Ini Akibat Jika Tali Kipas Terlalu Kendor atau Terlalu Kencang

  • Whatsapp
akibat jika tali kipas terlalu kencang

Ini Akibat Jika Tali Kipas Terlalu Kendor atau Terlalu Kencang – Semua kerusakan pada mobil pasti ada penyebabnya, salah satunya adalah karena kesalahan penyetelan ataupun tidak pernah dirawat atau diperiksa. Nah, komponen yang perlu diperiksa salah satunya adalah tali kipas, diperiksa bagaimana? Diperiksa bagaimana kondisinya, diperiksa bagaimana kekencangan atau ketegangannya?

Akibat Jika Tali Kipas Terlalu Kendor

Bagaimana kalau ketegangan tali kipas tidak sesuai dengan spesifikasi yang ada? Misal terlalu kendor apakah akan berpengaruh terhadap kinerjanya?  

Muat Lebih

Tentu saja hal itu berpengaruh, pabrik memberikan spesifikasi agar komponen-komponen tersebut dapat bekerja dengan baik dan lebih awet.    Akibatnya jika tali kipas terlalu kendor adalah tali kipas menjadi selip.

Apa akibatnya jika tali kipas selip?

Tali kipas yang selip akan menimbulkan bunyi cit-cit yang ngga enak didengar, selain menimbulkan bunyi juga akan membuat tali kipas cepat aus, panas dan cepat rusak (mengeras/tidak elastis lagi).

Lalu apa akibat jika terlalu kencang?  

Jika terlalu kencang akan membuat tekanan pada bantalan menjadi berlebih, bantalan yang dimaksud adalah bantalan alternator dan pompa air.   

Jika tekanannya berlebih tentu akan membuat bantalan menjadi lebih cepat rusak, bisa juga menimbulkan bunyi yang abnormal.

Apa solusinya?

Solusi terbaik adalah dengan melakukan pemeriksaan, jika tali kipas masih layak dipakai maka bisa dilakukan penyetelan ketegangan tali kipas. Jika sudah mengalami keausan, lebih baik tali kipas diganti dengan yang baru.

Baca juga : Cara Memeriksa dan Menyetel Ketegangan Tali Kipas  

Gimana? Jadi kalau menyetel ketegangan tali kipas harus sesuai yaa, biar komponen lebih awet dan kerjanya pun lebih sempurna.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *