Fungsi Facing, Cushion Plate dan Torsion Dumper pada Kampas Kopling

  • Whatsapp
fungsi facing pada kampas kopling

Fungsi Facing, Cushion Plate dan Torsion Dumper pada Kampas Kopling – Pada kesempatan sebelumnya kita sudah membahas tentang komponen-komponen utama kopling, yang mana kopling pada kendaraan terdiri dari 3 bagian utama yaitu kampas kopling atau clutch disc, tutup kopling dan mekanisme penggerak.

Nah, pada kesempatan ini kita akan fokus membahas tentang clutch disc atau kampas kopling. Fungsi dari kampas kopling adalah meneruskan tenaga mesin dari roda penerus (flywheel) ke plat penekan (pressure plate) dan selanjutnya ke input shaft transmisi.  

Bagian-bagian utama dari kampas kopling terdiri dari 3 bagian yaitu facing, torsion dumper, dan cushion plate. Lalu apakah fungsi dari ketiga bagian utama kampas kopling tersebut? Berikut ini kami jelaskan :

1. Fungsi Facing pada kampas kopling

Komponen utama kampas kopling yang pertama adalah facing. Mungkin sesuai dengan namanya facing yang tidak jauh dari face yang berarti wajah.

Wajah mungkin bisa kita kaitkan dengan permukaan artinya adalah permukaan pada kampas kopling yang bergesekan dengan plat penekan dan fly wheel. Sudah tahu facing itu yang mana? Jika belum anda bisa melihat gambar dibawah ini :      

Facing ini terpasang di cushion plate dengan cara dikeling dengan paku keling. Kemudian cushion plate itu sendiri menjadi satu dengan disc plate yang cara penyatuannya juga dengan dikeling.

Maka dari itu proses transfer tenaga diawali dari facing, kemudian ke cushion plate dan terakhir ke disc plate. Disc plate terdapat clutch hub yang nantinya akan dihubungkan dengan input shaft transmisi.    

2. Fungsi cushion plate pada kampas kopling

Komponen utama kopling yang kedua adalah cushion plate. Cushion plate ini terikat bersama facing dan disc plate. Mengikatnya yaitu dengan cara dikeling.

Cushion plate ini berbentuk gelombang, mengapa dibentuk bergelombang? Tujuannya adalah agar ketika plat penekan menyentuh clutch disc, penekanan dapat dilakukan secara pelen-pelan.  

3. Fungsi torsion dumper pada kampas kopling

Komponen utama kampas kopling yang ketiga adalah torsion dumper. Komponen yang satu ini berfungsi untuk meredam getaran pada plat kopling lebih detailnya memiliki fungsi untuk meredam hentakan/puntiran saat kopling mulai menghubungkan/meneruskan putaran dan pada saat akselerasi maupun deselerasi.

Terdapat dua macam torsion dumper yaitu torsion rubber dumper (berjenis karet) dan torsion spring dumper (bebentuk pegas koil).   Selain dari 3 komponen diatas, masih terdapat komponen lainnya yaitu clutch hub, disc plate dan paku keling.

Tapi karena judulnya adalah fungsi dari facing, cushion plate dan torsion dumper maka tidak saya jelaskan fungsi komponen ini. Mungkin lain kali akan saya jelaskan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *