Istilah-Istilah Dalam Pekerjaan Tune Up

  • Whatsapp
Bisaotomotif.com, Istilah-istilah Dalam Pekerjaan Tune Up – Tune up menjadi salah satu pekerjaan yang paling sering dan umum dilakukan oleh mekanik mobil, tune up merupakan salah satu perawatan rutin yang fungsi utamanya adalah untuk mengoptimalkan performa mesin.
Tune berarti mengatur sedangkan up berarti ke -atas. Jadi, semacam menseting mesin agar performanya optimal. Tentu saja mengoptimalkan bukan berarti memaksimalkan suatu mesin agar dapat melaju sekencang-kencangnya, tapi dapat melaju sesuai dengan spesifikasi dengan performa yang optimal, nyaman dan konsumsi bahan bakar yang efisien. Baca juga : Pengertian dan Tujuan Tune Up
Kemarin ada yang bertanya-tanya, “kak mbok jelasin istilah-istilah dalam pekerjaan tune up, sudah cari-cari ngga ketemu katanya”.
Karena pengen ngebantu jadi, ngga papa lah yaa sekalian dibuatkan artikel untuk kali ini. Sebenarnya sih agak bingung juga, istilah yang dimaksud itu istilah yang seperti apa yaaa, emm. Tapi dicoba aja lah, siapa tahu istilah-istilah dibawah ini belum kalian tahu sepenuhnya.
Istilah-Istilah Dalam Pekerjaan Tune Up

Tune Up Mobil
Tune Up Mobil

1. Mesin Nglitik
Adalah kondisi dimana ketika mesin hidup terdapat suara abnormal, seperti nglitik (tek tek tek) yang diakibatkan oleh setelah celah katup yang terlalu renggang (besar).
2. Mesin Pincang 
Mesin pincang adalah kondisi mesin dimana saat stasioner (idle) maupun di gas mesin tidak stabil, goyangannya besar. Yang diakibatkan oleh sistem pengapian yang abnormal (busi mati, kabel busi putus dll) atau sistem bahan bakarnya yang eror (setelannya kurang oke).
3. Over Heating
Over heating adalah kondisi dimana suhu atau temperatur mesin melebihi batas normal, suhu yang bisa dilihat dalam dashbord menunjukan di garis merah.
4. Sudut Dwell
Sudut dwell adalah sudut yang sama dengan waktunya platina menutup, atau dari platina mulai menutup sampai mulai membuka. Baca juga : Pengaruh Sudut Dwell Terhadap Pengapian Mobil
5. Feller Gauge (Fuller)
Feller Gauge adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengukur celah, pada saat tune up digunakan untuk mengukur celah katup, celah busi dan bisa juga untuk mengukur celah platina.

6. Silinder Kop
Mungkin ini sedikit kurang familier kali ya, karena istilah ini biasanya digunakan di bengkel-bengkel. Silinder kop adalah istilah untuk kepala silinder (nama lain).
7. Engine Tuner
Adalah alat yang dapat digunakan untuk mengukur saat pengapian, rpm, sudut dwell, kevakuman dll.
8. Tacho & Dwell Meter
Adalah salah satu alat yang digunakan untuk mengukur putaran mesin dan sudut dwell suatu mesin kendaraan.
9. Timing Light 
Adalah alat yang digunakan untuk mengukur saat pengapian suatu mesin kendaraan. Baca juga : Cara Memeriksa Saat Pengapian Mobil
10. Uji Emisi
Uji emisi adalah langkah yang digunakan untuk mengukur emisi gas buang, kadang polusi dalam gas buang seperti CO2, Hidrokarbon, CO dll. Uji emisi juga digunakan sebagai indikator dari keberhasilan menyetel mesin, selain itu hasil pengukuran mewakili kesehatan mesin yang diukur.
11. TOP
TOP adalah istilah yang digunakan pada saat piston berada di atas. TOP 1 berarti piston silinder 1 berada di atas.
12. Tes Kompresi
Tes kompresi adalah salah  satu langkah dalam pekerjaan tune up untuk mengetahui berapa tekanan kompresi pada salah satu silinder.
13. Stasioner/Idle
Adalah kondisi dimana putaran mesin kendaraan berada di posisi normal tanpa di gas, dan biasanya putaran idle memliki spesifikasi seperti yang ada pada manual book.
14. Selang Vakum
Adakag selang yang terhubung dengan karburator dan vacum advancer untuk memajukan saat pengapian. Pada saat tune up selang vacum ini ditutup agar tidak terjadi kemajuan saat pengapian.

15. Vender Cover
Adalah alat yang dipasang di bodi untuk melindungi bodi agar tidak tergores saat melakukan perbaikan. Vender cover terdiri dari grill cover, seat cover dll.

Nah itu beberapa istilah yang bisa kita temukan pada saat Tune Up. Selebihnya silahkan tambahkan di komentar, bila ada waktu luang akan saya jawab. Okeeyyy, jangan lupa like facebook kami. Terimakasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *