Fungsi Gasket (Perpak) Kepala Silinder

  • Whatsapp
gasket kepala silinder
Source image : Glaser.es

Fungsi Gasket (Perpak) Kepala Silinder – Salah satu komponen pada mesin yang tidak boleh terlupakan adalah gasket kepala silinder. Gasket ini berada diantara kepala silinder dengan blok silinder. Hal ini karena fungsinya adalah sebagai perapat antara kepala silinder dengan blok silinder agar tidak terjadi kebocoran gas, air pendingin dan oli.  

Mengapa harus dipasangi gasket? Apa Fungsinya?

Dengan dipasangi gasket maka akan membuat rapat antara kepala silinder dengan blok silinder, tanpa gasket maka akan terjadi kebocoran gas, kebocoran oli dan kebocoran air pendingin. Ada beberapa kasus yang disebabkan oleh kerusakan perpak atau gasket kepala silinder seperti :

  • Mesin tak bertenaga karena terjadi kebocoran gas (kebocoran tekanan kompresi)
  • Oli bercampur dengan air pendingin yang berakibat pada kerusakan komponen mesin yang lain
  • Dll

Gasket kepala silinder yang bagus adalah yang memenuhi persyaratannya. Persyaratannya antara lain harus tahan terhadap panas dan tekanan tinggi yang dihasilkan pada saat proses pembakaran. Umumnya gasket kepala silinder ini dibuat dari bahan carbon clad sheet steel.

Carbon clad sheet steel ini merupakan gabungan antara carbon dengan lempengan baja, karbon pada gasket ini menempel pada graphite, pada intinya keduanya beguna untuk mencegah kebocoran dan menambah kemampuan melekat pada gasket.

Jadi fungsi dari gasket kepala silinder adalah sebagai perapat antara kepala silinder dan blok silinder yang bertujuan mencegah terjadinya kebocoran gas pembakaran, oli dan air pendingin.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar