Jual Beli Mobil Bekas Sendiri Rentan Modus Penipuan “Orang Ketiga”, Begini Solusinya!

  • Whatsapp
jual beli mobil bekas

Jual Beli Mobil Bekas – Seperti beli baru, seharusnya jual beli mobil bekas juga dilakukan pada pihak terpercaya. Apalagi jumlah uang yang ditransaksikan cukup besar. Belum lagi perihal sosok pembeli yang samar kredibilitasnya. Maka dari itu, diperlukan pihak terpercaya untuk mengurus hal ini jika tidak mau terkena sial penipuan “orang ketiga” yang banyak memakan korban.

Ya, meski sudah diberitakan secara luas pun masih saja ada yang terjebak. Oleh karena itu, bagi Anda yang baru pertama kali bertransaksi mobil bekas, sebaiknya berhati-hati terhadap kasus penipuan yang tidak sedikit memakan korban. Seperti apa tepatnya modus penipuan menyebalkan ini? Kenali beberapa ciri berikut sebelum hal buruk menimpa Anda.

Simak hingga akhir karena akan kami berikan solusi tepat bagi Anda yang berencana menjual atau membeli mobil second tahun ini dengan mudah dan aman.

Ciri Penipuan Jual Beli Mobil Bekas

1. Akan Dijual Kembali

Sebagai contoh kami berikan kasus penipuan terhadap penjual yang sudah sering terjadi. Setelah memasang harga via online, biasanya akan muncul beberapa orang yang menghubungi Anda. Mulai dari bertanya detail kondisi mobil, surat-surat hingga negosiasi.

Kejanggalan mulai terasa saat pembeli mengatakan bahwa mobil akan dijual kembali. Memang sudah menjadi haknya jika ingin dijual kembali. Namun siapa sangka jika hal ini justru kerap digunakan sebagai motif penipuan.

2. Skema Segitiga

Melanjutkan poin sebelumnya, pelaku yang sudah mahir menipu akan selalu mengatakan sedang berada di luar kota, lalu membawa nama saudara atau pihak ketiga yang menjadi perantara transaksi.

Hal ini disebut sebagai skema segitiga yang belum jelas siapa yang membeli dan siapa yang mentransfer. Bila sudah pada tahap ini, sebaiknya blokir saja nomor orang tersebut.

3. Diminta Berbohong

Jika Anda bersikukuh meladeni penawarannya, tak jarang si penipu berani membawa pihak ketiga untuk melihat mobil sambil meminta Anda untuk berbohong, biasanya perihal harga.

Hal tersebut tampak klise karena sudah lumrah menjual kembali sesuatu lebih tinggi daripada harga asli. Namun, jika terdapat kebohongan di balik sebuah transaksi yang belum jelas persetujuan pastinya, Anda patut terus skeptis pada hal ini.

4. Kalau Sial, Nomor Diblokir atau Datang Orang Lain

Biasanya tahap ini terjadi ketika mobil diserahkan tetapi transferan belum kunjung sampai ke rekening. Bahkan penipu sekarang berani memberikan jaminan dengan janji akan mengirimkan sejumlah uang.

Sebelum pembeli mentransfer uang secara penuh, baiknya tidak terburu-buru melepas surat mobil, apa pun perjanjiannya. Bila surat berada di pihak lain maka penipu dapat dengan mudah memblokir nomor Anda atau mengambil mobil dengan didampingi bodyguard.

Baca Juga: Daftar Mobil Bekas 40 Jutaan

Tips Menghindari Penipuan Jual Beli Mobil Bekas

1. Kenali Skema Segitiga

Hal pertama yang harus dihindari ketika bertransaksi mobil bekas adalah menolak pihak perantara. Jelas aksi membawa nama orang lain dalam proses transaksi akan berujung ketidakjelasan.

2. Bertransaksi di Tempat yang Aman

Tips selanjutnya yaitu melakukan pengecekan mobil di lokasi yang aman dan ramai untuk meminimalkan hal yang tidak diinginkan, semisal dirampok atau dihipnotis. Akan lebih baik lagi jika Anda membawa teman.

3. Jalur Pembayaran dengan Bukti yang Sah

Kemudian, mintalah pembayaran melalui bank. Jangan harapkan pembeli yang membayar selain melalui perantara ini. Karena dengan begitu akan lebih mudah diketahui apakah uang yang dijanjikan sudah sampai ke rekening atau belum. Jika tertipu, Anda bisa melakukan penelusuran ke bank rekening yang bersangkutan.

4. Gunakan Jasa Penjualan Terpercaya

Menjual sendiri mobil memang bukan perkara gampang. Belum lagi perihal negosiasi harga hingga kredibilitas pembeli yang masih abu-abu. Maka dari itu, tips terakhir demi menghindarkan Anda dari sindikat penipuan yakni menggunakan perantara yang terjamin kredibilitasnya.

Baca Juga: Daftar Mobil Pick Up Murah 15 Jutaan

Tempat Jual Beli Mobil Bekas Terpercaya

mobil 88 jual beli mobil bekas

Untuk Anda yang berniat ingin menjual atau membeli kendaraan khusus roda empat, mobil88 adalah pilihan showroom yang tepat.

Jasa profesional ini tidak diragukan karena mobil88 merupakan anak perusahaan Astra International yang telah dikenal luas masyarakat Indonesia.

Sejak berdiri dari tahun 1988 hingga sekarang, bagian dari PT. Serasi Autoraya ini terhitung memiliki 20 cabang yang siap melayani kebutuhan Anda bertransaksi mobil bekas dengan aman. Letaknya sengaja strategis di kota-kota besar agar mudah diakses secara luas.

Tidak hanya unggul dari segi jumlah, setiap unit kendaraan roda empat yang tersedia terjamin berkualitas. Bukan mobil bekas kecelakaan atau bencana alam, apalagi hasil rombak onderdil tindak kejahatan.

Setiap penawarannya terjamin lengkap dengan surat yang aman serta jauh dari penipuan. Ditambah lagi, mobil88 memberikan layanan one stop solution. Apa pun kebutuhan Anda, baik itu menjual atau membeli hingga tukar tambah dengan mobil bekas terbaik akan diproses secara dengan mudah, aman, dan nyaman.

Segera hubungi mobil88 di sini untuk mewujudkan keinginan Anda mendapatkan mobil layak fungsi terbaik tahun ini. Jika Anda ingin mengunjungi dealer langsung lebih baik. Cari yang terdekat dengan lokasi Anda dari daftar alamat berikut.

  • mobil88 Tebet: Jalan Prof. DR. Soepomo No.37, RT.12/RW.3 Tebet Barat, Kecamatan Tebet, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12810
  • mobil88 Surabaya – Sungkono: Jalan Mayjen Sungkono No.125, Dukuh Pakis Kecamatan Dukuh pakis, Kota Surabaya, Jawa Timur 60225
  • mobil88 Surabaya – Jemursari: Jalan Raya Jemursari No.224-228, Prapen Kecamatan Tenggilis Mejoyo, Kota Surabaya, Jawa Timur 60299
  • mobil88 Serpong: Jalan Raya Serpong Km.7, RT.2/RW.1 Pakualam, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320
  • mobil88 Semarang: Timur, Jalan Brigjen Katamso No.23 Peterongan, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah 50242
  • mobil88 Pekanbaru – Sidomulyo: Jl. Soekarno Hatta Km. 9 No. 46A, Sidomulyo Barat, Kecamatan Tampan, Kota Pekanbaru, Riau 28294
  • mobil88 Palembang: Jalan Jendral Sudirman No.2933A, 20 Ilir D. III, Kecamatan Ilir Timur I, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30129
  • mobil88 Medan: Jalan Tengku Amir Hamzah No.46, Sei Agul, Kecamatan Medan Barat, Kota Medan, Sumatera Utara 20235
  • mobil88 Jakarta – Cilandak: Jalan TB Simatupang No.25, Cilandak Barat, Kecamatan Cilandak, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12430
  • mobil88 Depok: No.23, Jalan Margonda Raya Depok, Pancoran MAS, Depok, Kota Depok, Jawa Barat 16431
  • mobil88 Cibubur: Jalan Alternatif Cibubur No.56, Jatikarya, Kecamatan Jatisampurna, Kota Bekasi, Jawa Barat 17435
  • mobil88 Cempaka Putih: Jl. Jendral Ahmad Yani no.51, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10510
  • mobil88 Buaran: Jalan Raden Inten II No.1, RT.001/RW014, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13470
  • mobil88 Bintaro: Jalan Muhammad Husni Thamrin No.7, Pondok Jaya, Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan, Banten 15220
  • mobil88 Bekasi – Kranji: Jalan Jendral Sudirman No.1, Kranji, Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi, Jawa Barat 17143
  • mobil88 Bandung – Soekarno Hatta: Jalan Soekarno Hatta No.515 A, Cijagra, Kecamatan Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat 40265
  • mobil88 Bandung – Pasteur: Jalan Dr. Djundjunan, Terusan Pasteur No.28-30, Pajajaran, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat 40174
  • mobil88 Bandung – Ramdan: Jl. Moch. Ramdan No.105, Cigereleng, Kec. Regol, Bandung, Jawa Barat 40252
  • mobil88 Balikpapan: Jalan MT Haryono No.1, Damai, Balikpapan Kota, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur 76114
  • mobil88 Bali – Denpasar: Jalan Gatot Subroto Barat No.333, Pemecutan Kaja, Kecamatan Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali 80111.

Baca Juga:

Pos terkait