Hubungan Antara Celah Platina dengan Sudut Dwell

  • Whatsapp
Hey guys kali ini bisaotomotif.com akan share lagi tentang sistem pengapian. Lebih detailnya sih tentang hubungan antara sudut dwell dengan celah platine, eh kebalik yang bener hubungana antara celah platina dengan sudut dwell. Maksudnya apakah ada hubungan antara celah platine dengan sudut dwell, bila ada maka apabila celah platina diubah maka sudut dwell akan berubah juga. Kalau misal tidak ada hubungan ya berarti cuman teman.
Nah lalu bagaimana sih hubungan antara keduanya? Sempat sudah saya singgung sebenarnya dalam artikel yang membahas tentang sudut dwell juga yaitu dalam artikel yang berjudul : Pengaruh Sudut Dwell Terhadap Pengapian Mobil.
Platina dalam sistem pengapian berfungsi untuk memutuskan arus yang berfungsi agar terjadi induksi tegangan tinggi didalam koil pengapian, sehingga dihasilkan tegangan tinggi yang diperlukan busi untuk memercikkan bunga api.
Celah platina bisa disetel, bisa disetel memiliki celah yang besar atau celah yang sempit. Keduanya akan berpengaruh pada sudut dwell. Apa pengaruhnya? Yuk kita bahas bersama-sama di artikel ini :
1. Celah platine kecil, sudut dwell besar
Celah platina tercipta ketika plaina dibuka oleh poros nok distributor, bisa dilihat dibawah ini. Platina akan membuka ketika ebonit menyentuh gundukan dari poros cam distribut. Ketika berada di yang data maka platina tidak dalam kondisi membuka. Nah sudut dwell ini disebut dengan sudut yang terbentuk saat platina mulai menutup sampai platina mulai membuka lagi. Yang diberi tanda hitam adalah sudut dwell.
Menandakan apa? menandakan bahwa platina membuka dalam waktu yang singkat, dan ini terjadi karena celahnya ayang terlalu sempit. Untuk efek pada mesin dapat membaca artikel yang sudah saya bagi linknya di atas.
Celah platine kecil, sudut dwell besar
Celah platina terlalu kecil
2. Celah platina besar, sudut dwell kecil 
Celah platina besar, sudut dwell kecil
Celah platina besar, sudut dwell kecil 
Kebalikannya dari yang diatas, bila celah platinanya besar maka platina akan lebih cepat menutup artinya hanya membuka lebih sebentar. Celah platina yang terlalu besar akan membuat sudut well terlalu besar. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *