Fungsi Kunci Momen dan Gambarnya + Bagian-Bagiannya

  • Whatsapp
kunci momen

Fungsi Kunci Momen dan Bagian-bagiannyaKunci moment merupakan alat teknik otomotif yang berfungsi untuk mengukur gaya puntir pada baut dan mur. Dengan kata lain, alat ini berfungsi agar kekencangan baut/mur sesuai dengan spesifikasi.

Kekencangan ini berkaitan dengan seberapa kuat gaya kita (moment) dalam mengencangkan baut/mur. Ketika sudah mencapai moment yang diatur, maka alat ini akan berbunyi.

Muat Lebih

Pentingnya Kunci Momen

Baut/mur harus dikencangkan sesuai dengan spesifikasinya, spesifikasi ini tergantung dari ukuran/kekuatan yang diharuskan. Sebagai contoh dalam pengencangan mur roda, ketika tidak sesuai dengan momen spesifikasi maka ada dua kemungkinan, yaitu : jika terlalu kendur maka potensi akan terlepas, ketika terlalu kencang maka bisa patah.  

Untuk mencegah kekencangan baut/mur yang terlalu kendur atau terlalu kencang, maka bisa menggunakan kunci moment.

Fungsi Kunci Momen (Torque Wrench)

Kunci momen (torque wrench) berfungsi untuk mengukur gaya puntir pada baut dan mur, agar mencapai kekencangan tertentu.    Dengan kunci momen ini kekencangan baut/mur dapat diatur dan disesuaikan dengan spesifikasi yang terdapat pada manual book (buku manual).  

Kunci momen dipasangkan dengan socket yang dapat disesuaikan berbagai macan ukuran baut. Satuan yang sering digunakan pada kunci momen ini adalah Nm, Lb dan kg-m.  

Bagian-bagian Kunci Momen

Berikut adalah kontruksi atau bagian-bagian dari kunci momen :

bagian-bagian kunci momen
bagian-bagian kunci momen

Baca juga : Nama alat-alat bengkel otomotif, fungsi dan gambarnya

Penggunaan Kunci Momen

Kunci momen digunakan untuk pengerasan akhir. – Kunci momen memiliki tingkat momen, jadi perhatikan maksimum torque/momen yang bisa digunakan.

mengencangkan baut kepala silinder
mengencangkan baut kepala silinder

Biasanya ada ukuran kecil dan ukuran besar, ukuran kecil digunakan untuk momen yang kecil dan ukuran besar untuk momen-momen yang besar.   Dalam teknik otomotif, kunci momen ini digunakan pada saat :

  1. Mengencangkan busi
  2. Mengencangkan baut kepala silinder
  3. Mengencangkan baut pada poros engkol
  4. Mengencangkan baut pada poros nok
  5. Mengencangkan baut-baut manifold
  6. dan lain-lain

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *