Mengenal Fungsi Fog Lamp (Lampu Kabut), Jenis dan Tips Memilihnya

  • Whatsapp
fungsi fog lamp

Fungsi Fog Lamp – Fog lamp atau sering disebut dengan lampu kabut ini selain memberikan kesan keren pada kendaraan Anda, memiliki fungsi yang sangat penting sekali untuk keselamatan berkendara,terutama di daerah yg memiliki peningkatan kelembaban udara yg tinggi dan suhu udara yg rendah sehingga sering sekali muncul kabut saat kondisi tertentu.

Fungsi Fog Lamp / Lampu Kabut

Fog lamp/lampu kabut berfungsi untuk membantu pengendara untuk meningkatkan daya penglihatan atau visibilitas pengemudi saat kondisi penglihatan terbatas oleh kabut ataupun kondisi lain yg tidak bisa ditembus dengan lampu biasa.

Meskipun masih banyak pengendara yang menggunakan lampu jarak jauh untuk menembus kabut,tapi fog lamp/lampu kabut ini sudah memiliki standar untuk digunakan saat kondisi berkabut.

Lampu kabut tidak hanya pada saat kondisi kabut saja,saat hujan deras dengan jarak pandang yang terbatas juga bisa menggunakan fog lamp.Untuk itu disarankan untuk menggunakan lampu kabut berwarna kuning yang memiliki visibilitas baik dibandingkan dengan lampu yang berwarna putih.

Penggunaan lampu kabut berwarna putih memiliki beberapa kekurangan saat digunakan,selain memiliki visibilitas yang kurang bagus,cahaya putih juga memantulkan cahayanya kembali ke pengemudi saat menyorot kabut dan hujan.

Selain itu cahaya putih lampu kabut dapat merugikan apabila berpapasan dengan pengendara lain,karena dapat menyebabkan buta sementara pada pengendara yang tersorot langsung oleh lampu,sehingga berpotensi menimbulkan kecelakaan pengendara lain.

Kurangnya pemahaman tentang fog lamp/lampu kabut menyebabkan banyak pemilik mobil menggunakan lampu tersebut untuk di nyalakan diluar kondisi yg di haruskan lampu kabut dinyalakan,yg dapat merugikan pengendara lain jika tersorot langsung.

Anggapan Lampu kabut hanya sebagai aksesoris tambahan atau anggapan hanya membedakan tingkat fitur pada mobil pun tidak sedikit di masyarakat.Edukasi foglamp ke masyarakat khususnya pengendara sangatlah penting demi keselamatan Bersama saat berkendara.

Penggunaan lampu kabut tidak disarankan di kombinasi dengan lampu lainnya,dikarenakan lampu kabut membutuhkan daya yang cukup tinggi untuk menembus gumpalan kabut dan hujan deras.

Kebanyakan mobil keluaran terbaru memiliki fog lamp/lampu kabut dari pabrikan, atau sudah disediakan dudukan/slot fog lamp untuk dipasang sendiri/aftermarket.

Baca juga :

Jenis-jenis Fog Lamp

Fog lamp memiliki dua jenis lampu,yaitu front fog lamp (lampu kabut depan ) dan rear fog lamp ( lampu kabut belakang ).

1. Front Fog Lamp

Pemasangan front fog lamp biasa di bemper depan bagian bawah dengan posisi kanan dan kiri.Lampu kabut yang di gunakan di depan biasanya berwarna kuning bertujuan dapat lebih maksimal dalam fog lamp menembus kabut dan hujan dibandingkan dengan lampu berwarna putih.”Idealnya cahaya warna ini (kuning) pada 3000 kelvin” dari keterangan Managing Director PT Lowin Parama Indonesia (Lowin) Hendry lo pada keterangan resminya. 

2.Rear Fog Lamp

Seperti namanya Rear Fog Lamp dipasang di belakang menyatu dengan lampu belakang mobil,berbeda dengan Front Fog Lamp,warna yang digunakan untuk lampu kabut bagian belakang adalah warna merah cerah sebagai tanda/sinyal untuk pengendara yang berada di belakang mobil.

Pemasangan fog lamp atau lampu kabut di sarankan untuk dibawa ke bengkel mobil kesayangan Anda atau ke ahlinya guna menghindari pemasangan lampu kabut yang kurang tepat saat digunakan.

Untuk lampu bohlam fog lamp bisa memilih antara bohlam berjenis Halogen atau LED berwarna kuning tentunya.

Perbedaan tipis di antara keduanya adalah lampu bohlam Halogen mempunyai kemampuan daya tembus yang kuat ,sedangkan lampu LED memiliki kelebihan hemat energi serta tingkat kecerahan cahaya yang tinggi.

Untuk umur kedua lampu tersebut memiliki selisih yang cukup lumayan jauh,yaitu 350 jam untuk lampu bohlam Halogen dan 500 jam untuk lampu LED, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Bagaimana ,tertarik untuk memasang fog lamp di kendaraan Anda?.Sebenarnya pemasangan fog lamp atau lampu kabut sangat disarankan untuk kendaraan yg mempunyai mobilitas tinggi di area berkabut dan saat kondisi hujan lebat untuk keselamatan bersama.Untuk pembelian fog lamp atau lampu kabut sendiri sudah banyak di jual di pasaran,dari harga yang cukup terjangkau yaitu ratusan ribu sampai harga jutaan rupiah.

Tips Memilih Fog Lamp

1.Pilih Fog Lamp yang sudah mendapat ISO dan E-mark.

Iso adalah aturan dasar perusahaan untuk mengukur,mengevaluasi dan meningkatkan sistem yang memastikan kualitas dan keandalan suatu produk secara keseluruhan.sedangkan sertifikat E-mark menunjukan bagian sistem,unit teknis terpisah dari kendaraan bermotor dan trailer disetujui sesuai peraturan hukum Uni Eropa.

2.Memilih fog lamp yang mudah di pasang serta Plug and Play

Untuk pemilihan fog lamp dianjurkan satu set seperti kabel,switch,baut ,relay dan komponen lainnya untuk menghemat biaya,serta pilihlah lampu yang relatif lebih mudah dalam pemasangannya agar tidak terlalu banyak memodifikasi bemper untuk memasang fog lamp.

3.Memilih Fog Lamp yang Anti Air

Yang ketiga adalah pemilihan Fog lamp yg waterproof (anti air ) guna menghindari short circuit atau konslet pada komponen lampu jika terkena air hujan atau saat terpaksa menerobos genangan air.

4.Memilih Fog Lamp Dengan Reflektor

Dengan memilih fog lamp yang memiliki fitur reflektor pengendara dapat mengatur penerangan sesuai dengan kebutuhan, sehingga lebih efektif saat di gunakan dalam kondisi Hujan atau kabut.

Semoga beberapa tips diatas dapat dijadikan pertimbangan dalam memilih fog lamp atau lampu kabut yang tepat untuk mobil Anda. Dan yang paling penting adalah Budget serta fungsi fog lamp yang sesuai dengan Anda.

Baca juga artikel terkait “Fungsi Fog Lamp” :

Pos terkait