Fungsi meter temperatur atau pengukur suhu mesin mobil

  • Whatsapp
Fungsi meter temperatur atau pengukur suhu mesin mobil – Salah satu macam meter atau pengukur yang ditampilkan pada instrumen panel mobil adalah pengukur suhu atau meter temperatur, yang tentunya pengukur suhu mesin. Sebelumnya telah kita bahas tentang fungsi fuel meter.
Sesuai dengan namanya, pengukur suhu ini berguna untuk memberikan informasi kepada pengemudi tentang temperatur atau suhu mesin. Biasanya pengukur ini ditampilkan dalam bentuk analog atau (jarum), yang mana jarum ini akan menunjukkan temperatur mesin apakah cool (dingin), hot (panas) atau diantara keduanya.
Pengukur temperatur mesin ini dilakukan oleh sensor temperatur, sensor ini sering disebut dengan water temperatur sensor karena sensor ini diletakkan pada saluran pendingin air.
meter temperatur atau pengukur suhu
meter temperatur atau pengukur suhu
Sensor ini akan menerima panas dari air pendingin yang telah menyerap panas dari mesin, kemudian akan diproses dan ditampilkan dalam bentuk analog (jarum). Apabila sensor menerima panas yang sangat berlebihan, maka jarum akan menunjuk ke arah hot (panas) dan juga sebaliknya. Bila jarum menunjuk di tengah-tengah antara cool dan hot, berarti mesin tersebut dalam kondisi baik, karena mesin sudah berada dalam temperatur kerja.
Bila jarum menunjuk di posisi hot maka pengemudi harus waspada, karena mobilnya temperaturnya terlalu panas. Dan itu berarti ada yang tidak beres, perlu diperiksa. Ada beberapa kemungkinan seperti sistem pendingin tidak bekerja normal, kipas tidak berputar dan lain sebagainya.
Bila pada posisi hot terus dipaksakan untuk berjalan, kemungkinan akan terjadi kerusakan dan keausan pada komponen komponen mesin mobil anda.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *