Kenali E100, Mobil Listrik Dari China Yang Dipamerkan di Indonesia

  • Whatsapp
Tangerang, Bisaotomotif.com – Tidak mau ketinggalan dari dunia industri otomotif yang semakin ketat persaingannya, brand mobil dari china “Wuling” ikut memamerkan mobil listrik racikannya. Wuling menamakan mobilnya dengan E100. 
Langkah Wuling yang merupakan mobil pabrikan china ini menyusul mobil mobil listrik pabrikan jepang yang sebelumnya sudah dipamerkan di Indonesia. Wuling mengeklaim bahwa produknya sudah terjual laris di pasaran china, mereka mengatakan produknya terjual hingga 11.000 unit hanya dalam rentang waktu Januari – Mei 2018.
Laris manisnya mobil ini karena keiritannya dan keramahannya terhadap lingkungan, bahkan tanpa menimbulkan polusi seperti mobil-mobil berbahan bakar minyak. 
Hanya saja untuk saat ini mobil ini hanya dipamerkan saja, untuk mengetes seberapa antusias masyarakat Indonesi terkait mobil listrik. Masalahnya di Indonesia mobil listri belum terlalu umum digunakan, masih umum menggunakan mobil berbahan bakar minyak bumi. 
Bukan tidak mungkin bila respon masyarakat sangat baik, Wuling bakal memproduksinya di negeri kita, tinggal regulasinya saja yang perlu dibereskan. 
Kita coba kenal lebih dekat mobil pabrikan china ini, spesifikasi umumnya E100 mampu menghasilkan tenaga 29 kW dengan torsi hinga 110 Nm. Kecepatan yang paling maksimal yang dapat diraih oleh mobil listrik ini mencapai 100 km/jam, dan sanggup melesat dari 0-50 km/jam hanya dalam waktu 6,5 detik.
Namanya mobil listrik pasti ada jantung yang menjadi sumber tenanganya, E100 menggendong baterai lithium-ion 220 volt, dengan baterai guedhe ini E100 dapat menempuh jarak 200 kilometer untuk kondisi baterai penuh. Tapi sayangnya, dalam mobil ini belum disematkan teknologi fast charging, jadi untuk mengisi baterai dari kosong hingga penuh dibutuhkan waktu charging hingga 9 jam. Waktu yang lumayan lama untuk charging baterai. Kita tunggu saja inovasi terbaru dari Wuling terkait dengan fast chargingnya.
Masalah desain mobil ini cukup mungil dan unik, hampir-hampir mirip dengan Smart ForTwo mobil rakitan Mercedes Benz. Dimensi panjang mobil E100 adalah 2.488 mm dengan lebar 1.506 dan tinggi 1.670 mm. 
E100 -  Mobil Listrik dari China
Sumber : otomotif.kompas.com
Dari segi tipe penggerak rodanya bertipe FWD (Front Wheel Drive) atau penggerak roda depan, ya semacam sedan yang mesin dan penggerak rodanya terletak di didepan. E100 juga sudah dilengkapi dengan Electric Power Steering jadi sudah so pasti akan ringan dan nyaman dari segi kemudinya.
Dari segi pengereman, baik roda depan maupun roda belakang sudah menggunakan rem cakram yang sudah dilengkapi dengan peranti keamanan seperti ABS (Anti Lock Brake System) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD).
Masih dari segi pengereman, E100 juga disematkan Electronic Parking Brake (EPB) salah satu rem modern yang beroperasi secara elektrik, dan akan berfungsi pada saat parkir. Fitur ini bisa diaktifkan saat kendaraan parkir, caranya pun sangat simple yaitu dengan menarik ke atas tombol EPB yang tersedia.
Lanjut ke bagian suspensinya, E100 sudah disematka susepensi independen di bagian depan dan belakang single arm. 
Dari segi keamanannya E100 juga sudah dilegkapi Electronic Stability Control (ESC) dan air bag untuk mencegah benturan pengemudi pada saat terjadi hentakan atau kecelakaan. Tak ketinggalan ada juga ISOFIX yang berguna dalam pengamanan kursi anak tambahan di mobil.
Untuk melengkapi fitur keamanan pada saat parkir, juga ditambah kamera belakang yang akan aktif secara otomatis apabila transmisi berada pada posisi gigi mundur. Hasil pindaian kamera belakang ini akan ditampilkan dalam monitor yang terletak di dashbord mobil. Selain itu juga ada Rear Parking Sensor yang dipasang pada bumper belakang, fungsinya untuk mendeteksi jarak antara kendaraan dan benda di belakang mobil. Hal ini akan berfungsi saat parkir, dan untuk mencegah terjadinya penabrakan benda atau tembok di belakang mobil saat berjalan mundur.
Tidak hanya sampai disitu, ada fitur-fitur lainnya yaitu sudah Keyless Entry, Start Stop Button, Drive Mode (Eco, Normal, Sport), Audio Steering Control, USB Port, 10 inci PAD Menarik untuk menunggu produk ini benar-benar dipasarkan di dalam negeri. 
Masalah harga belum ada bocoran, pokoknya tinggal menunggu rilisnya saja di Indonesia. Dan itu tergantung dari antusian masyarakat Indonesia untuk memiliki mobil listrik pabrikan china ini. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *