Fungsi Power Window: Komponen, Cara Kerja dan Jenisnya

  • Whatsapp
fungsi power window mobil

Fungsi Power Window: Komponen, Cara Kerja dan Jenisnya – Perkembangan teknologi yang ada di mobil semakin pesat, bahkan saat ini telah muncul mobil dengan teknologi self-driving atau mobil yang bisa mengemudi sendiri tanpa sopir.

Sudah sangat canggih bukan, namun kali ini kita tidak akan membahas itu. Kita membahas teknologi yang lebih sederhana dari itu, yaitu sistem power window.  

Muat Lebih

Sudah tahu sistem power window itu apa? Dibagian pintu, entah itu pintu pengemudi, pintu penumpang samping maupun belakang ada tombol yang apabila ditekan maka bisa membuat jendela turun atau naik sendiri. Yang menggerakkan jendelan itulah dinamakan sistem power window.   

Di mobil-mobil lama sistem power window ini belum ada, sehingga harus manual untuk membuka jendela. Biasanya untuk membuka harus memutar tuas pembuka jendela.  

Fungsi Power Window

Sistem power window adalah suatu sistem kelistrikan bodi yang berfungsi untuk membuka dan menutup jendela secara elektrik dengan menggunakan saklar.  

Sistem power window ini menggunakan motor sebagai penggerak utama untuk menurunkan dan menaikkan jendela. Motor power window ini bergerak bila saklar ditekan, dan ketika itu maka arus listrik akan mengalir ke motor power window.  

Perputaran motor power window ini akan dirubah oleh regulator menjadi gerak naik turun untuk membuka dan menutup jendela.  

Jenis-jenis Power Window

Power window berdasarkan mekanisme dapat dibagi menjadi dua yaitu tipe mekanisme dengan regulator dan tipe mekanisme dengan kabel. Berikut adalah penjelasan keduanya :  

a. Power Window dengan Mekanisme Regulator  

Suatu motor listrik akan memutar mekanisme regulator yang dihubung-kan dengan mekanisme pengangkat kaca, bila motor berputar pinion akan menggerakkan gigi regulator dan membuat jendela terangkat naik atau turun. Kontruksinya bisa lihat pada gambar di atas.    

b. Power Window dengan Mekanisme Kabel  

Motor listrik mentransfer energi-nya dengan menggunakan kabel yang pada ujungnya di sambung dengan mekanisme pemegang kaca jendela.

Sehingga bila motor berputar kabel akan tertarik atau mengendor yang membuat jendela naik atau turun. Kontruksinya dapat anda lihat pada gambar di atas.

.

Komponen Utama Power Window

Hampir semua mobil keluaran terbaru ini sudah dilengkapi dengan power window, di masing-masing pintu terdapat saklar atau switch yang mengendalikan naik turunnya jendela.

Di bagian pengemudi juga terdapat saklar utama yang dengannya bisa membuka atau menutup jendela di setiap pintu entah itu pintu pengemudi sendiri atau pintu penumpang bagian depan maupun bagian belakang.  

Oke kita kembali ke pembahasan utama kita yaitu tentang komponen dari sistem pengangkat kaca, secara umum komponen utama dari power window adalah :

•    Saklar Utama Power Window
•    Saklar Power Window Lain
•    Motor Power Window
•    Regulator Power Window  

Ke-empat komponen teresebut dapat dijelaskan sebagai berikut :  

1. Saklar Utama Power Window

saklar power window
Gambar saklar power window

Saklar utama power window terletak di pintu pengemudi, saklar utama ini dapat mengendalikan power window di semua pintu. Saklar utama ini terdiri dari saklar untuk pengemudi, pintu penumpang depan dan pintu penumpang bagian belakang kanan dan juga kiri. Itu artinya dengan saklar ini maka pengemudi dapat membuka atau menutup kaca pintu depan maupun belakang.

Saklar utama juga dilengkapi dengan saklar pengunci power window, apabila saklar pengunci ini di aktifkan maka di setiap pintu tidak dapat membuka maupun menutup jendela.   

2. Saklar Power Window Lain

Komponen utama selanjutnya adalah saklar power window lain, selain saklar utama di setiap pintu juga terdapat saklar power window. Namun saklar ini berbeda dengan saklar utama, saklar ini hanya mampu untuk membuka dan menutup kaca jendela pintu dimana saklar itu berada.

Saklar ini terdapat di pintu penumpang bagian depan (tergantung posisi setir), pintu penumpang bagian belakang kanan dan pintu penumpang belakang bagian kiri.

3. Motor Power Window

Gambar motor power window dan komponennya
Gambar motor power window dan komponennya

Motor power window ini berfungsi untuk merubah energi listrik menjadi gerakan (putaran) yang nantinya dihubungkan ke mekanisme regulator sehingga dapat membuka (menurunkan) atau menutup (menaikkan) kaca jendela mobil.

Dengan kata lain fungsi motor power window adalah memutar roda gigi pinion. Motor power window yang dipakai biasanya motor listrik dengan arus DC, sehingga dapat bergerak berlawanan ketika arah arus dibalik.

4. Regulator Power Window

Regulator power window
Regulator power window

Motor power window ini menghasilkan gerakan berupa putaran, nah untuk merubah agar menjadi gerakan naik turun maka diperlukan yang namanya mekanisme regulator. Jadi mekanisme regulator ini berfungsi untuk merubah gerakan dari motor power window.

Regulator ini didukung oleh lengan X dimana terhubungnya penstabil regulator. Gerakan naik turun kaca jendela adalah gerakan dari lengan X ini.  

Cara Kerja Power Window

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa fungsi power window adalah untuk membuka dan menutup kaca mobil dengan hanya memencet sebuah saklar. Dari memencet saklar hingga bisa membuka sebuah jendela ini memerlukan sebuah proses yang bisa kita pahami melalalui cara kerjanya.

Di bawah ini akan dijelaskan tentang cara kerja power window dari berbagai kondisi, mengingat power window bisa dioperasikan secara manual atau secara otomatis (satu kali pencet langsung membuka/menutup).

a. Cara kerja saat menutup secara manual

Cara kerja saat menutup

Pada saat kunci kontak dalam posisi ON dan saklar power window pada sisi pengemudi ditarik (up) setengah, arus dari baterai mengalir ke kunci kontak ke kumparan relai utama power window kemudian akan mengalir ke massa. Relai utama bekerja dan mengaktifkan IC pada saklar utama power window.

Selanjutnya arus mengalir ke saklar naik sisi pengemudi dan menuju ke IC pada saklar utama power window. IC akan mengaktifkan transistor-transistor untuk mengalirkan arus dan membentuk rangkaian massa pada kumparan relai naik sehingga relai naik bekerja.

Kemudian arus dari baterai akan mengalir menuju ke relai naik, ke motor power window, relai turun dan menuju ke massa. Motor power window akan berputar dan menggerakkan jendela ke arah menutup.

Jika saklar naik berhenti ditarik maka transistor menjadi tidak aktif sehingga relai naik tidak bekerja dan motor behenti berputar.

b. Cara kerja saat membuka secara manual 

Cara kerja saat membuka secara manual
Cara kerja saat membuka secara manual

Ketika kunci kontak dalam posisi ON dan saklar power window pada sisipengemudi ditekan (down) setengah, arus dari baterai mengalir ke kunci kontak ke kumparan relai utama power window dan menuju massa. Relai utama bekerja dan mengaktifkan IC pada saklar utama power window.

Kemudian arus akan mengalir ke saklar turun sisi pengemudi dan menuju ke IC pada saklar utama power window. IC akan mengaktifkan transistor-transistor untuk mengalirkan arus dan membentuk rangkaian massa pada kumparan relai turun sehingga relay turun bekerja.

Kemudian arus akan mengalir dari baterai menuju relai turun, ke motor power window, relai naik dan menuju ke massa. Motor power window akan berputar dan menggerakkan jendela ke arah membuka. Jika saklar turun berhenti ditekan maka transistor menjadi tidak aktif sehingga relai turun tidak bekerja dan motor behenti berputar. 

c. Cara Kerja Buka secara Otomatis

Cara kerja power window otomatis
Cara kerja power window otomatis

Ketika kunci kontak berada di posisi ON, kemudian saklar power window ditekan sepenuhnya, sinyal otomatis UP dimasukkan ke rangakain kontrol. Rangkaian kontrol akan menjaga Tr utama dan Tr untuk posisi down tetap pada posisi ON dalam waktu sekitar 10 detik, relai down power window akan aktif maka secara otomatis motor power window akan berputar, membuat kaca jendela turun (membuka).

Motor power window berhenti jika jendela betul-betul terbuka dan rangakian kontrol mendeteksi penguncian motor dari sinyal sensor kecepatan dan limit switch dari motor power window atau matinya rangkaian waktu.

Bila ingin kaca jendela tidak sampai bawah maka buka otomatis ini dapat dihentikan dengan cara menarik saklar power window secara setengah.  

d. Cara Kerja Tutup secara Otomatis

Cara kerja power window menutup otomatis
Cara kerja power window menutup otomatis

Kemudian ketika kunci kontak berada di posisi ON kemudian saklar power window di tarik secara penuh, sinyal otomatis UP dimasukkan ke rangakain kontrol.

Rangkaian kontrol akan menjaga Tr utama dan Tr untuk posisi Up tetap pada posisi ON dalam waktu sekitar 10 detik, relai up power window akan aktif maka motor power window akan berputar secara otomatis.

Motor power window berhenti bekerja apbila jendela betul-betul tertutup dan rangakian kontrol mendeteksi penguncian motor dari sinyal sensor kecepatan dan limit switch dari motor power window atau matinya rangkaian waktu.

Sama dengan buka otomatis, apabila ingin memberhentiikan kaca jendela ketika menutup secara otomatis maka dapat dilakukan dengan menekan saklar power window secara setengah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *