Fungsi Plastic Gauge Dalam Teknik Otomotif dan Metode Pengukurannya

  • Whatsapp
plastic gauge

Fungsi Plastic Gauge dan Metode Pengukurannya – Dalam perbaikan dan perawatan teknik otomotif, plastic gauge berfungsi untuk mengukur celah minyak (oil clearance) antara journal poros engkol, pin dan juga bantalan.  

Bentuk dari plastic gauge menyerupai benang dan terbuat dari plastic dengan ketebalan merata. Plastic gauge ini ukurannya kecil namun harganya lumayan, bahkan tidak setiap bengkel memiliki plastic gauge.  

Bacaan Lainnya

Saya pernah sekali menggunakan plastic gauge untuk mengukur celah pada jornual poros engkol, pada prinsipnya plastic gauge akan ditekan dengan kekencangan tertentu, maka plastic gauge akan terplenet dan melebar. Lebar dari plastic gauge ini mengindikasikan celah, semakin lebar berarti celahnya semakin sempit.

Plastic gauge memiliki range pengukuran bermacam-macam, umumnya dibedakan atas warnanya :

Warna hijau memiliki range : 0,025 – 0,076 mm Warna biru mempunyai range : 0,102 – 0,229 Warna merah mempunyai range : 0,051 – 0,152 mm

Metode Pengukuran dan langkah-langkah mengukur celah dengan plastic gauge

1. Bersihkan crankshaft pin, bantalan dan tangan kalian dari kotoran yang dapat mengganjal.

2. Ambil plasticgauge sepanjang lebar bantalan.

3. Letakkan plastic gauge dari dalam pembungkus pada crankshaft pin seperti pada gambar berikut. Jangan sampai menutup lubang oli.

Plastic gauge
Plastic gauge

4. Pasang tutup bantalan pada crankshaft pin dan kencangkan baut sesuai dengan momen spesifikasi. Perhatian !! Crankshaft jangan sampai berputar.

Pengukuran celah dengan plasticgauge
Pengukuran celah dengan plasticgauge

5. Lepaskan tutup bantalan (bearing cap) dan ukur lebar plastic gauge menggunakan skala yang terdapat pada amplopnya. Bila lebarnya tidak merata, ukur pada bagian yang paling lebar. Pengukuran dengan plasticgauge.

Pengukuran dengan plasticgauge
Pengukuran dengan plasticgauge

6. Kemudian bandingkan dengan spesifikasi, jika tidak sesuai maka bantalan poros engkol perlu diganti.

Demikian artikel tentang fungsi plastic gauge dan cara pengukurannya, jangan lupa share artikel ini ke teman-teman kalian ya. Terimakasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *