Fungsi Lampu Sein (Tanda Belok) dan Hazard

  • Whatsapp
fungsi lampu sein tanda belok

Fungsi lampu tanda belok (Turn Signal Light) – Lampu tanda belok atau biasa disebut dengan lampu riting merupakan lampu yang sangat vital. Lampu ini dalam bahasa inggris disebut dengan turn signal light. 

Fungsi Lampu Tanda Belok / Sein / Riting

Sesuai dengan namanya, lampu tanda belok / sein / riting berfungsi untuk memberikan tanda atau isyarat kepada pengendara di belakangnya atau di depannya bahwa mobil tersebut akan berbelok.

Kalau yang dihidupkan adalah lampu tanda belok bagian kiri, maka kendaraan tersebut akan berbelok kiri. Sebaliknya, apabila lampu tanda belok yang dihidupkan adalah bagian kanan maka mobil tersebut akan berbelok kanan.  

Pada mobil biasanya terdapat beberapa lampu tanda belok, di bagian depan terdapat 2 buah (kiri dan kanan), di bagian belakang juga terdapat 2.

Di samping atau sisi kendaraan terkadang juga terpasang lampu tanda belok, ada yang ditaruh di spion ada juga yang ditaruh di bodi yang memang dikhususkan untuk lampu tanda belok.  

Lampu Indikator Sein

Kita dapat mengeporasikan lampu tanda belok ini melalui saklar. Lampu tanda belok juga dilengkapi dengan lampu indikator, lampu indikator ini berada di panel dashbord.

Ketika lampu tanda belok hidup, maka lampu indikator ini juga akan hidup. Lampu indikator terdapat dua buah, satu buah mengarah ke kiri, dan satu buah yang lainnya mengarah ke kanan.  

Baca : Fungsi lampu kota (clearance light)  

Dalam rangkaian lampu tanda belok, dikenal yang namanya flasher, flasher inilah yang membut lampu tanda belok dapat berkedip-kedip.

Umumnya lampu tanda belok akan berkedip sebanyak 60 – 120 kali setiap menitnya.   

Baca juga : Fungsi lampu rem  

Fungsi Lampu Hazard

Kalau lampu tanda belok hidup bersamaan, kanan dan kiri hidup bersamaan itu perkara lain. Ada yang disebut dengan lampu hazard.

Lampu hazard berfungsi sebagai penanda atau isyarat bahwa mobil tersebut sedang bahaya dan perlu untuk di prioritaskan.

Anda dapat menghidupkan lampu hazard ketika sedang darurat, beberapa kondisi darurat antara lain :

  • Mobil mogok
  • Ban bocor
  • Didepan ada yang menyebrang
  • Ada kecelakaan
  • Membawa orang sakit dan harus di prioritaskan
  • dll

Lampu hazard memiliki saklar tersendiri, dan ketika saklar di tekan maka semua lampu tanda belok baik yang kanan maupun kiri akan hidup dan berkedip secara bersamaan. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan