Fungsi Kunci Kombinasi (Pas Ring): Spesifikasi Ukuran dan Gambarnya

  • Whatsapp
kunci pas ring

Fungsi Kunci Kombinasi – Ada kunci ring dan ada kunci pas, ketika dua kunci ini digabung maka menjadi kunci kombinasi atau kunci pas ring. Kunci kombinasi ini memiliki dua ujung yang berbeda satu sama lain, salah satu ujungnya adalah kunci pas, dan ujung lainnya adalah kunci ring.

Kedua ujung ini memiliki ukuran yang sama, sehingga satu kunci kombinasi (pas ring) hanya memiliki satu ukuran saja. Hal ini berbeda dengan kunci pas dan kunci ring, yang biasanya satu buah kunci terdiri dari dua ukuran.  

Kunci kombinasi ada untuk memudahkan penggunaan ketika melepas atau mengencangkan kepala baut atau mur.

Fungsi Kunci Kombinasi (Pas Ring)

kunci kombinasi

Fungsi dari kunci kombinasi (pas ring) adalah untuk melepas atau mengencangkan baut atau mur dengan dua pilihan alternatif yaitu dengan ujung yang kunci ring atau ujung yang kunci pas.  

Kunci yang satu ini sering digunakan karena bisa memenuhi dua kebutuhan sekaligus, sehingga dapat mengisi kekurangan jika ada pekerjaan yang tidak bisa kerjakan oleh salah satu alat.

Manfaat utama dari kunci pas ring, yaitu untuk mengendurkan dan mengencangkan baut atau mur dengan posisi berbeda.

Ukuran kunci kombinasi sendiri bervariasi, yaitu mulai dari 6 hingga 32 mm dengan offset 15 derajat dari tangkainya.

Desain Kontruksi Kunci Kombinasi dan Spesifikasi Ukuran

Kunci kombinasi merupakan gabungan dari kunci pas dan kunci ring, dengan ukuran yang sama untuk satu buah kunci.  Kunci ini dibuat dari bahan dasar baja yang kuat, sehingga tidak mudah penyok/gundul sudut-sudutnya.  

Untuk ukuran kunci kombinasi umumnya dari ukuran 6 mm sampai 32 mm. Pada setiap ujung kunci pass dan kunci ring dibuat tidak lurus, melainkan sedikit bengkok dengan offset sekitar 15 derajat terhadap tangkainya.

Kelebihan Kunci Pas Ring (Kombinasi)

Berikut ini adalah beberapa kelebihan kunci pas ring:

  • Memungkinkan untuk membuka / memasang beberapa jenis baut dengan membawa 1 kunci saja
  • Mempercepat proses pemasangan / pelepasan baut
  • Untuk melepas atau mengencangkan baut di ruang gerak yang sempit, maka pilihannya adalah menggunakan kunci ring karena dindingnya lebih tipis. Sedangkan kunci pas fungsinya untuk mengendurkan baut yang bentuknya selain lingkaran.
  • Lebih ringkas ketika dibawa kemana-mana, sekaligus dapat dua macam kunci (ring & pas)

Cara Merawat Kunci Pas Ring

Setiap alat otomotif memerlukan perawatan agar fungsinya dapat bekerja dengan baik dan yang pasti awet. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk merawat kunci pas ring:

1. Simpan Kunci pada Tempatnya

Cara pertama adalah simpan kunci pada tempatnya yaitu tool box atau langsung ditempelkan di dinding tempat penyimpanan kunci.

Kunci yang tidak disimpan dengan baik akan berpotensi terkena air atau cairan lainnya yang bisa menyebabkan kunci cepat berkarat. Kunci juga bisa jadi hilang dan kita kesusuhan mencarinya apabila tidak disimpan di tempat yang tepat.

2. Bersihkan Kunci dengan Lap

Setiap selesai menggunakan kunci jangan langsung disimpan, dibersihkan dulu menggunakan majun / lap agar kunci dalam kondisi kering. Tempat penyimpanan juga semestinya kering agar tidak menimbulkan karat.

3. Gunakan sesuai dengan fungsinya

Terkadang bengkel itu terlalu kreatif sehingga menggunakan kunci pas ring untuk melakukan sesuatu yang sebenarnya bukan tugasnya seperti untuk mencongkel ataupun memukul. Jadi hindari menyiksa kunci pas ring yaa..

Kurang lebih itu adalah 3 cara merawat kunci pas ring. Ternyata kegunaan kunci pas dan ring sangat penting ya dalam dunia otomotif, sehingga alat ini tidak pernah ditinggal. Gunakan kunci ini dengan benar sesuai fungsi dan ukurannya agar pekerjaan Anda efisien.

Pos terkait