Harga Air Aki Murni Untuk Menamah Jumlah Elektrolit Yang Kurang

  • Whatsapp
Harga Air Aki Murni Untuk Menamah Jumlah Elektrolit Yang Kurang – Kesalah dalam menyebut jenis dari air untuk aki kadang terjadi di berbagai kalangan, terutama untuk mereka yang masih awam dengan dunia mobil. Ada dua istilah yang ada, yaitu air aki dan accu zuur (sir). Keduanya dapat kita bedakan dari segi kemasannya, air aki biasa dikemas dengan botol yang tutup dan stempelnya berwarna biru, sedangkan accu zuur dikemas dengan botol yang tutup dan stempelnya berwarna merah.
Yang membedakan keduanya adalah kandungannya, air aki merupakan air murni yang sudah dilakukan demineralisasi. Sedangkan accu zuur adalah larutan asam sulfat (H2SO4). Keduanya pun memiliki sifat yang jauh berbeda, air aki seperti air biasa kemudian accu zuur merupakan air keras yang dapat membakar kulit. Maka dari itu hati-hati yaa ketika membeli, jangan salah sebut. 
Air Aki
Air Aki
Ketika jumlah elektrolit berkurang, maka menambahnya bukan accu zuur tetapi air aki. Accu zuur hanya ditambahkan ketika aki masih baru (saat masih kosong). Bila sudah terpakai, kemudian ditambah accu zuur maka akan membuat massa jenis elektrolit menjadi bertambah, padahal massa jenis elektolit harus sesuai dengan spesifikasi. Bila tidak akan membuat umur aki semakin pendek.
Harga air aki lebih murah dibandingkan dengan accu zurr, karena sejatinya air aki hanyalah air murni yang sudah di netralisir (murni), yaa ada orang yang mengatakan seperti air hujan.
Harga air aki dipasaran dengan isi 1 Literan dihargai sekitar 10 ribu, bisa kurang dikit bisa lebih dikit. Di berbagai tempat saya menemukan harga yang berbeda-beda, tergantu seberapa banyaknya, tergantung dimana anda beli dan tergantung merek nya apa. Bila anda beli langsung di dealernya tentu akan lebih mahal. Tapi kalau anda beli di toko sparepartnya tentu akan lebih murah.
Okee, jangan lupa ya merawat rutin aki kalian, agar lebih awet dan tahan lama. Salam otomotif. Baca juga : Komponen Baterai Aki Mobil

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *