Fungsi Kabel Busi Pada Mobil

  • Whatsapp
Selamat datang di bisaotomotif.com yang pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai  fungsi kabel busi pada mobil, kabel busi untuk yang mobil lama biasanya terhubung dari tutup distributor sampai ke busi, kemudian ada kabel tegangan tinggi dari koil menuju distributor. 
Masalah fungsi yang namanya kabel pasti digunakan untuk mengalirkan listrik, nah pada kabel busi juga demikian. Ketika koil pengapian membangkitkan tegangan menjadi tegangan tinggi hingga 15 ribu volt, kemudian akan mengalir menuju distributor. Yang setelah itu akan dialirkan lagi menuju busi melalui kabel busi.
Nah, dari situ sudah mulai tergambar kan fungsi kabel busi. Yes, fungsi kabel busi adalah untuk mengalirkan tegangan tinggi dari distributor ke busi. Karena fungsinya tersebut, kabel ini juga sering disebut dengan kabel tegangan tinggi. 
Kabel Busi Tegangan Tinggi
Kabel Busi Tegangan Tinggi
Pada kendaraan-kendaraan keluaran terbaru, kabel busi sudah berbeda bentuknya. Karena komponennya yang juga berbeda. Pada mobil keluaran terbaru menggunakan satu koil untuk satu silinder, ada juga yang menggunakan satu koil dua silinder. Tapi pada prinsipnya sama, fungsi koilnyapun untuk meningkatkan tegangan tinggi. Dan pembagian tegangannya diatur oleh ECU (Electronic Control Unit).
Oke guys, cukup sekian aja artikel singkat tentang fungsi kabel busi pada mobil yang berguna untuk menyalurkan tegangan tinggi dari distributor ke busi. Terimakasih banyak :).

Pos terkait