Fungsi dan Cara Memeriksa Tutup DIstributor Mobil

  • Whatsapp
Selamat datang di bisaotomotif.com yang pada kesempatan kali ni akan kita bahas tentang cara memeriksa tutup distributor mobil, memang pada akhir-akhir ini bisaotomotif disibukkan dengan tutorial pemeriksaan sistem pengapian. Pokonya besok sampai satu buku manual tak share di blog ini, biar kalian mudah dalam belajar dan memahami tentang pemeriksaan komponen-komponen mobil.
Distributor merupakan salah satu komponen mobil yang sangat penting, tugasnya adalah membagikan arus bertegangan tinggi dari ignition coil kemudian ke busi masing-masing silinder. Walaupun pada mobil-mobil keluaran terbaru, komponen yang dihubungkan dengan camshaft ini sudah dihilangkan dan digantikan dengan ECU.
Nah, salah satu bagian dari distributor adalah tutup distributor yang biasanya ada satu kabel yang dari coil dan sisanya ke busi. Seperti apa bentuknya? Seperti ini noh..
Tutup Distributor 4 Silinder
Tutup Distributor 4 Silinder
Yang perlu diketahui sebagai pengetahuan aja, tutup distributor tidak selalu 4 silinder loo ya, ada juga yang digunakan untuk mesin 6 silinder. Jadinya nanti seperti gambar dibawah ini nih.
Tutup Distributor 6 Silinder
Fungsi tutup distributor adalah melindungi rotor dan komponen yang berada di distributor, fungsi selanjutnya adalah sebagai penghantar arus dari mulai kabel tegangan tinggi coil, masuk ke rotor dan kemudian ke kabel busi masing-masing silinder. Tutup distributor dapat dikatan sebagai tempat penancapan kabel busi dan kabel tegangan tinggi. 
Ketika sudah mengetahui bentuk dan fungsi dari tutup distributornya, lalu bagaimana cara melakukan pemeriksaan tutup distributor?
1. Lepas tutup distributor dari distributornya, kemudian lepas juga kabel busi dan kabel tegangan tinggi yang menempel di tutup distributor. 
2. Periksa tutup distributor dari kemungkinan rusak, kotor, retak, terbakar atau lubang kabel kotor.  
Cara Memeriksa Tutup DIstributor Mobil
Cara Memeriksa Tutup DIstributor Mobil
Analisa : Bila kotor, berkarat atau berjamur pada terminalnya maka pelu dibersihkan, kamu dapat membersihkannya dengan amplas atau sejenisnya. Bila rusak atau kotor maka perlu diganti karena dapat mengakibatkan kebocoran arus.
3. Periksa dari terminal terbakar/hangus 
Analisa : Bila hangus atau terbakar maka perlu diganti, karena sudah rusak.
4. Periksa juga pegas bagian tengah, bila sudah lemah ganti pegas. Ini yang menghantarkan arus dari ignition coil ke rotor. 
Gimana sudah paham belum gan tentang tutup distributorny? Cukup sekian aja ya, bila ada yang ditanyakan langsung aja koment di komentar. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *