuk motor matic tidak boleh asal-asalan. Melainkan, harus dipilih yang sesuai dengan kondisi dari mesin pada motor matic. Jadi, harus memperhatikan beberapa cara yang tepat untuk memiliki olinya.

Penggunaan oli yang tepat akan sangat berpengaruh untuk memberikan tenaga pada kendaraan sepeda motor. Pergantian oli sangat penting karena sebagai pels agar mesin terhindar dari goresan dan mencegah terjadinya permasalahan pada mesin. Agar motor matic anda awet dan nyaman digunakan, pemilihan oli motor harus menggunakan cara yang tepat. Ini dia cara memilih oli motor matic yang bisa anda lakukan.

Beberapa Cara memilih Oli Motor Matic

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memilih oli motor matic. Berikut ini beberapa caranya antara lain:

1. Sesuaikan Dengan Rutinitas

Dalam memilih oli untuk motor matic, sangat penting untuk bisa menyesuaikan dengan rutinitasnya. Apakah motor matic anda sangat sering digunakan setiap harinya? Atau sering digunakan untuk beerpergian dengan jarak yang jauh. Nah, dalam pemilihan olinya juga harus menyesuaikan dengan rutinitasnya.

Perlu anda ketahui, motor yang sering berhenti akan membuat mesin menjadi cepat panas. Solusinya, membutuhkan zat aditif untuk mengurangi panas pada mesin motor. Jadi, jika sering melakukan rutinitas maka pilihlah oli yang mengandung zat adiktif. Banyak sekali pilihan oli motor matic yang memiliki komposisi zat adiktif di dalamnya.

2. Pilih Tingkat Kekentalan Oli

Setiap oli pasti memiliki tingkat kekentalan masing-masing. Jadi,diharapkan pengguna paham mengenai tingkat kekentalan yang cocok untuk digunakan pada oli. Bagaimana dengan oli untuk motor matic? Disarankan, untuk menggunakan oli yang memiliki tingkat kekentalan menengah. Artinya, tidak terlalu enter dan tidak terlalu kental.

Oli motor yang terlalu encer akan lebih mudah untuk menguap. Sedangkan, untuk oli motor yang terlalu kental dapat membuat tarikan motor menjadi lebih berat. Jadi, untuk motor matic sebaiknya menggunakan oli motor di tengah-tengah kondisi tersebut. Tujuannya agar tarikannya tetap nyaman dan tidak mudah menguap.

Sebagai contoh, anda bisa memilih oli dengan tingkat Society Of Automotive Engineers yang sama dengan sebelumnya. Namun, jika anda tidak menemukan oli yang sama dengan sebelumnya maka bisa menggunakan jenis multigrade. Jadi, jangan sampai salah ya dalam memilih tingkat kekentalan oli.

Baca juga : Aturan Ganti Oli Motor Yang benar Harus Anda Pahami !

 3. Perhatikan Kode Mutu Oli

Tahapan selanjutnya yang harus diperhatikan yaitu dengan memperhatikan kode mutu oli. Sangat disarankan, untuk menggunakan oli yang sesuai dengan standar kendaraan motor masing-masing. Karena, hal ini sangat berarti untuk membantu memberikan performa yang baik.

Apakah boleh dilakukan pergantian oli dengan menggunakan kode motor yang lainnya? Boleh saja, terpenting yaitu menggunakan kode yang sama atau lebih tinggi. Jangan menggunakan kode mutu yang lebih rendah. Hal tersebut bisa mengakibatkan mesin pada kendaraan menjadi kurang maksimal. Bahkan, bahayanya bisa membuat mesin menjadi rusak. Untuk itu, jangan salah dalam memilih kode mutunya.

4. Perhatikan Standar JASO Oli

Perlu diketahui, untuk memilih oli untuk motor matic memang tidak mudah. Salah satu cara yang bisa digunakan yaitu dengan memperhatikan standar JASO atau Japan Automobile Standard Organization. JASO terbagi dalam 2 yaitu JASO MA dan JASO MB. Lalu, mana yang digunakan untuk motor matic?

Nah, untuk motor matic menggunakan standar JASO MB. Sedangkan, untuk JASO MA biasa digunakan untuk motor sport. Untuk itu, sebelum memilih oli tetap harus memperhatikan standar JASOnya. Jangan sembarangan dalam menggunakan, karena pengaruhnya pada motor sangat besar.

Baca juga : Berapa KM Ganti Oli Motor Matic Yang Baik?

5. Pilih Oli Yang Original

Satu yang paling penting dalam memilih oli yaitu diharuskan menggunakan oli original. Jangan pernah sekali-kali menggunakan oli campuran atau oli palsu. Saat ini, sudah beredar banyak sekali oli palsu dengan harga yang sangat murah. Untuk harga resminya, anda bisa melihat di website setiap produsen oli.

Jangan pernah tergiur dengan harga yang sangat murah, karena bisa jadi oli tersebut palsu. Untuk membedakan oli yang asli dan palsu sebenarnya sangat mudah. Salah satunya dengan melihat botol yang digunakan. Biasanya, untuk yang palsu akan terlihat lebih kusam dan banyak goresan karena sudah pernah dibuka serta tidak tersegel dengan baik.

6. Pilih Oli Yang berkualitas

Memilih oli motor matic sebaiknya pilihlah oli yang berkualitas. Yang berarti oli motor matic setidaknya harus mampu membersihkan, pelindung mesin motor dari oksidasi, korosi, karat dan endapan yang terdapat di mesin. Tidak dapat dipungkiri, jika beberapa masalah tersebut kerap kali terjadi pada motor matic.

Jadi, untuk memilih oli untuk motor matic memang diharuskan untuk bisa memilih yang berkualitas. Karena, percuma saja jika anda menggunakan oli motor yang tidak memiliki fungsi tersebut. Bukannya bisa menyelesaikan permasalahan pada motor, justru menambah masalah.

Itu dia cara memilih oli motor matic yang harus anda pahami. Jadi, tidak sembarangan yang dalam memilih oli motor. Karena, nantinya akan berpengaruh pada kondisi dari mesin motor matic milik anda. Semoga bermanfaat!.

Baca juga : Cara Bengkel Memperbaiki Motor yang Kehabisan Oli

Pos terkait