Fungsi dan Macam macam Roda Kemudi (Steering Wheel)

  • Whatsapp
roda kemudi atau steering wheel

Fungsi dan Macam macam Roda Kemudi (Steering Wheel) – Salah satu komponen pada sistem kemudi adalah steering wheel, komponen yang satu ini pasti ada di setiap mobil, truk dan bus. Steering wheel sering disebut dengan roda kemudi, atau lebih mudahnya disebut dengan ster. Nah, pada kesempatan kali ini akan kami share tentang fungsi dan macam macam roda kemudi atau steering wheel.

Fungsi roda kemudi

Fungsi dan Macam macam Roda Kemudi (Steering Wheel)
Fungsi dan Macam macam Steering Wheel

Pada mobil roda kemudi digunakan untuk membantu pengemudi dalam membelokkan kendaraan, roda kemudi adalah komponen yang langsung berhubungan dengan pengemudi.

Jika pengemudi ingin membelokkan kendaraan, maka ia akan memutar steer. Fungsi roda kemudi dapat dijelaskan seperti ini, yaitu untuk menerima gaya putar dari pengemudi, kemudian meneruskannya ke batang kemudi sampai dengan roda. Sehingga roda kendaraan dapat berbelok.

Macam macam Roda Kemudi (Steering Wheel)

Ada beberapa macam macam steering wheel, masing masing jenis memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri sendiri. Dan berikut ini adalah 3 macam steering wheel yang digunakan pada kendaraan roda empat atau lebih.

a. Roda kemudi besar

Salah satu macam roda kemudi adalah roda kemudi besar. Bentuk roda kemudi ini lebih besar dari standarnya, tujuannya untuk mendapatkan momen yang lebih besar sehingga pengemudian menjadi lebih ringan dan stabil. Namun, roda kemudi jenis ini juga memiliki kerugian. Dengan ukurannya yang lebih besar maka akan memakan banyak tempat.

Selain itu juga, perlu gerakan yang lebih untuk menggerakkan roda kemudi ini. Maksudnya, semakin besar roda kemudi maka semakin panjang (kelilingnya), dan memutarnya pun akan semakin lama. Roda kemudi besar ini dapat anda temukan di kendaraan-kendaraan besar seperti bus dan truk.

b. Roda kemudi kecil

Macam roda kemudi atau steering wheel yang kedua adalah roda kemudi kecil, roda kemudi jenis ini memiliki keuntungan tidak memakan banyak tempat. Akan tetapi kerugiannya kemudi menjadi lebih berat, karena roda kemudi ini menghasilkan momen yang kecil. Sehingga untuk membelokkan kendaraan dibutuhkan momen yang besar.

Namun, untuk sekarang ini hal itu tidak menjadi permasalahan lagi, karena sekarang sudah ada Power Steering yang akan meringankan pengemudian. Anda bisa menemukan roda kemudi ini pada mobil mobil penumpang.

c. Roda kemudi ellips

Macam roda kemudi yang ketiga adalah roda kemudi ellips. Model ini merupakan gabungan dari kedua model diatas, dan umumnya model jenis ini lebih menguntungkan dari jenis yang lainnya.

Demikian saja fungsi dan macam-macam roda kemudi (steering wheel). Semoga dapat bermanfaat dan terimakasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *