Jenis-Jenis Tang Sebagai Alat Bengkel Otomotif

  • Whatsapp
jenis jenis tang
Gambar jenis jenis tang. Sumber : electronicsforall3

Jenis-jenis tang – Salah satu alat bengkel yang sering digunakan adalah tang, atau kalau dalam bahasa inggris dikenal dengan “Pliers”. Dari berbagai macam-macam yang ada, ada beberapa macam tang yang paling umum digunakan yaitu tang kombinasi, tang potong, tang lancip, tang snapring dan tang betet.

Jenis-Jenis Tang

Selain macam tang di atas, masih terdapat macam-macam tang yang lain yang mungkin kita masih belum familier, maka dari itu pada kesempatan kali ini akan saya share tentang jenis-jenis tang yang merupakan alat-alat bengkel otomotif.

Muat Lebih

1. Tang Kombinasi (Combination Pilers)

tang kombinasi
Tang kombinasi

Sesuai dengan namanya tang ini memiliki berbagai kombinasi fungsi (multi fungsi), seperti digunakan untuk menjepit sesuatu benda seperti pelat atau batang yang relatif kecil dan juga berfungsi untuk memotong kabel atau kawat berdiameter kecil.  

2. Tang Potong

tang potong
Tang potong

Digunakan untuk memotong kawat atau membuka selabung kabel. Fungsi lainnya adalah berfungsi untuk mengeluarkan pen koter (spopen).  

3. Tang Lancip (Tang Long Nose)

tang lancip
tang lancip

Tang lancip berfungsi untuk memegang atau menjepit komponen yang posisinya sulit dijangkau (lubang kecil/dalam) oleh tang kombinasi.  

4. Tang betet (vice grip)

vice grip
Tang betet

Vice grip berfungsi untuk memegang atau menjepit benda kerja dan dapat untuk memegang kuat pada mur/kepala baut yang sudah tidak dapat diputar oleh kunci pas, ring atau kunci shock.

5. Tang pembuka snapring

tang sirlklip
Tang pembuka snapring

Berfungsi untuk memasang dan melepas circlip/snapring eksternal. Terdapat dua macam tang circlip yaitu tang snapring inside (dalam) dan tang snapring outside (luar).  

6.Tongue and Groove Pilers

Digunakan untuk menjepit benda dengan diameter yang relatif besar, digunakan juga untuk melepas klem pada selang.

Baca juga : Nama Alat-alat Bengkel Otomotif : Fungsi dan Gambarnya

7. Tang pengupas kabel

Tang pengupas kabel
Tang pengupas kabel

Berfungsi untuk mengupas kabel, dan untuk memasang kabel pada skun kabel. Nah itu adalah beberapa jenis-jenis tang yang sering digunakan pada bengkel-bengkel motor maupun mobil, apakah kalian mengetahui contoh-contoh tang yang lain?

Jika tahu, share juga ya dengan teman-teman disini.beberapa jenis-jenis tangyang sering digunakan pada bengkel-bengkel motor maupun mobil,

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *