Fungsi Meter Bahan Bakar (Fuel Meter)

  • Whatsapp
Fungsi Meter Bahan Bakar (Fuel) – Setiap kendaraan baik itu motor, truk, bus dan kendaraan lainnya yang menggunakan bahan bakar minyak umumnya menggunakan fuel meter atau meter bahan bakar. Meter ini berguna untuk memberikan informasi kepada pengemudi terkait dengan jumlah bahan bakar yang terdapat didalam tangki bahan bakar. 
Kondisi yang dilaporkan biasanya dalam bentuk analog (masih menggunakan jarum) atau sudah menggunakan digital. Pada intinya keduanya sama, yaitu memberikan informasi kepada pengemudi tentang jumlah bahan bakar yang masih ada di dalam tangki, apakah penuh (fuel), kosong atau diantara keduanya.
Fuel Meter
Fuel Meter

Umumnya sistem meter bahan bakar ini terdapat dua komponen utama, yaitu pengirim sinyal dan penerima sinya. Pengirim sinyal tentunya berada didalam tangki, orang yang dibengkel sering menyebutnya dengan pelampung. Terdapat dia macam pengukur bahan bakar pada mobil dan motor, yaitu tipe bimetal dan juga tipe cross coil.
Ada perbedaan sedikit untuk kedua jenis meter bahan bakar tersebut, untuk jenis yang kedua atau tipe cross coil jarum yang menunjukkan jumlah bahan bakar tidak tergantung pada kunci kontak. Artinya walaupun kunci kontak dalam posisi off, pengukur bahan bakar masih memberi informasi terkait jumlah bahan bakar. Lebih mudahnya, tipe ini jarum penunjuk jumlah bahan bakar tidak kembali ke E, setelah kunci kontak OFF.
Tipe ini lebih banyak digunakan daripada tipe bimetal, selain itu ada satu tipe lagi yaitu tipe yang menampilkan pengukur bahan bakar secara digital. Kalau tipe digital ini, kunci kontak harus on untuk melihat jumlah bahan bakar. Namun untuk mobil mobil sekarang ini, paling banyak menggunakan fuel meter yang sudah digital.
Tapi ada juga yang masih menggunakan fuel meter tipe cross coil karena kelebihan yang dimilikinya, yaitu :
a. Ketelitian yang tinggi
b. Sudut jarum penunjuk cukup luas
c. Kelanjutan karakteristiknya baik sekali
d. Tidak memerlukan pengatur tegangan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *