√ Selain Kelebihan, Ini Kekurangan Menggunakan Ban Motor Besar

  • Whatsapp
motor ban besar

Kekurangan ban motor besar – Apakah kamu termasuk pengguna sepeda motor yang memiliki ukuran ban luar yang besar? Emm biasanya motor koplingan yang memakai ban jenis besar, seperti vixion, R-15, R-25, CBR dan motor sporty lainnya.

Menggunakan ban gede memang membuat motor tampak gagah, bagaimana tidak sebagai laki-laki yang gede itu terlihat tampak gagah bukan? Otot misalnya..

Kelebihan Ban Motor Besar

Dilansir dari beberapa sumber, ban motor besar memiliki beberapa kelebihan yaitu :

1. Tampak Sporty

Ban besar membuat motor terlihat lebih sporty dan laki. Apalagi didukung dengan body yang gagah. Udah siap tuh buat jalan-jalan.

2. Lebih Kuat, Tidak Mudah Bocor

Ban besar tentu memiliki kekuatan yang lebih dalam menahan beban, hal ini dikarenakan ban yang gede memiliki struktur yang lebih kuat. Jadi cocok nih buat kamu yang memiliki berat badan berlebih.

Baca juga : √ 7 Tips Mencegah Ban Bocor Saat Perjalanan Jauh

3. Lebih Stabil dan Aman

Ban besar lebih stabil ketika di ajak jalan, hal ini karena tapak ban yang bersentuhan dengan jalan juga lebar. Sehingga tidak mudah tergelincir, bahkan ketika terkena batu sekalipun.

Kekurangan Ban Motor Besar

Walaupun menyandang berbagai kelebihan seperti di atas, ban besar juga memiliki kekurangan lho. Apa sajakah itu?

1. Harga Lebih Mahal

Hemm namanya juga semakin besar, pasti bahan pembuatannya juga lebih banyak kan? Maka dari itu ban yang besar relatif memiliki harga yang lebih mahal.

2. Kurang Nyaman

Ban besar akan kurang nyaman dikendarai apabila tidak ada beban di motor tersebut, biasanya akan terasa lebih keras dan kaku.

3. Rantai Lebih Molor

Dengan memiliki beban yang lebih berat, akan membuat rantai dan gear cepat mengalami keausan.

Nah kurang lebih itu adalah beberapa kelebihan dan kekurangan ban besar. Kamu bisa menyesuaikan kendaraanmu dengan kebutuhanmu, tapi yang pasti gunakan ban standar pabrik saja.

Pos terkait